Buang Air Besar Tidak Lancar

Meski saya sakit  agaknya hal itu tidak membuat inbox saya kosong dari pertanyaan seputar obat. Maaf buat teman-teman yang pertanyaannya belum sempat saya jawab. Berhubung beberapa temen mengalami hal serupa, ga ada salahnya saya ulas saja pertanyaan. *simak pertanyaan mbak Vera*

aku umurnya 24 thn…cewek. aku dak isa BAB secara lancar. sejarahnya seperti ini, dulu aku pingin kurus sehingga sering minum obat “herbalax” selama hampir 1 thn lebih (tiap hari selalu minum).
kemudian 1 thn yg lalu saya memutuskan untuk berhenti. namun akibatnya saya mengalami kesulitan untuk BAB sampai sekarang sehingga terkadang 2-3 hari sekali saya minum dulcolax. kalo tidak minum bisa susah BAB ato BAB tidak tuntas…perut tetap terasa penuh, kembung…
minum udah banyak, makan buah jg sudah.. namun ya saya makannya tidak teratur..kadang 1 hari 2 kali ato kalo tdk sempat ya 1 hari 1 kali… mungkin ada yg bisa kasi solusi?

Bentuk tubuh langsing menggoda memang idaman semua wanita hehehe tapi terkadang keinginan untuk ingin kurus instant malah membuat masalah yang baru. Masalah yang paling mudah timbul adalah masalah gangguan pencernaan.

Untuk semua yang memiliki masalah seperti ini, ingatlah bahwa tubuh itu beradaptasi dengan keadaan. Jika selama setahun mengkonsumsi ramuan atau obat pelangsing maka didalam tubuh (diusus) akan beradaptasi juga  mengeluarkan  lebih banyak cairan dalam feses. jika berhenti total maka ritme tubuh yang sudah berubah tadi mengalami perubahan  (usus menjadi lebih banyak menyerap cairan dalam feses) sehingga timbul gejala konstipasi/ susah buang besar.

Minum Dulcolax memang berfungsi sebangai pencahar untuk mempermudah keluarnya feses tapi ingat loh, ini hanya sementara.  Jika ingin mengetahui solusinya adalah perubahan gaya hidup atau life style. Jika tubuh sudah mengalami adaptasi lama maka tubuh perlu waktu untuk pola adaptasi yang baru.

Meski kelihatannya klise tapi ini adalah solusi pasti. mengubah cara pandang kita. Makan makanan yang sehat, minum air putih, berolah raga, istirahat, semua teratur. Saya ingin makan agar saya sehat bukan ” kalo saya makan nanti saya gemuk”. perhatikanlah kecukupan kalori dan perbanyak makan sayuran.

About these ads

54 thoughts on “Buang Air Besar Tidak Lancar

  1. @ sapimoto
    saya senang banget dapet kunjungan. makasih.
    sehat selalu ya…

    @kenuzi50
    menurut mbak tukang obat, obat mujarab flu berat adalah istirahat total sehari ini. istirahat, tidak stress dan minum vitamin C 500mg.
    sepertinya mas Kenuzi kecapekan banget. cobalah untuk lebih aware dengan alarm tubuh. tanda-tanda tubuh kelelahan adalah badan rasanya capek, pegal, lelah, badan lebih panas.

  2. Berarti untuk kasusnya mbak Vera…beliau harus sabar dalam menjalani hari2 minum air putih yang banyak dan selalu makan buah setiap hari, ya, mbak..

    Karena beliau khan kudu membangun ‘sistem tubuh’ yang baru..agar pencernaannya kembali seperti sedia kala…begitu, ,kah ?

  3. @ Erander
    mas Erander, masalah gangguan pencernaan itu banyak hal yang mempengaruhi. Jika terdapat Gas didalam tubuh sebenarnya itu adalah hasil peruraian dalam sistem pencernaan dan dalam hal ini adalah wajar.

