Belajar Mengobati Sakit Maag

Banyak orang yang menderita sakit maag dan sudah beli obat warung tapi kok ga sembuh-sembuh. kenapa ya? mau tahu jawabanya…… ga ada salahnya kalo saya sedikit berbagi rahasia bagaimana mengurangi derita sakit maag *bisa langsung jadi pak mantri hehehe*

kalo ada yang tanya apa sih yang menyebabkan sakit maag?
ini jawabannya: Infeksi bacteri Helicobacter pylory, Hipersekresi asam lambung, Pola makan yang salah, Stress berlebih, Genetik, Efek samping obat, seperti obat NSAID dan kortikosteroid. Jadi sekarang tahu kan kalo habis diputusin pacar terus sakit maag tahu kenapa atau sudah tahu kan ada bakteri Heli guk-guk.

Bagaimana sembuhin sakit maag saya? tolong dong, please, help me…
ini jawabannya: pertama tentukan dulu sumber rasa sakitnya. segera tanyakan dimana letak sakitnya, kalo dia dapat menunjuk dengan telunjuk tempat yang sakit berati kena duodenal ulcer, sementara kalo sakitnya semua perut rasanya sakit itu berarti kenal gastric ulcer.

kalo gitu sekarang kasih tahu dong obatnya?
ini jawabannya: obat gangguan saluran pencernaan terbagi menjadi beberapa bagian, saya jelasin dua yang umum aja hehehe *gaya pak matri mode on*.
Minum aja golongan Antasida.
obat ini gunanya biar asam labung langsung turun dalam sekejap. kalo misalnya perut kita mules dan seperti di iris-iris, coba deh minum obat golongan antasid ini. kerjanya cepet menetralkan asam lambung sehingga normal kembali. nih saya kasih tahu resepnya:
R/ Aluminium Hidroksida
Magnesium hidoksida
Simetikon

saya beli dimana?
beli adadi warung obat, semua obat yang saya sebutkan isinya sama cuma berbeda kandungan miligramnya. bisa milih ada yang bentuk tablet atau sirup. obatnya Mylanta® ,Promag®, Polysilane®, Sanmag®, Magasida®, Magtasid®. *maaf bukan ngiklan obat maag, di buku saya ada 44 merek*

Obat maag golongan antasida ini sangat banyak di warung dan toko obat, karena obat ini adalah obat bebas jadi siapa saja dapat membelinya tanpa resep dokter. sekedar kasih tahu kalo penderita gangguan saluran pencernaan seperti maag ini omsetnya luar biasa hehhehe. mungkin karena orang indonesia banyak makan pedas, stress, dll.

Umumnya penderita maag dapat diobati dengan Golongan Antasida, karena bekerja cepat untuk menetralkan asam lambung. Makanya jika pH lambung terlalu asam akan dinetrlisir dengan antasid.

note: Selain Golongan Antasid ada golongan penghambat sekresi asam lambung. Untuk lebih jelasnya ada dipostingan selanjutnya ya…

About these ads

30 thoughts on “Belajar Mengobati Sakit Maag

  1. ah penyakit my honey nih, saya tidak, dan mudahn2an tidak akan :)
    penyakit gara-gara bandel dengan aturan makan ya..
    makanya kalo pas laper ya makan, biar dikit juga,
    begitu kah ? :)

  2. Hi Rina….

    Kok nggak ada rekomendasi obat tradisionalnya? Nggak diajarin pake obat warisan leluhur ya waktu kuliah dulu?

    Kalo sakit maag, saya sih minum perasan kunyit saja. Ini kalo penyebabnya adalah asam lambung yang berlebihan. Setelah minum ramuan kunyit dan madu, sembuh tuh…

    Eh, ada nggak ya blogger dengan nickname “TukangObatTradisionalBersahaja”?

