Obat Susah Buang Air Besar

waktunya bagi-bagi ilmu lagi…..

Teman dan saudara saya sering mengalami gejala konstipasi atau susah buang air besar. katanya perutnya sebah, mules-mules, pengen pup ga keluar-keluar. Mau beli obat tapi ga tahu apa obatnya.

Dalam buku IMMS, edisi 108 ada beberapa obat yang dapat menjadi pilihan. Nama bahan aktif/ API ( Active Pharmaceutical ingredient ) adalah Bisacodyl dan lactulose. Obat ini bisa di beli di apotek terdekat.

Nama dagang atau Branded name®® untuk Bisacodyl adalah Bicolax®, Dulcolax®, Laxacod®, Laxamex®, Stolax®, dll. Sedangkan nama dagang untuk Lactulose adalah Dulcolacto®l, Constipen®, Dulphala®c, Lactulax®, Solac®, dll. (saya ga bermaksud dagang atau iklan obat tapi hanya ingin menambahkan informasi).

Jika tidak ingin menggunakan bahan aktif dapat menggunakan bahan lain. Ada obat yang kandungannya berisi Psyllium hydrophillic mucilloid, branded name nya Mulax®.  Mulax® bersifat seperti mucilago yang berfungsi sebagai pengembang.

Ada juga Laxadine® yang kandungan di dalamnya berisi phenolphthalein, liquid parafin, glycerin. Gunanya sebagai pelincir sehingga defekasi tidak menjadi sakit.

Selain bentuk sediaan tablet dan  sirup, ada juga yang cara penggunaannya pake rectal applicator. Nama produknya Microlac®  yang kandungan didalamnya berisi natrium lauryl sulfoacetate, natrium citrate, sorbitol, PEG, sorbic acid. Kalo obat ini tidak di minum tapi di masukkan lewat dubur/ rectal.

Dari semua obat yang di sebutkan diatas, alangkah lebih baik jika kita bisa mencegah terjadinya susah buang air besar, seperti makan makanan kaya serat, cukupi buah dan sayur mayor dan minum air bening yang banyak..

About these ads

97 thoughts on “Obat Susah Buang Air Besar

    • sy sulit bab padahal sdh mkn yg berserat mnm banyak ,kl ingin bab dubur sy tak kasih sabun cair 3 cc tak masukan pakai sepet tanpa jarum stl 1 mnt sdh bisa keluar , bahaya apa tdk ya untuk kesehatan mohon informasinya

  1. Saya punya seorang putri skarang sudah umur 2 th dari umur 6 bln sudah sulit bab makanan serat sudah tiap hari spt sayur2an, buah dari pisang, pepaya, anggur sampai alpokat hampir stiap hari tersedia, bermacam nasehat dah kami lakukan dari terapi minum madu sampe vitacam&yakult tetap aja msih ksulitan bab, saya gak tega stiap x bab pasti nangis krna sulit keluar, kalau ada yg pernah pnya pengalaman yg sama mohon sharing utk solusi dan obatnya. Thxs be 4

  2. @ N Setiawan

    Dear N Setiawan,

    Saya ingin sharing pengalaman *bukan jualan obat*.
    tatkala seorang bayi berusia dua tahun dan kesulitan buang air besar saya menyarankan menggunakan Microlac. Obat ini di masukkan ke dubur. ikuti cara pemakaian yang benar dan tanyakan ke mbak apoteker mengenai aturan pakainya di apotek terdekat.

    Obat ini hanya aman untuk usia bayi 2 tahun keatas.
    Semoga dapat membantu. Salam untuk putri manisnya. terimakasih.

  3. aku umurnya 24 thn…cewek.
    aku dak isa BAB secara lancar.
    sejarahnya seperti ini, dulu aku pingin kurus sehingga sering minum obat “herbalax” selama hampir 1 thn lebih (tiap hari selalu minum).
    kemudian 1 thn yg lalu saya memutuskan untuk berhenti.
    namun akibatnya saya mengalami kesulitan untuk BAB sampai sekarang sehingga terkadang 2-3 hari sekali saya minum dulcolax. kalo tidak minum bisa susah BAB ato BAB tidak tuntas…perut tetap terasa penuh, kembung…
    minum udah banyak, makan buah jg sudah..
    namun ya saya makannya tidak teratur..kadang 1 hari 2 kali ato kalo tdk sempat ya 1 hari 1 kali…

    mungkin ada yg bisa kasi solusi?

    thx

  4. Pingback: Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah « Tukang Obat Bersahaja

  5. Saya udah coba makan sayur dan buah serta bnyk minum tp msh sembelit jg. Tolong sy dg, bahkan keinginan utk ke belakang juga tidak ada, (tdk ada rasa mulas) dl tiap pg sy sk bab, tp skrg tiba2 gak ada lg, apa ada sesuatu di dubur sy,shg sulit bab? Tlg secepatnya ya,mksh

  6. @ willy
    Maaf baru bisa menjawab sekarang. Jika masih sulit bab perlu diperiksakan lebih seksama oleh dokter.
    Apakah perutnya agak gede? Jika sulit BAB lebih dari seminggu dapat mengkonsumsi obat pencahar. Tks

  7. Pingback: Crongohan » Blog Archive » Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah

  8. saya susah b a b saya padahal udah makan buah,sayur,n minum air putih tapi tetap saja susah kadang sampai empat hari tdk bab rasa perut kaya besar saya minta dong solusinya

  9. saya berusia 24 th, saya mo tnya obat apa yah untuk perut tidak buncit, terus obat apa untuk susah b a b krn setiap hari saya paksakan b a bttp tdk bisa..saya b a b-nya 3 hari sekali…please kasih solusinya…

  10. @ Riz
    Salam kenal ya :)
    Tidak ada obat untuk perut buncit, yang ada adalah obat untuk obesitas. Kalo hanya perut yang sedikit “muncul”, dengan sit up, olahraga teratur pasti akan kembali rata. Harus teratur lho.

    Untuk masalah BAB, cobalah untuk makan dengan cukup serat dan buah. Ini cara yang alami dan ampuh untuk masalah BAB tidak lancar.
    Obat-obat seperti diatas untuk yang pupnya keras. Kalo ingin lancar cobalah dengan bergaya hidup sehat.

    Memang sih ada rasa tidak enak, sebah jika belum BAB tapi yang terpenting penuhi kebutuhan serat :)
    Terimakasih

  11. iya sih memang ribet masalah gak bisa bab tapi ada solusi yaitu makan jus appel malammya nanti paginya pasti bab deh.percaya deh tapi harus di jus biar tercerna ma usus kita oke …………..

  12. Hati hati susah air besar bisa gejala kanker usus besar yang mematikan sebaiknya yang usia 50 tahunan segera di colonoscopy gt. kanker usus besar adalah penyakit mematikan dan bikin susah keluarga karena biaya untuk pengobatannya mahal sekali gak cukup 200 jutaan itupun belum tentu sembuh pula. jd hati-hati ya

    • iya hati2 kanker usus..sodaraku mau operasi dipotong ususnya trus dibuatkan jalan keluar yg baru di perut untuk pembuangan ….trus dibuang pake plastik ktnya sihhh…yaaa gejalanya ga bisa bab..

      ===========================================

      Itu untuk tingkat yang parah.
      Sebaiknya sejak dini memeperhatikan pola makan yang sehat.