    Dalam proses pencernaan bukan hanya gas buangan H2S ” kentut” tapi ada juga gas dalam saluran cerna, misalnya jika mas Erander perhatikan dalam obat maag terdapat bahan aktif simethicone atau dimethilpolisiloksane yang berfungsi sebagai mengurangi gas …”used to reduce bloating, discomfort and pain caused by excess gas in the stomach or intestinal tract”.
    terimaksih

  4. kata nenek saya..tinggal di buatin loloh kunyit (bahasa indonesia loloh apa ya?) Kunyitnya di hancurin terus direbus di kasi madu dikit terus diminum. Terbukti dalam 10 menit langsung pengen ke blakang :)

  5. hm… trus kalo BAB terlalu lancar alias mencret, gimana solusinya? [kalo saya biasanya minum imodium dan 5 menit kemudian sudah mampet. kok cepet ya? bahaya ndak nie?]

  6. @ det
    untuk mengobati antidiare memang banyak solusinya. salah satu yang sering dikonsumsi Imodium. Kenapa kok mampetnya cepet? karena dalam Imodium terkandung bahan aktif Loperamide HCl yang bekerja dengan cepat untuk menarik air.

    kalo dibuku dibilang …”Loperamide is synthetic opioid analogue which inhibits gut motility and may also reduce gastrointestinal secretions”.

    Loperamide memang tidak berbahaya untuk dikonsumsi namun sebaiknya diskusikan terlebih dahulu aturan pemakaiannya. Jangan sampai berlebihan dan tahu kapan obat harus distop. tks

  7. Emang kunyit bisa ya memperlancar BAB? Kalau buat nahan mencret nda ada obat traditionalnya ya? Yah yang mengandung apa tadi Imodium itu apa yah? Apel mungkin hehehehe..

    Boleh minta blogroll ga yah? Dukungan Kontes Busby SEO Test :)

  8. Mbak, (maaf kemarin manggil mas…he…he… Gavatar saya lagi error)… Nanya satu lagi dong. Apa betul alufurinol itu untuk menyembuhkan asam urat. makasih… (Lumayan nih, konsultasi dokter gratis…..he…he…)

  9. @ Kenuzi 50
    terimakasih berkunjung lagi.
    tulisannya bukan alufurinol tetapi allopurinol.
    Memang benar, untuk mengobati asam urat dapat menggunakan allopurinol. Allopurinol bekerja menurunkan produksi asam urat dengan cara penghambatan kerja enzim yang memproduksinya, yaitu enzim xantin oksidase. tks

  10. Pingback: Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah « Tukang Obat Bersahaja

  11. Pingback: Crongohan » Blog Archive » Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah

  12. Mbk,tanya dunk,aq g lncr BAB,pdhl tiap hari aq udh mkn mknan berserat,tp te2p ja mbk/mas,aq skrg lbh srg buang air kcl,coz dag byk minum aer pth,apa zat sisa dlm tubuhku dah ckp dikelwarkan lwt urine??mbk/mas ksh jwbnya ya,coz aq g nyman bgt dgn ini,perut rasanya pnh trz,mw mkn jd g nafsu.

  13. @ enciuz
    Hi Encius saya Rina :)
    Minum air putih yang banyak sangat bagus buat tubuhmu, salah satunya untuk mengelurakan zat sisa yang ada didalam tubuh.

    proses menghilangkan racun dalam tubuh bisa keluar lewat kelenjar keringat, berkemih (pipis), dan buang air besar (pup).

    Jadi kalo hanya lewat pipis tentu saja tidak cukup. Jika pola makan sudah baik, dalam hal ini cukup serat, protein dan gizi, mungkin Enciuz perlu mengkonsumsi enzim-enzim pencernaan.

    Enzim pencernaan bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, namun jika pola maka tidak seimbang maka tubuh kekurangan, sebaiknya perlu diberi asupan enzim pencernaan. Cobalah mengkonsmsi ezim Digestive selama 3 minggu dan rasakan apakah ada perubahan atau tidak.

    Beli diapotek terdekat enzim pencernaan. Ada banyak merek spt Enzyplex, Viazym, dll. Konsultasikan dengan farmasis/ apoteker untuk membantu memilih.

    Enciuz berhak bertanya kepada farmasis :)
    Semoga selalu sehat ya.