  3. @ Jalansutera.com
    menarik sekali pertanyaannya. nanti saya bikin juga tukangobatkuatperkasa hehehhe

    sebenarnya juga di ajarin di kuliah *saya sampai mabok ngapalin nama latinnya*
    Jadi inget tulisan terdahulu tentang jamu:

    “Bentuk jamu tidak memerlukan pembuktian ilmiah sampai dengan klinis, tetapi cukup dengan bukti empiris. Jamu yang telah digunakan secara turun-menurun selama berpuluh -puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun, telah membuktikan keamanan dan manfaat secara langsung untuk tujuan kesehatan tertentu”.

    tapi kalo saya sakit mendingin milih obat hehehe *dasar anak jaman sekarang ga bisa minum jamu*

  4. iya tuh mba…
    saya juga sering minum ramuan kunyit madu juga…,
    tapi memang, pada kasus saya, cara ini kurang efektif…

    saya juga biasanya minum salah satu obat dimaksud…

    btw maag saya udah jauh berkurang…, salah satu caranya adalah dengan berdisiplin :)

  5. @ gbaiquni
    hehhehe kita sama dong.
    mau ngasih tahu apa sih yang kita minum itu.

    simetikon atau dimetil polisiloksan berbahan dasar silicone. obat ini disebut juga antifoam. ga usah takut, jadi obat ini dapat menghilangkan gas-gas berlebihan di dalam lambung.

    *kini ku tahu*

    emang kudu disiplin, hormat grakkkkkkk

  6. *ngangguk2 kepala…
    gitu ya… makasih infonya :D

    tapi betewe maagh itu rasanya kaya apa sih? soalnya aku gak yakin aku pernah kena maagh…

    kalo perut sakit, tidur aja :mrgreen:

  7. hmm.. kalo pola makan udah kacau balau, ngga jarang saya juga kena maag.. :(
    di antara yg disebutin, saya cocok Mylanta, sis.. :)
    tapi kalo makan teratur, jadi jarang kambuh siy..

    *ditunggu postingan selanjutnya…* ;)

  8. aku nda pernah minum obat maa9 mba’
    jdi ketika kambuh daku biarkan sajah,nda membiasakan diri d9 obat2an warun9,tp klu da klen9er ya ke dokter ehhe,..

    berusaha menja9a makanan ajah trus n9emil tiap hare hehe..

  9. ..bakteri Heli guk guk guk…? wah, saya tersinggung berat nih hehehe *waktu sd sampe smp sering dipanggil Heli guk guk guk* ..hm, jadi mikir apa gara-gara itu, gw sakit maag ?

  10. setahu saya sakit maag susah disembuhkan dan ga bisa disembuhkan seketika, harus sabar dengan cara mengubah pola makan dengan makan secara teratur.

  11. Ass..,,,,,gmn sich cara’y menjaga kesantaian pikiran qt,,biar g’ gampang stress?????? cozz,,kata’y stress jg bsa membuat maag kambuh???thanxs before………………

  12. CARA MENGATASI SAKIT MAAG :
    1. HINDARI MAKAN DAN MINUMAN PEDAS, MASAM, PANAS, KOPI, MIE INSTAN,TEH, ALKOHOL, MAKANAN YG BERSIFAT KERAS, MAKANAN BERKOLESTEROL TINNGI.
    2. MAKAN NASI HANGAT 4-5x sehari semalam yaitu jam 7, 11, 15, 19, 22 dengan porsi yang lebih kecil. ( tiap kali makan nasi cukup setengah piring aja )
    3. SEHABIS MAKAN NASI JANGAN LUPA MINUM AIR PUTIH 1,5- 2 GELAS, ini akan bermanfaat untuk menetralkan dan mengeluarkan asam lambung yang berlebihan pada saat buang air kecil.
    4. Minum susu PADA SAAT SIANG HARI terutama yang berkadar lemak rendah misalnya ANLENE.
    5. Jangan banyak pikiran yang berakibat Stress.
    SEMOGA SAKIT MAAG ANDA SEGERA SEMBUH, AMIN :)

  13. Pertamanya gw muntah2 sakt perut karna salh makn, dah baikan trus kna sakt maag, perih banget, dah dikasi resep obat di apotik, obt nya abiz perih nya masih ada tpi ga skit x, dah seminggu lebh ne, klau minum promag ilang, tpi bisa muncul lg, kapan ya perut gw normal lg..? Bantu gw dunk. :(

  14. Maagq srg kumat,apalg kalo lg ujian. Tp,biasaY tak cuwekin j,ntar jg smbh sndr. Kecuali nek dh ganggu jam tdrq br tak bw ke dkter, cp mw ikt craq ngatasin maag? Dijamin tmbh parah,he…

  15. Mau mengobati maag, atau mengurangi gejala sakitnya saja? Kalau mengurangi gejalanya saja, ya antasida itu.
    Kunjungi http://www.kefirbandung.blogspot.com.
    Kalau di FB : Komunitas Kefir Indonesia.
    Ini bukan iklan obat, tapi iklan kesehatan. Kefirnya bisa bikin sendiri, sekali beli mother culture (kalau tidak punya uang, bisa minta), kemudian membuat sendiri, sembuh tuntas!!!

