Cara Menurunkan Demam Pada Anak

Anak-anak mudah sekali terkena panas dan demam. Beberapa orang tua sering bertanya kepada saya bagaimana cara menurunkan demam anaknya yang masih berusia balita.

Umumnya pemberian Paracetamol/acetaminophen dapat membantu menurunkan demam. Meskipun demam sering terjadi pada anak balita namun tetap saja orang tua khawatir dengan kondisi si anak.

tabletsSelain Paracetamol, Ibuprofen juga merupakan obat analgesik antipiretik yang bekerja untuk menurunkan panas, mencegah kejang pada saat demam, mengurangi nyeri/ sakit.

Saya pribadi sering mengkonsumsi paracetamol atau ibuprofen. Tatkala saja berkunjung website Kalbe Farma, ternyata ada informasi yang baru untuk saya. Semoga juga bermanfaat untuk yang lain

Kesimpulan : Pada anak-anak yang mengalami demam sebaiknya dianjurkan penggunaan ibuprofen terlebih dahulu, dimana kombinasi parasetamol + ibuprofen dapat dipertimbangkan penggunaannya untuk memperpanjang waktu bebas demam dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian. (sumber: kalbe Farma)

Jadi Jika anak anda demam sebaiknya diberikan obat Ibuprofen terlebih dahulu. Jika panas demamnya agak mereda dapat diberikan kombinasi paracetamol dan ibuprofen bersamaan sesuai dosis yang dianjurkan.

Sekarang memang sedang musim hujan, semoga tidak ada yang sakit….

About these ads

22 thoughts on “Cara Menurunkan Demam Pada Anak

  1. kemaren-kemaren pas Vio demam sih cuma aku kompres aja tuh Jeung.. untungnya besoknya langsung turun demamnya…

    ibuprofen itu bentuknya apa ya kalo dipasaran?

  2. @ Chic
    Bentuk sediaannya ada dalam bentuk tablet, kapsul maupun syrup. Buat Vio yang Syrup aja.

    Dosis untuk anak dibawah 2 tahun 50mg.

    Sebaiknya memang dikompres saja dulu, jika tidak ada tanda-tanda demamnya turun, barulah diberikan obat.

    Mbak Chic emang mama yang baik :)

  3. wah jadi inget keponakan ku yang lucu tapi sering keserang demam. kasian banget baru sembuh bentar dah keserang demam lagi. :(
    ntar deh nyokapnya saya suruh tanya ma dokter mereka soal ibuprofen itu.

    tapi kalo demam panggung beda lagi yah obatnya? :)

  4. @ bedh
    demam panggung ada obatnya kok.
    sebut nama saya tiga kali hehehe
    *ditimpuk*

    @ omiyan
    syukurlah :)

    @ Ulan
    siapa tau berguna buat ngobatin anak tetangga mbak Ulan.
    makanya,
    cepet-cepet dibikin biar tipsnya bisa dipraktein :)

    @ Achoey
    Saya belum bisa jadi Ibu yang baik dan sempurna.
    apalagi sekarang punggungnya sedang sakit :(

    @ iwan
    selamat mencoba. semoga bermanfaat.

    @ daiichi
    saya pernah menulis “obat radang tenggorokan” dan ulasannya. silahkan menuju TKP :)

  5. Mbak aq punya ponakan 3 orang :

    1. Umur 10 tahun
    2. Umur 8 tahun
    3. Umur 3 tahun
    Mereka gantian sakitnya yg sulung relatif agak kurang cuman yang 2 dan 3 selalu gantian menurut dokter yg 2 sakit Bronchitis dan yang 3 Gejala Typhus dan gejala Epilepsi ada saran bagaimana cara penyembuhannya ? sebab moso’ harus minum obat tiap hari utk yng no. 3 karena sering panas ….asal udah mulai anget harus dikasih obat ma’af lewat pantat baru turun tetatpi setelah itu panas naik kembali

  6. oy saya mw tanya, kebetulan keponakan saya lagi sakit, lw dipegang badannya g panas tapi lw di ukur panasnya tinggi kayak apa ya cara menurunkan panasnya,

    Makasih

    =====================

    Coba saja dikasih obat penurun panas Ibuprofen.
    beli diapotek atau toko obat.

    Semoga panasnya cepat reda :D

  7. aku punya adik usianya 12th badannya panass udh d bw k dokter tp ttep aj mas panass,demam,pusing. blh kasi saran d kasi obt apa??

    ===================================

    Coba ke apotek sekarang.
    Beli paracetamol 500mg sepuluh tablet dan Ibuprofen 200mg seputuh tablet.
    Pracetamol dan Ibuprofen Diminum 3 kali sehari, pagi, siang, dan malam. Jangan lupa dikompres.

  8. Kebetulan anak sy demam tinggi dr kkmrn malam, sdh dikasih tempra dan dikompres, apa beda tempra dgn ibuprofen, sy blm pernah coba ibuprofenb, umur anak sy 8 thn, takaran berapa, bagusnya tablet atau sirop, thanks

    ===============================================

    Dear Lucky
    Sebenarnya Tempra (bahan aktifnya Paraceatamol) dan Ibuprofen memiliki fungsi yang hampir sama, Paracetamol (Analgesik dan Antipiretik), Ibuprofen (analgesik dan golongan NSAID, untuk obat inflamasi atau peradangan). Antipiretik untuk menurunkan deman sementara analgesik menurunkan panas tubuh.