    • Salam kenal mbak…

      Kayanya gejala saya hampir mirip ini, saya minum air sudah banyak, olah raga iya, tapi emang saya mengurangi porsi nasi, awalnya biasa saja, kenapa sekarang jadi tiap BAB jadi gak tuntas…

      Saya coba dulu beli enzim itu mbak… tapi ntar ketagihan gak? atau efek samping setelah pemakaian di hentikan? Thanks

      ===================================================

      Enzim juga jangan diminum setiap hari. Cukup seminggu 2-3 kali saja.

      Misalnya minum saat senin dan kamis untuk pencegahan.
      kalo emang lagi susah BAB, minumnya hari senin-kamis-sabtu.
      Kalo lagi fit tidak usah diminum.

      Efek sampingan sih ga ada tetapi harus merubah poa makan menjadi lebih sehat dan cukup serat dan air.
      Terimaksih

  14. mbk, aku ada keluhan..
    pada sore hari badan terasa dingin.. malamnya tersa panas lalu saya kasih susu..
    tiba2 saya ga berhenti masuk kamar mandi.. ga tau knp.. udah berjalan 2 hari pagi2 badan udah mulai normal.. tap buang air besar tidak berhenti2.. malah mencret..

    apa solusinya ya??

    trims//

  15. @ zainul
    mas zainul sepertinya kena diare. Mungkin kondisi lagi ga fit, banyak pikiran/ krg tidur.
    Mengatasi diare ini dapat diatasi dengan loperamide. Diminum 2 tablet sekaligus untuk pertama, selanjutnya dua kali sehari.

    Tanyakan di apotek terdekat. Banyak istirahat dan makan makanan yang sehat.

  16. mbak tukang obat bersahaja.saya pengen langsing dan pengen perut saya ga buncit dan saya sudah lari tiap hari, sudah sit up, sudah makan jeruk tiap hari, sudah banyak minum air putih tapi badan saya masih gendut perut saya masih buncit dan sekarang malah sulit bab. bb saya 53 pengen turun jadi 47 tinggi saya 150.ato karna saya kurang beraktifitas ya…….

  17. @ aoka
    Ya benar Body Mass Indeks Aoka menunjukkan kalo kamu sudah obesitas.
    Menurut saya angka BMI normal adalah 20, artinya kamu harus turun berat badannya menjadi 45 kg.

    Pengen kurus yang penting latihan teratur. titik. cuma itu kuncinya. Jika kamu sit up cobalah selama tiga bulan penuh tapi tidak boleh berhenti satu haripun. itu membuat tubuh akan terbiasa dan berdaptasi.

    Jika ingin jogging atau makan buah dan air putih lakukan setiap hari dengan porsi yang sama malah kalo bisa ditambah. bukan yang penting sudah makan buah, serat, air dan olah raga… yang terpenting lakukan secara intens dan berkelanjutan.

    Jika terasa jenuh, lakukan program ini berdua atau mencari teman yang sama-sama ingin hidup sehat sehingga ada yang meningatkan dan saling membantu. Hidup sehat itu bukan milik sendiri tetepi ajak semua juga ikut terlibat didalamnya, keluarga, teman dan sahabat.

  18. Kalo orang pd takut kegemukan, ak dah makan bnyk pngn gemuk susah, Awalnya ak kira cacingan tp udh mnm obat cacing jg g ngaruh, dah gt BAB jg kurang lancar Tp tetep weh msh kurus pada hal ak pingin gemuk ky org2, Oh ya BBku 57, TB 165, Emang kalo dilihat dari Ideal aku udah trmask kegemukan tapi, kl liat badanku keliatan kurus, Oh ya aku seneng Olah Raga. gmn dong solusinya….?

  19. Pingback: Sering BAB Berdarah Tanda Bahaya « Tukang Obat Bersahaja

  20. Saya juga susah nih BABnya…
    Padahal tiap hari udah minum jus, makan serat banyakkk…

    Kadang saya minum laxing tapi takutnya ada efek samping setelah membaca bukunya Prof Hiromi Shinya “Miracle of Enzyme”. Nah kalau pakai MIcrolax, apakah cukup aman untuk digunakan tiap hari/rutin 2hari sekali?