  13. sy susah bgt bwt bab
    Sblmnya saya kna panas dalam,bdan sy panas n kpala pusing..
    Stlah panas sudah hilang giliran susah bab,smpai bgian pantat sy trasa sakit..
    udah coba mnum adem sari,lasegar,larutan pnygar sm mkn buah2an tp blm smbh jg..
    bs ksi solusinya gk…
    Trimakasih…

    • @ Dan
      Coba beli Microlax di apotek.
      Ikuti aturan pakai. Pemakaiannya dimasukan kedalam dubur. tunggu sekitar 15-30 menit.
      Sebaiknya minta bantuan orang lain untuk memudahkan. rileks aja.

      semoga lancar :)

  14. sudah makan sayur, buah n mimi air putih juga kok masih susah aja yah? kl obat2 pencahar itu buat saya efeknya siy bisa ngeluarin bab. tapi akibatnya besoknya malah gak bisa bab lagi :(
    duuh pusing niiih….
    dah cobain juga dengan sugesti nongkrong di wc yg lama. gak mempan juga, malah kaki jadi kram.
    sit up n olga2 yg lain juga, tetep aja susaaaaaahh.. T_T

    • Hanna,

      itu namanya gejala konstipasi.
      dengan berpuasa maka kita akan lebih mudah kehilangan air dalam tubuh…. sehingga untuk proses metabolisme sedikit terganggu sehingga bisa saja saat proses defekasi (baca: pup) maka jadi agak keras karena air ditarik lebih banyak. Jadi waktu pup keras dan sakit.

      Untuk itu saat sahur dan berbuka minumlah dalam jumlah yang cukup untuk menyeimbangkan air dalam tubuh. jangan lupa serat dan buah ya… tks

  15. Pingback: Sering BAB Berdarah Tanda Bahaya « Tukang Obat Bersahaja

  16. allow teman2…saya pertama x mengalami demam dan kepala saya pusing2..ketika demam saya hilang dan sakit kepalapun agak berkurang.
    saya malah mengalami susah BAB”..malah saya BAB.. dgn mengeluarkan air saja dan tdk berbau..ini dikarenakan saya mengkomsumsi minum air yg banyak karena saya pikir sangat memudahkan untuk BAB..
    gejala ini sdh saya alami 2 hari…terasa sekali buat saya,karena selama ini saya setiap hari normal”BAB..setiap bangun tidur..
    ”teman2 ku sekalian..apabila teman2 mempunyai gejala yg sama seperti aku..saya minta solusi pada teman2ku sekalian,obat apa aza yg bagus dikomsumsi ..krna pd saat ini saya mengkonsumsi”lodia dan obat grafazol 500 untuk membersikan bakteri2 di pencernaan..
    sebelum dan sesudahnya kami ucapkan banyak2 trimaksih.
    hormat saya

    -ridwan- dr kota jogjakarta

    ===============================

    Dear Ridwan,

    Saya menyarankan agar segera periksa ke dokter. Saya tidak tahu siapa yang menyarankan mengkonsumsi obat tersebut karena menurut saya obat yang dikonsumsi kurang tepat.

    Tadi Ridwan menyebutkan kalo susah BAB, Kondisi ini dapat diobati dengan mengkonsumsi obat pencahar… namun yang kamu konsumsi sekarang adalah Lodia (obat diare; Loperamide HCl).
    Minum air memang baik namun jika berlebihan tentu saja tidak disarankan.

    Kedua, untuk pengobatan BAB sepertinya antibiotik yang digunakan tidak tepat. Grafazol mengandung Metronidazole yang digunakan untuk…”
    1. Trikomoniasis, seperti vaginitis dan uretritis yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis.
    2. Amebiasis, seperti amebiasis intestinal dan amebiasis hepatic yang disebabkan oleh E. histolytica.
    3. Sebagai obat pilihan untuk giardiasis.
    Sumber disini.

    Ga ada yang untuk BAB, mungkin saja untuk amebiasis intestinal tapi rasanya tidak ke arah itu. Menurut saya tidak perlu penggunaan antibiotik dalam pengobatan BAB. Tidak semua penyakit perlu dihajar dengan antibiotik.

    Lalu apa langkah selanjutnya?

    Jangan pernah mengobati penyakit sendiri jika tidak tahu obat yang tepat. Berkonsultasilah terlebih dahulu dan segera pergi ke dokter. Saya merekomendasikan mengkonsumsi enzim pencernaan untuk memulihkan sistem pencernaan (enzyplex,Cotazym) dan obat dari dokter.

    Terimakasih
    Rina Susanti

    • saya susah BAB sudah 1 minggu lebih, kadang saya paksakan BAB pagi-pagi tapi slalu tidak bisa. bukan hanya itu perut saya juga kembung, sebagai perempuan saya malu perut kembung.
      tolong dong beri saya solusi

  17. Aq pernah pake Dulcolax..ampun deh g lagee!!..Mulesnya g ketahan,,Ampe keringat dingin,,Mang sih setelah itu jd lega,,Tapi kyknya aq bakalan pikir2 dl deh minum tu obat..Bagi tmn2 yg g kuat, jangan deh!,,Tmn aq blang,,dy ampe pernah pingsan krn konsumsi tu obat..Mending pake yg alami aj,,pepaya atau daun ubi singkong misalnya.

  18. sudah 10 hari ini saya gag bisa BAB..
    padahal saya pengen BAB ,tapi gag bisa keluar..
    saya sudah konsumsi buah pepaya dan minum air putih ,, tapi ttep gag bsa..
    bagaimana menurut anda??

    please , replay my message..!

  19. Dear Restu,

    Kamu mengalami gejala konstipasi. Kalo sudah sepuluh hari tidak BAB sebaiknya menggunakan microlax. Beli di apotek. Caranya obat ini dimasukan lewat dubur. Tunggu reaksinya sekitar 30 menit. Semoga cepat lancar. Terimakasih.

  20. akhir – akhir ini saya susah BAB..
    awal mulanya saya mencret2,, tapi 10 hari kemudian gag bsa BAB , akhirnya saya minum dulcolax dehh..
    tapi stelah minum dulcolax, seminggu kemudian gag bsa BAB lagi…

    masa’ setiap mau BAB saya harus minum dulcolax sih ??
    padahal saya sering makan sayur n buah.. tapi ttep gag bsa,, ada apa ya???

    please replay my message…
    thankkzz..

  21. Dear Restu,

    Diare dan konstipasi adalah dua hal yang bertolak belakang.
    Ketika diare obat yang diberikan adalah obat yang mampu menyerap cairan didlm tubuh sehingga pupnya kembali normal.

    Sementara konstipasi bekerja sebagai pencahar, memberikan lebih byk cairan agar pup ga keras sehingga pupnya kembali normal.

    Nah, yang kamu alami adalah kebingungan sistem metabolisme tubuh, dimana tubuh mengira masih perlu menarik cairan.
    Saran saya cukup gunakan pencahar/dulcolax 1-2hari saja dgn dosis yg tdk berlebihan 2 X sehari.
    Kalo sudah pup normal obat jangan diminum lagi

  22. Sudah 1 minggu anak saya berumur 5 tahun sulit untuk BAB, diberi makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makan setiap hari normal dan banyak. namun tidak bisa buang air besar. awalnya perutnya biasa saja, namunn kurang lebih 1 minggu perutnya mulai kembung. dipaksa untuk BAB rasa sakit. apa ya obatnya ?