    Jika anaknya sudah biasa minum Tempra ya diberikan saja Tempra, namun jika panasnya cukup tinggi dan tidak turun sebaiknya minumnya dikombinasi.
    Artinya pertama minum paracetamol dan setengah jam kemudian diberi Ibuprofen… bisanya dalam beberapa jam panasnya lebih cepat turun jika dibandingakan hanya diberi paracetamol saja.

    untuk dosis Ibuprofen untuk anak 8-12 tahun 2 sendok teh perhari (bentuk syrup 100mg). Semoga cepat sembuh. terimakasih

  9. pngen nanya bu ! Anak saya umurnya 3 thn lbh ,wkt dia demam kok diksh paracetamol kok kga mempan ya ? Tapi klo dikasih antibiotik mrek fenicol bru bisa mendingan ya ?! Soalnya dia udh sring demam ,saya takut ntr lama2 jadi resistensi aja ! Bagusnya gmana ya ! Mksh sblumnya .

    =========================================

    coba dikasih kombinasi paracetamol dan ibuprofen.
    Beli aja Ibuprofen syrup (merek Proris, Anafen).
    diminum berbarengan.

    cepet sembuh ya. Terimakasih

  10. 2 hari yg lalu ankku yg umurnya 1 thn 7 bulan demam trus dikasih ibuprofen & parasetamol udh agak mendingan ,tapi malam ini tiba2 panas badannya kambuh lgi trus dikasih ibuprofen + fenicol/antibiotik ! Prtanyaan saya apakah brbahaya ibuprofen & antibiotik diminum bersamaan ,trimakasih sebelumnya Mbak !

    =============================================

    Kalo hanya demam seharusnya tidak perlu mengkonsumsi Antibiotik. Ibuprofen da paracetamol sudah cukup.
    Namun jika sudah terlanjur dikonsumsi, ya sudah lanjutkan saja. tidak berbahaya kok.
    Jika panas demamnya sudah reda, antibiotiknya harus serus diminum dan dihabiskan biar tidak resistensi terhadap antibiotik.

    Cepet sembuh ya, terimakasih.

  11. anak saya sudah tiga hari panas saya kasih fenris ibuprofen sudah mendingan tapi selang beberapa jam kok panasnya kambuh lagi usianya baru satu tahun. apakah boleh dikasih kombinasi antara ibuprofen dan paracetamol ukurannya berapa atauran pakainya?
    makasih………………..

    =========================================

    Boleh saja dikasih kombinasi asal tahu dosis yang tepat buat si anak.
    menghitungnya begini. Anggap saja berat badan anaknya 10Kg.
    Dosis untuk Paracetamol 10-15mg/kg beratbadan/ kali
    artinya: 10mg X 10 Kg = 100mg setiap minum obat
    lihat takaran dibotolnya soalnya beda-beda takaran, seperti 100mg/5mL, 125mg/5mL
    Diminum sebelum makan, kalo belum turun obat bisa diberikan 3 kali sehari.

    Dosis untuk ibuprofen 10mg/kg berat badan/kali
    artinya: 10mg X 10 Kg = 100mg setiap minum obat
    lihat takaran dibotolnya soalnya beda-beda. Ingat, satu sendok teh/kecil takarannya 5mL.
    Diminum sesudah makan, agar perutnya tidak perih.

  12. mba, anak saya lg demam.suhu tubuhnya naik-turun, naik-turun.saya udah kasih obat penurun panas.tiap mo dibawa ke dokter,eh suhunya turun dan ceria lg,tp kl malam suhunya naik lagi.gmn ya mba?

    ==============================================

    Coba Ibuprofen syrup yang diminum 3 kali sehari.
    semoga lebih cepat turun panasny dimalam hari. Terimakasih.

  13. mba… klo pemberian ibuporofen tuk anak saya usia 9 bulan 10 hari… BB 9kg dosis pemberiannya brp mL ya?
    bingung mau itung2ny :)
    tolong y mba… soalnya ak trauma banget anak ak pernah step jd ga mau kejadian terulang lagi
    makasi sebelumnya..

    =====================================

    mudah kok menghitungnya.
    Dosis Ibuprofen itu 5-10mg/ kg berat badan/ hari, jadi 9kg X (5 sampai 10)mg = 45mg sampai 90mg.

    Karena masih bayi pake Proris suspensi syrup aja yang isinya 100mg. (Satu sendok teh =5mL, satu sendok makan 15mL)
    Jadi dosis yang tepat untuk anaknya adalah: 2 X sehari setengah sendok teh (2.5mL), diminum setalah makan. Pagi dan sore hari.

  14. Malem bu, kebetulan browsing ketemu ni blog. Mo minta info nih, kalo Ibuprofen Forte dikasih 4 jam sekali buat anak umur 1,8thn (BB 12kg) boleh ga yah? Saya biasa kasih takaran 5ml 3x sehari. Soalnya anak saya pernah demam tinggi sampe 39c. Takutnya klo demannya balik lagi.

    Thanks sebelumnya.

    ———————————

    Sebaiknya obat tetap diminum sesuai dengan aturan pakai yaitu 5mL 3 X sehari. Tidak boleh kebanyakan.

    Kalo masih panas, sebaiknya dikompres sela paha, ketiak, kening. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  15. klo anak yg pnya amandel ktanya sering panas ya?? gmana cara mengatasinya mba ?

    ============================================

    Sebaiknya diberikan Paracetamol dan bila dalam waktu 2-3 hari belumsembuh segera periksa ke dokter.
    Terimakasih

  16. apakah pusing dan demam ,,tidak apa-apa meminum proris ibuprofen ?

    =========================================

    Boleh saja minum Ibuprofen karena juga berguna sebagai analgesik antipiretik.
    Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s