    Mohon jawabannya karena saya browsing2 juga belum menemukan jawaban yang memuaskan.

    Thx.

    • Dear Ria yang baik

      Silahkan Ria browsing lagi sepuasnya karena saya yakin tidak ada jawaban yang paling memuaskan.

      Lancar BAB tidak semata sudah makan serat dan jus tiap hari… itu presepsi yang salah.

      Yang terpenting agar sistem pencernaan berlangsung baik perhatikan kecukupan asupan gizi (makanan, minuman), Olah raga teratur, dan istirahat yang cukup. Hinadri stress.

      Mengkonsumsi obat apapun mereknya tapi kalo hanya ingin mencari jalan pintas tidak ada yang berhasil.
      terimakasih.

  21. saya BAB gx lncar, pling 2 mnggu sekali n bsa jg smpe sebulan gx BAB.. saya prnah ktmu ama dokter diklinik, katanya usus besar saya bengkak.
    sbenernya saya tu sakit apa?
    nyeri pada perut saat BAB n kadang sering kambuh nyeri perut, sdikit bergerak aja terasa sekali sakitnya di perut..

    =================

    Shasya,

    Saya sangat menyarankan kamu untuk berobat ke dokter dirumah sakit.
    Dokter pasti akan memeriksa kamu dengan lebih detail apakah yang menyebabkan ini terjadi, berobat dengan dengan obat-obatan warung kayanya ga cukup deh.
    Jangan takut ya, dokternya ga gigit kok :D :D
    Salam

  22. mbak pacar saya sudah tidak bab selama 4 hari ditambah badannya panas. tu knapa??? ato sakit apa???

    ==========================

    Dear Andhitya,

    Sebaiknya bawa pacar kamu ke dokter untuk diberikan obat pencahar.
    Dari situ ketahuan ada apa. Simpan “sampah” terlalu lama didalm tubuh tidak sehat.

    Semoga plong :D

  23. Mbak boleh nanya ya…
    saya jarang sekali olahraga..namun dalam 2 hari ini saya menyempatkan diri senam sederhana dan lari ditempat 3 menit..saya juga mengonsumsi amoksilin karena habis cabut gigi. hal ini berdampak pada saya susah buang air besar.udah 2 hari tidak merasa ingin BAB.
    padahal setiap hari saya sudah minum 8 gelas. kira-kira kenapa ya mbak?apakah ada hubungannya dg olahraga saya atau dengan obat amoksilin??
    terima kasih

    ===========================
    Dear Wulan,

    menurut saya itu bukan karena olahraga dan minum antibiotik. Tidak ada hubungannya.
    Mungkin saja belum ada rasa ingin buang air besar, tunggulah samapai 3 hari lagi, jika belum bilahkan mengkonsumsi obat pencahar/ laksatif.

    -salam-

  24. mbak saya susah buang air besar ….setiap hari …….trus dui usus saya terasa kayak ada benjol bulat dan temapt seblah kanan mbak trus sy ke dokter perakter….dia bilang cuman maag …mbak Apa Betul Maag Juga Bisah Bikin Susah Buang Air Besar..

    ==============================================

    Dear Ilhana,

    Meskipun sama-sama berada dalam sistem pencernaan namun maag dan susah BAB adalah dua hal yang berbeda.
    Saran saya kamu ke dokter yang alin untuk minta second opinion. Benjolan tidak bisa dipastikan hanya dari diraba tetapi juga harus lihat menggunakan alat yang tesedia.

    Setelah diketahui apakah benjolan tersebut dokter akan memastikan apakah karena ada penyakit, peradangan, gejala penyakit yang lain.
    untuk infromasi, lambung berhubungan dengan sakit maag sementara benjolan berada diusus. terimakasih.

  25. cuma mau tanya sebenarnya obat laxing bisa ngurusin badan apa ga?