  23. sy sdh sangat tergantung pd ducolax…. klo sy g mnun ducolax maka sy g bisa pup.
    tolong berikan sy solusi yg tepat dan langkah2 apa yg harus saya lakukan agar saya bs lancar BAB kembali….

    trims b4 n please reply my massage…… Bye

  24. Dear Diva,

    Sepertinya tidak baik mengkonsumsi dulcolax setiap hari, apa lg smp tergantung. Sebaiknya harus dihentikan.

    Bagaimana?
    Kalo sudah tergantung tdk bs dihentikan langsung tapi bertahap.
    Coba dulcolax 2 hari sekali. Selama satu bulan masa peralihan ini kondisikan sistem pencernaan dgn hati-hati dan pilih makanan yang kaya serat, buah dan jangan makan daging. Coba sebulan dulu. Setelah tubuh terbiasa lakukan setiap 3 kali sehari, sampai seminggu sekali sampai akhirnya bisa dgn sendirinya bisa buang air besar tanpa obat pencahar. Tks

  25. saya juga susah mengalami BAB kadang 2 kalo udah 3 hari gak BAB pasti minum vegeta herbal.Mempan sech tapi kalo udah gak minum itu lagi kambuh lagi gak bisa BAB.mAng MICROLAX ampuh ya???
    Mang makanan berserat apa aja sech???aku memang jarang mkn sayur n buah yang rutin

    ================================

    Minum veageta harus dibarengi dengan minum air 8 gelas.
    Microlax memang ampuh namun Microlax jangan dikonsumsi setiap hari sebagai pencahar. Gunakan seperlunya saja.

    Makanan berserat yaitu yang mengandung selulose. Kalo kamu susah makan sayur dan buat coba rajin mengkonsumsi Havermut seperti Oaker Oat setiap hari.
    Oat kaya akan serat yang baik pencernaan.

  26. emang ciri2 ambeien itu seoerti apa???
    aku takut nech soalnya kayak ada sesuatu di dubur takutnya kenapa2???
    tolong donksolusinya????

    ===========================

    Ambeien bukan susah buang air besar tetapi susah buang air besar menupakan gejala awal Ambeien.
    Ciri umum dengan adanya benjolan didubur dan rasa sakit saat duduk lama juga pup berdarah. Namun dibebarapa kasus, benjolan tersebut terletak didalam sehingga tidak kelihatan.

    Sebaiknya jika kamu mengalami gejala seperti diatas coba cek ke dokter untuk memastikan. Terimakasih.

  27. kalau umur anak masih 7 bulan apa dulcolax aman dok?

    ============================

    Menurut saya lebih baik pake Microlax.
    Untuk bayi dibawah satu tahun dosisnya 1/3 tube. Lihat leaflet/ brosur untuk cara pemakaian. Terimakasih.

  28. anak saya sekarang umur 15 bln sejak sebulan susah BAB n sudah pake microlac ttp aja 3 hr sekali br bisa BAB n keras. Anak saya memang mau makan tp porsinya sedikit sekali n sdh minum multivitamin jg (Biolysin). Akhirnya Susunya saya campur dl hny Dancow skrng + Batita dgn perimbangan 1:1 n minum Curcuma Plus alhamdulillah BAB lancar n napsu makan meningkat walaupun porsinya sedikit tp sering. Semoga pengalaman saya bisa membantu yg lain.

    =================

    terimakasih untuk pengalamannya :D

  29. Aku pernah mengalami BAB yang keras hingga anus berdarah netes namun setelah itu aku minum obat ambeian dan stlh bbrp hari aku sama sekali tak ad rasa mules padhal perut trasa penuh dan akhirnya aku coba nongkrong di WC dan akhirnya BAB juga namun harus kembali dipaksan dan berdarah lagi..aneh padahal perut banyak sampah tapi kenapa gak ad rasa mules dan harus dikeluarkan scara paksa?…ada solusi?

    ==============================
    Dear Surya,

    Sebaiknya jangan mengejan dengan paksa, itu justru akan membuat dubur jadi ekstra bekerja dan malah berakibat buruk dengan infeksi dan berdarah.
    Mungkin saja rasa untuk ingin pup itu belum datang setelah semingu. Coba dengan mengkonsumsi buah dan serat.
    Minum obat pencahar juga boleh tetapi hanya disaat bermasalah saja da jangan jadi kebiasaan.
    Semoga pupnya lancar kembali :D

  30. maf nech napa ya, sya susah bnget BAB?????
    n obatx apa, sya uda minum Vegeta, Ademsari, Lasegar tpi msh ja susah BAB.

  31. Dear,

    Mohon bantuannya, aku punya masalah susah BAB sejak aku sekolah SMA umur 17thn skrg aku berumur 21thn Setiap seminggu sekali aku minum Dulcolax supaya bisa lamcar buang air besar, disaat Dulcolax mulai bekerja dan sakit perut datang, bukankah seharusnya kotoran itu menjadi lebih lunak dan lancar, tetapi yg aku alami tidak hanya sakit perutnya saja yg terasa, pup masih keras..setelah pup keras keluar darah ikut mengalir baru kotoran yg cair dan lunak keluar. kenapa seperti itu ya pdahal aku selalu lemcoba mencukupi kebutuhan sayur dan buah aku. tolong solusinya.

    Terima Kasih

  32. saya 1 BUlan Nggak BAB……..Mbak Obatnya Apaan Donk..??

    ================

    Dear Imel,

    Sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Saya kurang yakin obat pencahar biasa dapat membantu.
    Jangan takut untuk berobat.
    perhatikan apa yang kamu makan dan cukuplah beristirahat. terimakasih

  33. anak sya umur 3,7 bln sdh 2 bln t’akhir ini ssh bab. 1 mgg cm sekali bahkan bab nya prnh ada darah keluar. pdhl anak sy sdh SANGAT BANYAK makan buah2an,mnm air putih,mkn sayur,tp ttp jg ssh utk bab. kl dia mau bab kita nunggunya bs smp 4-5 jam itupan kadang gk keluar. apakh tdk bab di tptnya jg bs menyebabkan veses gk mau kelur krn anak sy smp skrg gk mau bab di kmr mandi.

    ==========================
    Dear Apri,

    Jika anak mengalami susah BAB maka harus segera berobat ke dokter. Dokter pasti tahu cara mengatasiny adan memberikan coba yang tepat.
    Biasakan jangan pernah menunda untuk BAB atau pips. kalo mau pipis atau pup harus bilang sama orang tua.

    mungkin saja pemberian enzyme perncernaan dapat membantu namun konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Terimakasih.

    Regards
    Rina Susanti, Apt

  34. mbak sy ni susah bab sejak pk klorvia daun jarak mino yang dimasukanke lubang anus .bab sy jd teratur tiap hari ,cr pkny daun jarak digulung trus di masukan ke lubang anus tangkainy di biarkan keluar biar mudah di tarik wkt gnti khasiatny slain itu jg bs di gunakan utuk mngatasi selulit,ngurangi nyeri haid,klo tmn tmn pngn cb hub sms k 089836762XX,

    ===================================

    Menurut opini saya, tanaman jarak pagar atau dalam bahasa latinnya Jatropa cuscas memang memiliki kandungan oil yang tinggi sehinga sejak Zaman jepang, jarak pagar sudah digunakan sebagai pelumas persenjataan bahkan sekarang sudah jadi bahan dasar biodisel.