  16. Selama 24 taun baru sekarang ini sakit maag,
    sakitnya kayak cucian di peras.
    Ada pantangannya ya???

    =========================

    pantang buat yang sakit maag, jauhi makanan pedas dan asam.
    seperti kuah pempek, bakso kebanyakan cuka, makanan pedes sudah pasti tahulah.

    banyak makan sayuran dan serat. Semoga cepet sembuh.

  17. Aku ngalamin sakit maag yg udah cukup lumayan parah….mual,pusing…sudah sering saya minum obat maag,,,ada yg lebih ampuh lg gk cara penyembuhan nya ??? Sangat menggangu sekali..karena sedikit-sedkit saya merasa lapar

    =============================================

    Sebelum saya menginformasikan jawaban pengobatannya, bagian yang sakit dimana? apakah disemua perut atau hanya disalah satu titik saja?
    Kedua setelah makan apakah masih sakit? atau lebih mendingan? Mohon infonya. Terimakasih

  18. saya udah ke dokter spesialis penyakit dalam tuk cek up lengkap dan kesimpulan dokter hanya asam lambung dan saya tdk mengeluhkan sakit pada bagian perut tdk mual dan tdk pusing di kepala. tetapi saya terus merasa sesak pada bagian ulu hati. badan terasa loyo bangat. dan ini yg paling menyiksa …kadang juga terasa panas tembus kepunggung. ini termasuk penyakit maag yg bagaimana yah..??? dan kalo minun obat promag atau poliseline tdk mempan malah tambah loyo .tolong penjelasannya. cocoknya obat apa..??..thx

    ===========================================================

    Tentu saja golongan antasida tidak akan mampu mengobati hal ini, sebaiknya minum obat golongan Proton Pump Inhibitor (Lanzoprazole 30 mg once daily for 4 weeks).
    Biar lengkap saya tulis dipostingan ya.

  19. mbak, mau tanya tentang PPI… saya sering baca ada omeprazole, pantozole, lansoprazole dsb.
    itu bedanya apa sih? bids diterangkan lebih lanjut… makasih

    =========================================

    Untuk keterangan lengkap bisa dibaca disini: http://en.wikipedia.org/wiki/Proton-pump_inhibitor

    PPInh banyak jenisnya. DImulai dari Dexlansoprazole • Esomeprazole • Lansoprazole • Omeprazole • Pantoprazole • Rabeprazole • Tenatoprazole. Semakin kebelakang semakin baru dan lebih diefektif. tetapi untuk pengobatan dimulai dari yang umum seperti Omeprazole, dst.

    Seperti nama-nama obat dibawah ini:
    Omeprazole (brand names: Losec, Prilosec, Zegerid, ocid, Lomac, Omepral, Omez)
    Lansoprazole (brand names: Prevacid, Zoton, Monolitum, Inhibitol, Levant, Lupizole)
    Dexlansoprazole (brand name: Kapidex, Dexilant)
    Esomeprazole (brand names: Nexium, Esotrex)
    Pantoprazole (brand names: Protonix, Somac, Pantoloc, Pantozol, Zurcal, Zentro, Pan, Controloc)
    Rabeprazole (brand names: Zechin, Rabecid,Nzole-D,(NEHAL PHARMA Pvt. Ltd.), AcipHex, Pariet, Rabeloc.

  20. Kalau aku sakitnya g spesifik, perut suka ngerasa ga enak, tp kalau disruh ditunjuk gatau dimana, suka panas juga dan serasa bergolak, mual, puyeng, dan yang pasti habis makan (1/2 jam – 2 jam) justru badan malah lemes.

    prnh aku dikasih lanzoprazole, tp badanku malah tambah lemas dan tak bertenaga..

    mohon info nya

  21. Apakah penyakit asam lambung bs menyebabkan bau mulut? Setiap kali aqu makan, selalu saja seperti makananny nyangkut d dada, bau mulut yg mengganggu, apa obatnya yg tepat buat aqu ? TQ

  22. Pingback: Belajar Mengobati Sakit Maag (bag II) « Tukang Obat Bersahaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s