    =========================
    tidak.
    Laxing hanya digunakan untuk memperlancar pencernaan. Memang sih dengan sistem pencernaan lancar maka perut jadi “kelihatan” kecil.
    Kalo mau langsing ya harus olah raga dan memperhatikan pola makan. terimakasih

  26. Pingback: Melancarkan B A B mampet | Visions of A Iboy

  27. Mbak saya kok susah sekali ya untuk bab, satu minggu bisa cuma 2 kali bab, padahal saya suka sekali makan sayur, minum air putih juga sudah, awalnya saya pengen sekali mempunyai tubuh idel jd saya diet, BB saya 50, TB 157. apa salah pola diet ya? trimakasih jawabannya

  28. saya juga mengalami susah BAB…padahal segala cara udah saya coba..mulai dari fitnes..makan buah2an,minum air putih yang banyak…tapi tetap saja susah BAB,
    kemudian saya minum LAXING…hasilnya bagus sich!!!
    tapi koq jadi ketergantungan!!!
    kalo ga minum LAXING susah sekali untuk BAB…..makannya saya harus ada persediaan LAXING setiap hari,,,,tapi sekarang walaupun minum LAXING…yang ada keluarnya sedikit-sedikit,,,,

    ======================

    coba deh, ubah kebiasaan itu.
    Jangan setiap hari mengkonsumsi obat pencahar soalnya ususnya jadi malas hehehehe

    Kalo sudah terlalu sering coba dalam dua minggu ini makan makanan bubur dan yang mudah dicerna (bukan daging, ayam), banyak serat.
    terus kurangi Laxing hanya sekali sehari, kemudian dua hari kemudian satu kali sehari kemudian dikurangi sampai akhirnya tidak mengkonsumsi lagi.

    Belajarlah untuk memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan berpikir positif :D

  29. mo tanya Mbak… kemarin saya ada masalah di kandung kemih, kemudian dikasih salah satu obatnya, obat pencahar urine. apa minum obat diuertik – furosemide -(dengan resep dokter tentunya) mengakibatkan jarang BAB ? sudah 4 hari gak BAB… sedangkan tiap hari makan sayur dan buah dan minum air banyak
    tapi makan saya gak banyak… 1-2 kali sehari

    =================================================

    Memang salah satu efek samping pemakaian Furosemide adanya gangguan saluran cerna.
    Obat pencahar dapat menolong tetapi hanya untuk sementara.
    Jika sudah 4 hari tidak BAB sebaiknya konsultasi ke dokter untuk dapat mendapat terapi terbaik.
    Terimakasih.

  30. Terima Kasih.
    Saya memiliki saudara perempuan yang terakhir saya ketahui susah sekali BAB, yang saya kurang mengerti dan membuat saya terkejut adalah ; Jojo’ Panggilannya (Umur 20 Thn), Hanya BAB 1 (satu) kali dalam seminggu, itu pun pas BAB keluar katanya sangat sakit, semakin saya terkejut itu’ terjadi semenjak usianya masih kanak-kanak.
    Informasi lain : Jojo’ rutin makan obat pencahar, tetapi hasilnya nihil….

    Atas kesempatan ini saya mohon advise dari kakak , karena jangankan mengalami , mendengar saja saya prihatin.
    Atas Kesediannya Saya Ucapkan Terima Kasih
    Tuhan Memberkati.

    ============================================

    Saya turut prihatin bahwa kejadian susah BAB sudah berlangsung lama.
    Sebaiknya Jojo berobat ke dokter untuk diperiksa lebih lengkap.

    Satu hal yag pasti, berhenti mengkonsumsi obat pencahar. Obat ini sifatnya sementara dan tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus. Memang tidak mudah. Coba diawali dengan niat yang baik dan berpuasa.

    Beberapa orang memang mengalami susah BAB, saran saya dengan mengurangi makanan berdaging, berlemak, protein tinggi dapat membuat sistem pencernaan bekerja tidak terlalu sukar untuk memecah protein dan lemak. Makanan yang merangsang (asam dan pedas) juga dapat membuat lambung iritasi dan hal lainnya. Buat sistem pencernaan lebih moderat (lebih kalem) biar gampang dicerna.