    Kembali kekandungan oil yang sangat tinggi, tentu saja jarak pagar bisa jadi pelumas dalam beberapa bidang.
    Saya membayangkan daun jarak pagar diremas-remas akan keluar minyaknya. Minyak tersebut dapat dioleskan kelubang dubur yang kurang elastis. Wah, tetapi kok terasa aneh ya “pelumas dubur” saya baru tahu :D

    Kalo saya sih, pake yang pasti-pasti aja kalo mau alternatif lain ya silahkan, resiko tanggung sendiri :D

    • Salam kenal,,,, mbak saya mau menanyakan bagaimana cara mengatasi selulit dengan daun jarak?????
      Mohon informasinya. Thakns

      =============================

      Saya ingin memberitahu sebuah rahasia besar, semoga tidak shock ya
      ready…..

      Selulit tidak bisa dihilangkan dengan cara apapun.
      maaf saya harus jujur… so jika ada yang bilang obat A bisa menghilangkan itu tidak benar.
      Obat herbal juga tidak bisa.

      diawal seolah-olah memang akan “hilang” tapi sebenarnya hanya disamarkan atau sembunyi.
      setelah terapi dan pengobatan selesai maka selulitnya kan muncul lagi.

      Daun jarak hanya digunaka sebagai pelumas saja biar seolah-olah hilang.
      so, terima saja… i know it hard buat diterima.

      Saya rasa pasangan kita tidak keberatan jika ada selulit dipaha dan pantat hehehe.
      Dia menerima semua kekurangan kita :D

  35. sy lia 22thn-bojonegoro.sejak pake klorvia [daun jarak mino yg di masukan ke anus] sy jd lancar bab tiap hari.ud sy buktikn slama 1,5 thun .selain tu jg brkhasiat tuk mngurangi lemak/selulit,mmbntuk tbuh jd ideal,dll, cr pkeny ambil stangkai daun jarak yg msh muda,daunjarak tsb di gulung trs di olesi minyak stlah itu angkat anus k atas/nungging.tkan anus dg jari smbil diolesi minyak stlh trbuka masukan gulungan daun tsb & tangkainya di biarkan kluar biar mdh di tarik wkt gnti,arahkan tangkai ke belakang wktu pk clna dlm. gntinya 2x shari.aman & nyaman di bw aktivitas shari-hari.bagi tmen-tmen yg pngen cb pk aj.trims y

  36. ass,,,
    mbak saat ini saya bener2 susah bab,,,
    uda 1minggu ini sy bnr2 tidak bisa bab…
    padahal sy uda berobat 2x,minum air putih,dan makan sayur2+pepayajg sudah dilakukan,,,
    tapi hasinya nihil,,,,
    jadi,apa yg harus sy lakukan lg,,,,trims
    wasalam…

  37. daer
    perut terasa nyeri . badan meriang bab yang keluar darah encer penyembuhan nya gimana bak, atas bantuan nya tq

  38. mksih bnyk y mbk lia sejak cb pk klorvia daun jarak bab q jd lancar,tiap hr q pk 2 lmbar daun jarak,hasilny memuaskan

    ==========================

    oh iya, tetapi kok IP addressnya Reni sama Lia kok hampir sama.

  39. assalamu’alaikum…

    mbak, ibu saya sering merasakan sakit perut, katanya sih rasanya sebah, keras dan kembung. dulu juga pernah sampai dirawat drumah sakit gara-gara sakit perut.
    beliau sering susah BAB,,,,

    kira2 obatnya apa ya???

    oh ya, beliau juga sudah minum obat dulcolac maupun laxing, memang bisa membantu tp tetap tidak lancar, perutnya hanya terasa mules tapi gak bisa BAB dengan tuntas.

    mohon sarannya

    terimakasih

    wassalamu’alaikum

    ==================================

    Dear Erfin,

    menurut saya sebaiknya Ibu rajin mengkonsumsi enzym pencernaan. Memang seiring bertambahnya usia, proses pencernaan cenderung melambat dan untuk itu tubuh perlu asupan ezyme yang membantu proses pencernaan.

    Beli aja diapotek seperti Vitazyme, Kotazyme, Enzyplex, atau merek lain yang ada enzim pencernaan. Dikonsumsi rutin sehari sekali.
    Semoga BABnya lancar kembali.

  40. di mana saya bisa dapat kan obat tersebut.Tks

    ============================
    Nando, kamu bisa membelinya diApotek terdekat.
    Mintalah konsultasi dengan Apoteker di Apotek mana yang tebaik :D

  41. saya sekarang sedang hamil 2 bulan,.. sudah 4 hari ini saya tidak bisa BAB,awalnya saya minum susu unmam BAB saya lancar tapi setelah saya ganti nutrima jadi susah BAB. saya sudah makan buah pepaya tapi hasilnya juga sama,.. obat apa yang baik di gunakan untuk ibu hamil muda ? apakah susah BAB juga bisa di sebabkan oleh susu hamil?

    ===========================================

    Selamat untuk kehamilannya yang sudah 2 bulan, ibu Mardiana :D :D
    Untuk susah buang air besar saya meilhat tidak ada hubungannya dengan susu yang, coba sekarang berhenti dulu seminggu apakah ada perbedaannya atau tidak.
    mungkin tidak cocok dengan susu tersebut, bila perlu ganti merek susunya dengan susu XXXX (maaf saya ga sebut merek, nanti dikira jualan susu ibu hamil).
    Kalo sekrang sedang susah BAB coba dengan Microlax, obat ini hanya bekerja setempat, jadi cukup aman dan cara mengunakannya dimasukan dalam dubur/ lewat anus. setalah setengah jam kemudian bisa segera BAB. Beli di apotek terdekat dan tanya aturan pakai.

    terimakasih

  42. Tanaman jarak mino (Jatropha curcas) merupakan tanaman herbal yang banyak di jumpai tumbuh di kebun / di pingir-pingir jalan tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang berasal dari kawasan tropika dan subtropika di mana ia tumbuh meluas di kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika dan di Asia sendiri. Sebenarnya, tumbuhan ini selalu dijadikan pagar rumah di kampung-kampung bersesuaian dengan namanya.Jarak pagar ini pohonnya rendah yaitu 4-5 meter tinggi dengan ranting yang mengandungi banyak cairan getah. Daunnya lebar kira-kira 15 cm berbentuk hati. Manakala bunganya kecil berwarna kuning kehijauan dan tumbuh berkelompok. Menyentuh perihal buahnya, ia berbentuk bujur telur, licin dan akan bertukar warna hijau ke kuning serta apabila kering menjadi warna hitam. Apabila buahnya telah matang atau masak, ia akan merekah dan mengeluarkan biji berwarna hitam.dan daunnya sendiri banyak mengandung khasiat jika dipakai klorvia yang bisa untuk mencegah ambeien .ambeien sendiri adalah. Penyakit disebabkan Terlalu banyak duduk yang mengakibatkan Penekanan kembali aliran darah vena, Sembelit/susah buang air besar,Diare menahun,dll.pada wanita karier yang kerjanya kebanyakan duduk terlalu lama rentan terhadap penyakit ambeien ,sebelum terjadi sebaiknya dilakukan pencegahan dengan pakai klorvia daun jarak karena pencegahan jalan lebih baik daripada mengobati.cara pakainya cukup 4 hari dalam 1 bulan setelah siklus menstruasi,untuk sakit perut / kembumg pakai 2 lembar klorvia daun jarak
    Pada umumnya rata-rata wanita pakai klorvia daun jarak setelah siklus menstruasi lebih baik lagi di pakai tiap hari.sebagian wanita-wanita sekarang awam kurang tahu akan khasiat klorvia daun jarak jika dilihat dari sekilas tanaman jarak itu merupakan tanaman pagar yang biasa tapi di balik itu akan berkhasiat dan berguna bila di pakai klorvia .
    Wanita/gadis di pedalaman Kalimantan tanaman ini digunakan suku dayak untuk memikat /menarik lawan jenisnya (laki-laki) selain itu juga untuk meningkatkan sensasi gairah seksual ketika hubungan intim,mengencangkan payudara.kebanyakan para wanita tersebut pakai kornia 3 hari dalam 1 bulan setelah menstruasi dan hanya memasukan daun jarak yang digulung jadi satu dengan daun sirih tapi tangkainya dilepas karena itu merupakan tradisi antar wanita
    Di daerah Thailand klorvia sudah di anggap tradisi gadis ketika menjelang pra nikah agar dapat meningkatkan hormon seksual saat malam pertama/hubungan intim.dan mencegah terjadinya keputihan .cara pakai klorvia daun jarak ketika gadis sudah berumur/ menjelang nikah pada jarak waktu pakai 6 bulan sebelum nikah wanita tersebut memakai klorvia daun jarak 4 hari dalam 1 bulan / bisa juga 2 hari dalam 2 minggu setelah terjadinya siklus menstruasi ,bagi wanita setelah melahirkan klorvia ini bisa menyembuhkan luka bekas melahirkan dan menjadikan tubuh langsing ideal tidak melar ,alangkah baiknya jika di dalam gulungan daun tersebut di bubuhi dengan daun sirih agar bias menghilangkan aroma tak sedap dari dalam.bahkan setalah nikah klorvia masih di pakai .
    Apakah di lingkungan perkarangan sekitar anda terdapat tanaman jarak mino ? jika ada anda cobalah pakai klorvia daun jarak .jika belum cari dan tamanlah karena tamanan ini mudah tumbuh.klorvia ini aman dan nyaman di bawa kemanapun anda beraktifitas asal cara pakai sesuai langkah-langkah yang tepat dan pemasangan yang pas

    =============================================

    terimakasih untuk informasinya :D

  43. hlo,,,q mau tny knp y klw BAB susah and kotoran y tuch berwarna hitam,, blz y0w

    ==================================

    Hal itu disebabkan karena adanya gangguan dalam proses pencernaan.
    Mungkin saja karena makanan yang merasngsang (pedas, panas, asam, berlemak, kurang serat), banyak pikiran, menderita sakit tertentu.
    Sebaiknya Ardy berobat saja ke dokter supaya lekas sembuh dan mau merubah pola hidup dan pola makan menjadi sehat. Terimakasih

  44. assalamu’alaikum
    saya 2 -3 hari ini tidak bisa BAB, karena daerah dubur akan terasa sakit dan nyeri apabila ingin BAB,
    bagaimana yach solusinya ?
    wasalamualaikum

    ==================================

    Mulai hari ini sampai dua minggu ke depan sebaiknya menjalani proses detoksifikasi. Menunya
    makan pagi (roti + yogurt+ telur)
    makan siang (setengah dari porsi biasa) hindari gorengan, berlemak, pedas, asam, daging
    makan malam (seperempat dari porsi biasa)

    Dengan ini mesin tubuh bekerja dengan lebih “kalem”. Nanti perncernaanmu akan kembali normal. Jika sudah kuat, jangan berhenti tetapi lanjutkan terus. Jangan lupa serat, air dan buah yang cukup.

    Kalo untuk sekarang kamu bisa menggunakan obat pencahar tetapi kali ini saja, dikonsumsi hanya 2-3 hari saja. Setelah itu tidak boleh dikonsumsi lagi. Ingat, pencahar hanya bersifat sementara untuk mengobati dan tidak boleh diminum setiap hari nanti ketergantungan. Beli diapotek Dulcolax, diminum 2 x sehari.
    Jangan lupa untuk detok ya, thanks

  45. hallo sis, salam salam…
    sy ad troubel ni, tp masih berkisar BAB kok…
    sejak kecil dalam setahun saya bisa menggunakan obat pencahar yang bentuknya peluru sampai 10 buah.
    lalu menjelang remaja saya selalu mengkonsumsi obat tidur sampai 3thn lamanya karena insomnia dan juga pernah mengkonsumsi antibiotik 2thn lamanya.
    dan menjelang dewasa, saya mendapati bahwa saya sulit BAB. meski uda jadi vegetarian dan fruitarian dan mkn daging jg sekali kali ditambah dengan mnm air putih ampe 1 galon/ 2hr, tp masalah BAB tetap jadi troubel.
    Kt WHO, BAB normalnya minimal 3 kali seminggu, namun saya hanya bisa 2 kali seminggu.
    apa karena makan saya sedikit y (1/2 porsi)??? tp saya mknnya sering kok, ampe 5kali sehari. hanya saja lok kebanyakn ampe 1 porsi dlm sekali mkn, saya mual dan BAB jd keras…
    pernah coba dulkolax tp lebih sering mual waktu telan pilnya dan paginya… demi tuhan… mules, sakit dan kadang malah jadi diare. waktu coba mixrolax, uda berjam-jam nda kepengen BAB jg…
    masa saya harus terapi colon… tapi saya kn nda ad penyakit apapun kecuali pengalaman DBD.
    ap yang harus saya lakukan sis??? help help…

  46. Susah BAB…? Jangan bingung Gunakan bahan alami
    Daun Jati Belanda/Cina.
    Manfaatnya : Memperlancar BAB(membersihkan pemukaan usus(faces), Peluntur lemak,
    Turunkan Kolesterol, Diabetes, Cegah usus buntuh,
    Kanker usus, memperlancar peredaraan darah, cegah
    Impotensi serta membuat tubuh lebih segar.
    Bagi rekan-rekan yang berminat dapat menghubungi
    Saya di Email : y_juve@yahoo.co.id
    Harga Rp.10.000/Bungkus 50 Gram.
    Minimal Order 5 Bks+Ongkos kirim
    Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

  47. mbak sy sudah 4 hari sembelit..
    Fesesnya keras dan besar sekali keluarnya pun susah sampe darah mengucur dg derasnya.
    Sy sudah makan sayur n buah n air putih.
    Tp tetap keras besar dan berdarah.
    Menurut mbak sy sbaiknya konsumsi obat apa?
    Yang bisa melunakan feses dan pelicin merk nya apa ya mbak..
    Tlg bls scpatnya.
    Trims.

    —————————

    Coba aja pake Microlax. Caranya dimasukkan kedalam anus/dubur. Tunggu 30menit setelah itu BAB lebih lunak.
    Semoga cepet sembuh.