    Berkonsultasi dengan dokter dan bila perlu dokter ahli gizi untuk mengatur pola makan lebih baik lagi.
    Salam saya untuk Jojo semoga cepat sembuh :D

  31. salam kenal mbak . . . . .
    mbak mau konsultasi, saya tipe orang yang susah banget lok di suruh yang namanya makan. sekalinya makan, makan makanan yang kering (karena anak kost, cari makanan yang instan2). pada akhirnya saya susah BAB. karena gak kunjung2 BAB jga akhirnya saya paksakan. tapi malah keluar darahnya. saya juga sering pusing2. kalau saya minum vegeta herbal kira2 bagaimana???
    makasiee . . . . . :)

    ======================================================

    Bikaa, saya juga pernah kost dan pengennya yang instant dan ga ada sayur. Apalagi kalo udah nyampe kost males keluar dan akhirnya ga makan.
    sebenernya hal itu justru ga bagus untuk kesehatan. Kalo ga makan dari mana energi untuk hidup. Makanlah untk hidup dan bukan hidup untuk makan!.

    Mengkonsumsi minuman tersebut bersifat sementara saja, sebaiknya ubah pola hidup yang lebih sehat dengan cukup istrirahat, olahraga teratur, jauhi stress. Pasti kamu ga akan mudah sakit dan pencernaan lancar. Makan pedas boleh asal jangan berlebihan.

    Tips dari saya coba setiap hari (senin, rabu, jumat) atau (selasa, kamis, sabtu) ada tema. Misalnya setiap Rabu makan sayur seperti makan siang dengan gado-gado, malamnya cap cay. Hari senin hari buah dimana kamu bisa beli rujak (sambelnya dikit aja) atau jambu, pepaya, mangga. Cobalah lebih kreatif untuk hari lalinnya. Maka kamu akan bergaya hidup lebih sehat.

    Satu lagi, untuk masalah susah BAB, sebaiknya rajin mengkonsumsi yogurt setiap hari dan juga dibantu dengan enzim-enzim pencernaan.
    Semoga selau sehat Bikaa :D
    thanks

  32. oiyaaa, saya jugak suka makan yang pedas2 . . .
    makasiee . . . . . :) :)

    ==============================

    boleh makan pedas asal tidak setiap hari dan cabenya satu aja :)

  33. mbak bisa kasih solusi gak.aq klo BAB gak tentu kadang 2 hari sekali kadang2 bisa sampai 5 hari gak BAB.
    aq gak suka bangget yang namanya sayuran.
    gimana ?
    bisa ngasih solusi gak?

    =========================================

    Sebaiknya rajin mengkonsumsi yogurt setiap hari agar lancar BABnya. Beneran lho terasa bedanya.
    Jika ga suka makan sayur, coba aja pesan makan siang capcay atau gado-gado? juga ditambah buah buahan yang kaya serat seperti semangka, apel merah,melon, buah naga, belimbing, pear, nanas dan alpukat.

    Saya ga ingin jualan obat/ produk tertentu tetapi setahu saya sekarang ada ektrak sayuran-sayuran yang dikemas dalam tablet. Namanya Vegeblend.
    Coba aja dikonsumsi selama sebulan ini dan dilihat apa ada perbedaannya. Terimakasih

  34. mbk, saya tidak bisa Bab dgn lancar,,,,untuk itu saya malah setiap hari mengkonsumsi dulcolak , karena kalau tidak mengkonsumsi dulcolak, saya tdk bs bab,,, terus berut saya jd buncit,,,, apakah dulcolak berbahaya bagi saya????

  35. hallo mbak rina :) nama saya dedy, salam kenal
    saya punya kasus seperti ini mbak rina…
    feny, 28 tahun kalo BAB 3 hari sekali padahal dia rajin mengkonsumsi air putih, makannnya makan siang n makan malam aja, dia jg mengkonsumsi susu wrp (maaf kalo sebut merk, gpp ya? hehe), senam tiap sore selama 1 jam, tidur selalu subuh bangun jam 9an, oh iya dia suka sekali yang namanya makan es batu dan makan pedes2 (tapi masih normal, menurutku)