  48. mbak sy lg mengkonsumsi obat namanya PARLODEL, selama mengkonsumsi sy jd susah BAB. yang biasanya tiap pagi rutin ini malah sampe berhari2 gak BAB. apa efeknya memang seperti itu ya mbak? trus gimana supaya bisa lancar lg BAB sy mbak..takut tambah melar nanti kalo jarang BAB. thx yaa mbak…

    ==============================================

    Terimakasih pertanyaannya mbak Nia. Memangnya sakit apa sampai minum Parlodel?

    Saya jelasin ya :D
    Parlodel mengandng bahan aktif Bromocriptine mesilate tablet 2.5mg. Memang karakter Bromocriptine ini memiliki adverse reaction (efek samping) yaitu: Headache, drawsiness, dizzimess, nasal cngestion, nausea, conastipation, vomiting. Mbak Nia mengalaminya yaitu constipation (BAB keras).

    Memang reaksi itu akan terjadi dan akan berhenti sendiri jika obat dihentikan. Untuk membuat BAB lebih lancar sebaiknya selama mengkonsumsi obat ini perhatikan asupan makanan. Kurangi daging dan karbohidrat berlebih. tambah asupan buah pepaya, pisang, serat tumbuhan. Penuhi kecukupan air yang bersih.

    Saya tidak menyarankan penggunaan obat pencahar karena hanya bersifat sementara dan bisa ketergantungan. Coba aja mengkonsumsi yogurt teratur dan bila perlu mengkonsumsi Enzyplex 1 X sehari selama minum obat diatas. Terimakasih

  49. oh gitu yaa pantesan efeknya terasa bgt. sy lg terapi utk hamil mbak, salah satunya diberi PARLODEL oleh dr.obgyn ybs. kasusnya sel telur saya kecil2 jd susah untuk ovulasi sehingga harus terus mengkonsumsi obat yg bisa mempengaruhi perkembangan sel telur saya.(hehee, jd curhat) Btw, thx bgt atas infonya mbak Rina… ^_^

    ========================================

    Sama-sama :D
    Semoga cepat sembuh dan tahun depan sudah ada adek bayi. Amin

  50. hi…. saya mimi
    adik saya sejak berumur 5 tahun susah sekali buang air besar. tiap mau buang air besar harus di tusuk pakai microlax lewat dubur nya… ahamdulillah kotoran kluar dan perut nya kempes, tapi terus berulang seperti itu hingga ketergantungan pemakaian microlax setiap kali mau BAB.sekarang umurnya sudah 10 tahun, masih tetap dalam hal yang sama, dan microlax sudah tidak mempan lagi, mesti pakau dulcolac. setiap kali mau di masukan obat ke dubur nya dia selalu nangis katanya sakit… adik saya dah 3 x masuk rumah sakit dan dinyatakan ada syaraf yang tidak berfungsi memompa keluarnya pup tersebut sehingga harus di oprasi.
    ada saran lain gak yah yang bisa membantu tanpa oprasi hingga ia bisa BAB dengan sendirinya?
    mohon bantuan nya… pliiisss

    =================================

    Dear Mimi,

    Sampaikan salam saya untuk adik tercinta.
    Sebenarnya apa yang terjadi sekarang adalah dampak dari pemakaian obat pencahar selama bertahun-tahun.
    Saya sering sekali menyampaikan bahwa jika tidak bisa pup/ susah BAB boleh saja mengkonsumsi obat pencahar (microlax, Dulcolax, dll) tetapi itu sifatnya hanya sementara. Jangan dipakai setiap hari apalagi sampai bertahun-tahun (dalam hal ini sudah sudah 5 tahun).

    Ketika kita pup ada banyak otot dan syaraf bekerja, pertama memberitahu kalo saya kebelet pup (misalnya kentut atau mules), pesan itu diterima otak bahwa “saya mau pup, tolong dong dibuka jalannya”. Setelah itu otak akan memrintahkan usus besar untuk melakukan gerak peristaltik dengan mendorongnya keluar, setelah sampai didubur, maka dubur akan melakukan gerak gelastis dengan membesarkan diameter dubur sesuai dengan yang kotoran yang akan lewat. Akhirnya kamu bisa pup.

    Jika menggunakan obat pencahar, otak tidak bekerja memerintahakan sesuai dengan prosedur diatas, seperti jalan dijalan tol tempat yang lapang, dalam 20-30menit setelah pemberian obat pencahar langsung bisa pup bahkan pupnya jadi tidak keras, encer dan keluar begitu saja. Akibatnya usus besar dan anus/dubur tidak pernah bekerja secara maksimal dan cenderung malas bekerja. jika terjadi bertahun-tahun pasti akan terjadi penurunan fungsi.

    Untuk mengatasi hal itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis gastoenterologi anak. Operasi adalah pilihan terakhir untuk dilaksanakan.
    Menurut saya tubuh itu seperti mesin, kalo dilatih pasti bisa bekerja dengan baik. Di gas bisa jalanataupn direm bisa berhenti. Coba dengan terapi makanan halus. Semua makanan mulai hari ini harus digiling terlebih dahulu sperti bubur. Lakukan ini selama 2 bulan.

    Konsumsi makanan agar-agar dan makanan kaya serat sertai mengkonsumsi air putih lebih banyak. Semoga berhasil. Jangan lupa ke dokter dan terapis ya. Terimakasih.

  51. terima kasih atas info nya…
    sebenarnya tidak setiap hari pakai obat pencahar, 1 minggu 1 x saat dia tidak bab dah 1 minggu. jadi ketergantungan gitu… setiap 1 minggu di tusuk…. jadi kasihan lihat nya ampe 3 kali masuk rumah sakit.
    memang adik saya di saran kan dokter bedah umum rumah sakit untuk ke dokter bedah anak, tapi karena di batam tidak ada, kami kesulitan pergi karena tidak ada yang sempat mengatar dia…

    makanya kami sekeluarga bingung dengan penyakit seperti ini. kasihan adik saya….. :(

    sekarang memang di lagi terapi setiap hari makan bubur nasi, lauk ikan dan harus pakai sayur, dan gak lupa makan pepaya… ya alloh, semoga dengan ini adik saya bisa normal untuk BAB…

    jika ada yang kasus nya sama dengan adik saya, dan sudah ada jalan keluar nya, mohon share pengalaman donk… tq all

  52. permisi mbak saya mau tanya..
    klo Daun jati cina bisa buat obat bab juga?? trus klo mau beli dimana yah,di apotik ada ga kira2??
    thx

    ================================================

    Setahu saya tidak ada Apotek yang menjual daun jati belanda.
    Coba ke Apotek untuk obat yang lebih sesuai, nanti pasti akan diberikan informasi. Terimakasih

  53. hallo mbak.. salam kenal
    dan mohon bantuan sharingan ilmunya donk..

    Saya punya istri yang habis melahirkan anak pertama, dan melahirkanya secara normal, tetapi terdapat robek dan dijahit 3 jahitan. Nah selama 1 minggu istri saya tersebut slalu ditahan untuk BABnya, setalh jahitannyanya tidak sakit lagi, istri saya tersebut ingin BAB, tetapi sulit sekali, kemarin sebelum tidur sudah minum obat lanxing (kalau g salah tulisannya ), dan dibawa BAB paginya blm dapat keluar juga, dan pagi itu juga minum dulcolax 4 tablet, kurang lebih 30 menit , istri saya terasa teramat sangat kesakitan/mules.
    Yang saya tanyakan apakah aman menggunakan dulcolax?
    Apakah itu termasuk efek dari dulcolaxnya ?
    dan jika tidak aman selain obat tersebut diatas apa ya mbak?
    Nb: karena istri saya tidak kuat sakitnya, kami larikan kerumah sakit.
    Trims ya mbak sebelumnya

    ===========================================

    Selamat ya untuk kelahiran anak pertamanya, semoga sehat dan menjadi anak yang membanggakan.

    Kenapa minum obat Dulcolaxnya 4 tablet? dosisnya sangat berlebih untuk sekali minum. Gunakan sesuai aturan pakai.
    Kalo mules terus sebaiknya ke rumah sakit saja untuk bisa ditangani dengan baik, jangan sampai jahitannya lepas.
    Tetap semangat ya!. Terimakasih

  54. Mbak……Salam Kenal

    Permisi mbak mau tanya akhir-akhir ini sulit sekali BAB dah kedokter dikasih obat “constipen lactulose ” tapi tetap tidak bisa BAB jadi minum vegeta dech. Bisa BAB tp agak keras mbak.
    Mohon saran mbak karena kondisi lagi hamil…..

    ===========================================

    Selamat ya untuk kehamilannya.

    Memang ibu hamil sering mengalami gejala konstipasi ( susah BAB). Sebenarnya tidak perlu minum Vegeta, Lactulose, dll karena biar bagaimanapun akan tetap susah BAB.
    Hal itu terjadi karena berat badan bayi menekan bagian abdomen kebawah sehingga tertekan sehingga sulit BAB dan sering pipis. Hal ini wajar.

    Perhatikan pola makan saja ya, jangan yang berlebihan dan semua dimakan. Pilihlah menu sehat dan kaya serat dan tetap bergizi. Terimakasih

  55. Selamat malam mbak….

    Istri saya mengalami Konstipasi, sudah agak lama juga, lebih dari dua minggu.
    Jangankan untuk BAB, mau buang angin saja dia kesakitan sampai meringis-ringis……ditamnbah punya gangguan Magh akibatnya semakin menderitalah dia akibat sering perut kembung.

    Kemarin dari Dokter, diberi Microlax dan Laxatab……..
    Yang mau saya tanyakan:
    1. Boleh/Benarkah dengan minum minyak kelapa bisa membantu melancarkan, karena dulu orangtua bilang kalau ada yg susah BAB, disuruh banyak minum Minyak Kelapa…..
    2. Berapa lama batas boleh menggunakan Obat-Obat diatas (Microlax & Laxatab) kalau masalah susah BAB masih berlanjut…… Apakah boleh terus menerus (selama susah BAB) kedua obat itu dipakai…
    3. Apa yang harus kami lakukan kalau ternyata dengan dua obat tsb. belum sembuh juga???

    Terima kasih……,
    Kami tunggu jawabannya…..

  56. Hampir seminggu ini saya susah BAB. Awalnya sih sehari sekali BAB, tapi belakangan jadi dua hari sekali BABnya.
    Susah banget keluarnya…. walau akhirnya keluar juga… namun beberpa jam kemudian, anus saya terasa sakit, perih dan snut-snut gitu…. hiks mengganggu banget.
    Yang jadi pertanyaan:
    – apakah konstipasi tersebut akibat puasa (kurang minum) ? padahal pas sahur dan buka saya selalu mengutamakan makanan berkuah dan sayuran,,,
    – atau konstipasi tsb gara-gara obat yang aku minum selama ini? (saya lagi konsumsi omeprazole gara2 asam lambung tinggi)
    – kalo minum obat2an yang disebutkan di atas, apakah tidak akan bermasalah, mengingat saya sedang konsumsi obat dari dokter?

    terina kasih

  57. asssalamualaikum.. saya ingin berbagi pengalaman jg.. saat ini sy sedang hamil pertama 4bln.. udh hampir sebulan ini sy susah bngt BAB.. awalnya pake microlax tp cuma 2 kali bereaksi.. itupun tdk tuntas.. pada pemakaian selanjutnya microlaxnya sdh tdk bs berfungsi lg.. yg ada malah anus sy bengkak dan capek kesemutan nongkrong.. karna perut makin terasa gak enk suami sy menanyakan kedokter kandungan kami dan disarankan menggunakan dulcolax dgn dimasukkan kedubur.. setelah memasukkanya.. perut sy mules.. gak keruan.. ampe nangis ngeden di toilet.. ad yg keluar c.. tp itu jg gak tuntas.. ampe gemeteran dan keringetan.. pantat dan anus terasa sakit bngt… akhirnya sy pasrah dan mencoba makan buah pepaya dan buah lainnya.. meski bs BAB tp gak pernah tuntas.. kotoran berwarna hitam.. perut gak enak baru 4 bln hamil tp udh buncit bngt.. muntah2nya yg lancar.. tersiksa bnget rasanya.. dulu sebelum hamil kalo sulit BAB malam sy minum vegeta herbal dan paginya lancar jaya.. tapi dalam keadaan hamil gini.. sy terus menahandiri ut tdk minum vegeta herbal.. apakah aman jamu tersebut buat wanita hamil..?? rasanya menyiksa bnget.. please.. ada yg punya info..??

  58. mba umpa saya susah buang air besar lebih kurang seminggu sekali. apa obat nya mba ?

    =============================================

    Periksa ke dokter saja, jangan diobati sendiri nanti malah ketergantungan dengan obat pencahar.
    Terimakasih

  59. saya sekarang sudah pake klorvia dr daun jarak yg di masukan ke lubang anus tiap hari. ternyata hasilnx bgus untuk tbuh saya keuntunganya bisa melancarkan bab tiap hari,membentuk payudara ideal,mengntrol pola mkan,mjdkn tbh indh ideal,menambah rangsangan wktu brhubungan intim,dpt mrelaxkn pkran,dpt mghilngkn selulit,dll cra pakenx mdah ckup ambil stngkai daun jarak mino yg di gulung trus di olesi minyak dan di masukan ke anus.untk tngkainx biarkn agr mdh d gnti tiap hr .biarkn klorvianx di dlm slma 9-12 jm trus gnti dgn yg br .slain it di dlm gulngan daun bs di tmbhi dgn daun sirih agar bs mghilngkan bau bdan.tips ini saya dpt dr tman2 aman dan nyaman dlm aktifitas .slmat mncba..

  60. bg tman2 yng sdh hmil kn biasanx sush bab jd ckup pake klorvia dr daun jarak tiap hr aman bg kndungan .jka tman2 pake klorvia wktu hub intim bs mempercepat pnguaran sel tlur slain it jg bs mncpai klimaks..tips in di bs pake gadis mulai dr umr 10 thn.aman dan nyaman

  61. obat2 tersebut di atas ada yg aman untuk orang hamil ????

    ====================================================

    Sebaiknya sih tidak digunakan untuk ibu hamil kecuali atas rekomendasi dokter.
    Jangan sembarangan minum obat untuk ibu hamil.