    yang ingin saya tanyakan supaya bisa BAB sehari 1 kali, kira2 program yg cocok atau mengkonsumsi apa ya enaknya mbak rina? saya minta saran dari mbak rina nanti akan dicoba cocok atau tidak (moga2 sih cocok, biar langsung lancar hehehe). yg ada di pikiran saya ada 3 :
    1.enzim pencernaan
    2. yoghurt (bingung jg sehari mengkonsumsi brp ya enaknya hehe)
    3. vegeblend
    maaf kalo kepanjangan ya mbak rina, mohon pencerahannya… ^_^

    terima kasih

  36. klo susah BAB minum daun jati cina aja atau bahasa latinnya senna leaf, ini biasa digunakan sebagai obat herbal pencahar…juga bisa digunakan sebagai peluntur lemak dalam tubuh.

    ========================================================

    Terimakasih

    • aku kog gag ngaruh sama sekali yahh minum jati cina??

      ==========================================

      saran saya sebaiknya periksakandiri ke dokter.
      Semoga cepat sembuh :D

  37. Usia saya 33 tahun,kebetulan saya sekarang lagi hamil 4 bulan,masalah saya adalah susah buang air besar/BAB sampai2 saya terkena wasir,kalau mau BAB saya harus dibantu obat dulcolax,saya sudah konsoltasi kedokter dan dokter menyarankan konsumsi buah pepaya dan air putih yang banyak dan jika tidak bisa BAB dokter menyarankan diobati dengan dulcolax,semua saran dokter sudah say lakukan tapi masih saja susah BAB bahkan saya tidak konsumsi nasi tapi buah dan sayur saja.

  38. apakah minum laxing setiap hari dlm jangka waktu lama bisa berbahaya??? kalo saya lihat si komposisinya dr herbal / tumbuh tumbuhan… tolong dijawab

    =======================================

    Tentu saja yang namanya obat bukan untuk diminum setiap hari kecuali obat yang meamng atas rekomendasi dokter seperti obt diabetes, obat jantung, obat hipertensi.

    kalo untuk obat susah buang air besar tentu saja tidak untuk diminum setiap hari, hanya bla perlu saja.
    Kenapa? tentu saja tidak tepat. Tubuhmu akan bergantung dengan obat tersebut. Saran saya merubah pola makan dan pola hidup dengan lebih sehat dan makan dalam porsi kecil tetapi sering. Terimakasih

  39. mbak rina, mau tanya nih :)

    saya itu orangnya susah BAB mbak. paling lancar ya 2-3 hari sekali bisa keluar BAB nya, itupun kalo pagi2 sempet olahraga lari2 kecil sebelum sarapan. masalahnya jarang sempet olahraganya hehehe :D

    kondisi kesehatan saya:
    -saya punya penyakit maag, pernah dikasi lansoprazole juga sama dokter (kalo gasalah, itu buat usus bukan mbak?)
    nah ada hubungannya gak ya mbak?
    -saya suka minum madu mbak. padahal katanya madu baik utk pencernaan.
    -saya jarang makan sayur (padahal suka T.T) maklum anak kos :p
    -saya ga suka buah mbak :( cuma doyan pisang sama jeruk aja.
    -oh iya mbak, saya gabisa gemuk T.T cacingan juga nggak kok tapi. ada hubungannya gak ya kira2? saat ini umur saya 20th, bb 40 tinggi 150cm… badan saya emang pendek, keturunan :D

    jadi mbak, solusinya gimana ya? apa beli enzim atau vegeblend aja?
    pengen nyoba yogurt, tapi takut lambung ga kuat hehe :)

    ====================================================

    Ini seperti curhatan yang sudah tahu jawabannya.
    Apa masih perlu saran dari saya?

    Kalo masih mau ya, jawabannya perbaiki pola makan dan pola hidupmu.
    Pertama mulai sekarang rajinlah unutk berolah raga. Itu hukunya wajib. Tidak perlu ke gym dan pusat ke buagar yang berbiaya tinggi. Cukup jalan kaki rutin setiap pagi. Bisa saja dari kos ke tempat berkativitas (kantor/ kampus).