  62. Wah .. Saya skrg lg ngerasain tuch yg namanya susah BAB.. SSuakkiiittttt asli gak enak banget !

    =====================================

    Segera berobat dan konsultasikan ke dokter ya, biar ga sakit terus-terusan.
    Harus patuh sama asehat dokter dan perbaiki pola makan. Cukup istirahat. Terimakasih

  63. Sy ika 24 thn ingn bgi2 tips khusus anda kaum wanita agr tubuh awet muda,mlncrkn bab tiap hr ,mlncrkn haid,mghlngkn jrwat,kptihn,mmbntk tbuh indh ideal,mnambh daya vitalitas,mghlngkn bau bdan dgn pk klorvia daun jarak crnx ckup ambl stngkai daun jarak yg muda trus di tmpuk dgn daun sirih stlh it daunx di lipt dr tpi kiri k tngah sbliknx dr tpi knan k tngah trus d gulng.Stlh it gulngn daun d olesi minxk/heandbdy.Stlh t angkt pntat k ats trz msukn gulngn daun tsb k dlm anus dgn cr d tkn dkt.Stlh t biarkn daunx d dlm anus slma 9-12 jm.Br gnti yg br.Pkenx tiap hr.Aman n nyaman bwt aktivits.Bhkan wnita hamil bs pk. Bnxk dr tmen2 wnita yg pk tips in.Slamat mencoba ..

  64. Sy ika 24 thn ingn bgi2 tips alami dr alam tanpa bhn kimia.khusus anda kaum wanita agr tubuh awet muda,mlncrkn bab tiap hr ,mlncrkn haid,mghlngkn jrwat,kptihn,mmbntk tbuh indh ideal,menghlngkn selulit,mnambh daya vitalitas,mghlngkn bau bdan dgn pk klorvia daun jarak crnx ckup ambl stngkai daun jarak yg muda trus di tmpuk dgn daun sirih stlh it daunx di lipt dr tpi kiri k tngah sbliknx dr tpi knan k tngah trus d gulng.Stlh it gulngn daun d olesi minxk/heandbdy.Stlh t angkt pntat k ats trz msukn gulngn daun tsb k dlm anus dgn cr d tkn dkt.Stlh t biarkn daunx d dlm anus slma 9-12 jm.Br gnti yg br.Pkenx tiap hr.Aman n nyaman bwt aktivits.Bhkan wnita hamil bs pk.Di anjurkn pk tips ini gadis mulai umur 8 thn ke atas. Bnxk dr tmen2 wnita yg pk tips in.Slamat mencoba …

  65. paling enak dan sehat, makan makanan kaya serat, cukupi buah dan sayur mayor dan minum air bening yang banyak, juga diselingi makan puding, agar-agar, karena agar-agar jg kaya serat…

  66. Saya mengalam sulit bab sudah lebih dr 30 tahun (sejak tahun 1982), awalnya sesudah oprasi hidung dan makan obat tiap hari 5-6 macam selama hampir 2 bln. Kemudian suatu hari (masih makan obat) saya bab disertai keluarnya darah tapi hanya 4 kali bab, dan muncul benjolan kecil (daging tumbuh) sebesar biji kacang tanah di lubang dubur bagian belakang (yang dekat dg tulang ekor).

    Lama kelamaan dari benjolan kecil mengeluarkan cairan (semacam minyak) yang baunya busuk sekali, tapi perut tidak terasa sakit. Saya pernah berobat ke dokter diberir t suntikan dan obat antibiotik, efeknya benjolan kempes/lembek dan bab lancar.
    Tapi jika obat habis maka bab susah lagi. Makan buah, sayur, dan makanan berserat serta minum air putih tiap hari bahkan berbagai suplemen/jamu dan obat pencahar sudah saya coba, tetapi tetap saja susah bab.

    Dulu (hingga th. 1999) berat badan saya 55-56 kg, semakin tahun berat badan saya saat ini sudah 80 kg, tinggi 179 Cm. Karena semakin sulit bab saya saat ini mengkonsumsi Maximus setiap hari. Memang tiap hari bisa bab cair, tapi tetap saja tidak bisa tuntas dan perut tetap buncit. Mohon bantuan Bapak/Ibu yang mungkin punya solusi tolong berbagi. Saya ucapkan terima kasih. Kangdibyo.

  67. Kabar gembira khasiat tipz herbal klorvia
    bagi mb / bunda…yg mw mlangsingkan bdan
    tnpa diet, mmbntuk tbuh
    indh ideal,mlncrkn BAB tiap hari,mlancrkan
    haid yg tk tratur,menjaga,mrapatkn &
    menghilngkan
    bau
    miss v,mghilngkan jerawt,kputihn,bau
    bdan,mngobati sembelit,kembung,menambah
    kcntikn wjah agr trliht cntik
    brseri,mnyuburkn & mguatkn
    kndungn,mnambh vitalitas hub
    intim,mghilngkan
    selulit,mghambt pnuaan dini,shinga kliatn
    awet muda,menjaga keindahn
    tbuh,mengencangkn kulit,menjaga
    ksehatan,dll .Lw mb /bunda mw
    a ajri crnx pk tipz herbal klorvia
    gratis…bktikan aj
    gratis tis…

  68. Salam kenal mbak..
    saya mau share pengalaman saya.
    Sekarang umur saya 22 tahun. saya mengalami susah BAB dari SMP. saat itu ketika BAB saya selalu sakit, perih di dubur. Akhirnya saya mencoba minum larutan garam inggris, tapi karena tidak tahan terlalu pahit, saya coba ganti minum Dulcolax. selain Dulcolax, saya juga pernah rutin konsumsi vegeta, yakult, teh daun jati cina, custodiol, dll. 2 tahun yang lalu saya berkonsultasi ke dokter spesialis bedah, dokter bilang mukosa usus saya tidak berfungsi dengan baik lagi karena sudah terlalu lama ketergantungan dengan obat-obatan pencahar, berdasarkan hasil rontgen ukuran usus saya sudah tidak normal, dokter menyarankan saya untuk operasi. saya tidak setuju operasi seperti itu, akhirnya saya sampai sekarang (kurang lebih 10 tahun-dari SMP) masih tetap mengkonsumsi obat pencahar. sekarang pun sudah mulai tidak bereaksi dengan obat-obat seperti dulcolax itu. saya sudah coba ikuti saran dari dokter dan teman-teman, saya rutin olahraga dan rutin konsumsi sayuran dan buah-buahan tapi tidak ada hasilnya. Saya bingung harus bagaimana lagi..

  69. anda ingn mlangsingkan bdan
    tnpa diet, mmbntuk tbuh
    indh ideal,mlncrkn BAB tiap hari,mlancrkan
    haid yg tk tratur,menjaga,mrapatkn &
    menghilngkan
    bau
    miss v,mghilngkan jerawt,kputihn,bau
    bdan,mngobati sembelit,kembung,menambah
    kcntikn wjah agr trliht cntik
    brseri,mnyuburkn & mguatkn
    kndungn,mnambh vitalitas hub
    intim,mghilngkan
    selulit,mghambt pnuaan dini,shinga kliatn
    awet muda,menjaga keindahn
    tbuh,mengencangkn kulit,menjaga
    ksehatan,dll .Lw mb /bunda mw
    a ajri crnx pk tipz herbal klorvia
    gratis…bktikan aj
    gratis tis…Cukup siapkn daun jarak ma daun
    sirih j..tr a ajri cr pkenx .u msuk j di akun fb indah ratnasari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s