    Meskipun ana kos bukan berarti kesehatan nomor dua karena ga punya duit. kamu harus makan buah dan sayur. Buahnya tenatu tidak perlu anggur, pear, kiwi, apel australia yang mahalnya selangit. CUkup pepaya, pisang, jambu, mangga. Sekilonya hanya 8-10 ribu saja. Sayuran juga ga mahal. Sayur sawi, kacang-kacangan (merah, hijau) baik untuk kesehatan.

    So, tidak perlu minum obat ini itu, makanlah dengan benar. Oh iya, saya juga kurus so what gitu loh? yang penting sehat dan kuat. Saya selalu jalan terus setiap hari. Buat apa gemuk kalo sakitan. Terimakasih

  40. mbak rina, need help lagi nih… hehe pertanyaan sebelumnya aja belum dibales, ini udah nanya lagi :D

    mbak, buat pertolongan pertama, pake laxing buat ngelembutin feces yg keras boleh gak?
    jadi saya itu udah sekitar 5 hari gak BAB. 5 hari sebelumnya, BAB saya normal, itu saya baru aja habis sakit diare. pas obatnya habis, BAB nya balik normal.

    nah sabtu kemaren, perut saya mules banget. sebelum2nya ga ada rasa2 mau BAB. entah pengaruh puasa atau gimana ya…

    jadi susah banget mbak BAB nya, keras>.< saya juga ga berani ngeden, takut ambeien… jadi saya tunggu dengan pasrah aja. yg penting jgn sampe ngeden deh. keluarinnya pun manual… :')

    nah mbak, karena ngeluarinnya manual, otomatis masih ada yg nyangkut di dalem sana. saya capek nih mbak, takut ambeien itu juga, jadi aman nggak nih, kalo saya minum laxing?

    maaf kepanjangan ya mbak. ditunggu jawabannya :)

    ===================================================

    Setiap hari saya menerima banyak sekali email dan harus saya jawab satu persatu dengan semua kompleksitas pertanyaannya. Sering kali menjadi panjang karena saya harus mencari jawabannya dalam beberapa buku dan jurnal pengobatan. Dijawab sih pasti cuma untuk berapa lamanya tergantung. Tidak bisa dipaksa untuk menjawab cepat.

    Untuk mengobati susah buang air besar, puasa adalah salah satu jawabannya. Tubuh kita seperti di refresh lagi dan melalui jadwal makan yang teratur karena tidak ada waktu untuk ngemil dan mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Jangan sampai puasa malah membuat kita jadi tambah gemuk dan susah buang air besar karena makanan yang kita konsumsi.

    Mengkonsumsi laxing atau obat untuk pencahar lainnya boleh saja. Ikuti aturan pakai. 1 x sehari bila perlu. Jangan diminum setiap hari. COba dikonsumsi dalam 2 hari kedepan. Setelah normal kembali BABnya stop obat tersebut dan jangan minum lgi gunakan hanya pada saat benar-benar susahhhhhh buanga air besar saja. Yang terpenting bukan obatnya tetapi perbaiki pola makan dan pola hidupmu menjadi lebih sehat dan teratur. Terimakasih.

  41. Hai aku mau tanya, aku kmren diare 2 hari..
    Terus minum imodium 2 tablet aja.
    15 kemudian masih diare 2 x.
    Tapi keesokan harinya ga diare lagi sih.
    Pertanyaanku,apakah minum imodium bisa bikin jd susah buang air besar?
    Apakah imodium bikin usus berhenti bekerja?klo bikin jd berhenti bekerja, brrti makanan kita numpuk donk,huhuhu jd takut….
    Soalnya bnyk info ga bagus ttg imodium..
    Mohon penjelasannya yah.
    Makasi

    ================================================

    Saran saya jangan salahkan obatnya tetapi lihat dulu diri sendiri.
    Immodum digunakan untuk mengobati diare dengan menarik cairan didalam tubuh. Minumlah dengan aturan pakai yang tepat (1-2 x sehari) Jika dosis berlebihan maka obat ini akan terus menarik air sehingga jadi susah buang air besar (konstipasi).

    Untuk mencegah diare, makanlah makanan yang sehat dan hindari stress serta bijaklah dalam menggunakan obat. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s