Terlambat Menstruasi

masalah terlambat datang bulan sering dialamai wanita *ya iya dong, secara pria ga punya rahim geto loh*. Masa subur wanita umunya sekitar 21-35 hari, selanjutnya mengalami periode menstruasi antara 3-7 hari.

biasanya wanita menandai hari pertama menstruasinya namun saat bulan berikutnya jika tanggal tersebut molor lebih dari biasanya mereka bertanya-tanya : kenapa saya terlambat datang bulan? *kok jadi melodrama hehehe*

Jangan langsung berprasangka buruk, hanya utama yang mempengaruhi itu adalah faktor hormonal. contoh pribadinya saya aja. bulan lalu karena menghadapi seminar, pameran dan audit saya terlambat datang bulan. well, mungkin saya farmasis jadi tenang saja, buat sebagian orang, telat datang bulan bisa menimbulkan kecurigaan berlebih.

Sudah tahu kan kalo kami mahluk perasa dan pengaruh hormonal sering kali menyebabkan kami moody *mencari kambing hitam progestron*. let me tell you a secret boys…..

sebenarnya sebelum menstruasi beberapa wanita mengalami PMS Pre Menstrual Syndrome. beberapa wanita mengaalami perut seperti di iris-iris, nyeri seperti habis makan cabe sekilo atau seperti kejatuhan batu di perut *sepertinya hiperbola* . untuk cewek yang seperti ini kudu sabar dan perhatian *elus-elus*

tapi kebanyakan wanita ga sesakit seperti itu, sebelum menstruasi mereka cuma pengen marah-marah ama pasangannya atau belaga sok manja abis dengan menyalahkan hormon progesteron hehehe *dihajar para wanita*.

balik ke topik terlmbat menstruasi…..

Wanita yang memliki periode menstruasi tidak wajar, seperti dua minggu lebih harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi dengan dirinya. begitu juga wanita yang selalu mengalami nyeri hebat saat menstruasi harus memeriksakan dirinya dengan seksama. Perhatikan kesehatan reproduksimu…..

About these ads

167 thoughts on “Terlambat Menstruasi

    • hy slm kenal ya ,,,
      aq ko klo dtg bln suka ga teratur ya ???
      kadang 2 sampai 3 bln ga haid2,, knp ya //

      ======================================

      Kemungkinan pengaruh hormonal.
      Berobat dan konsultasikan ke dokter ya.
      Terimakasih

      • ente in wanita normal atau wanita jadi-jadian , kok telatnya smpe 2 – 3 bulan ??

        =============================

        Tentu saja wanita normal.

        Sayapun pernah terambat hampir 2 bulan. Hal itu karena pengaruh hormonal dan psikologis.
        So, jangan terlalu dilebih-lebihkan.

  1. ah saya terlambat datang bulan trus hamil.. jiakakakakaka :lol:

    eh, tapi saya kalo lagi capek banget dateng bulannya malah kecepetan bukannya mundur… hiks

  2. @ angelndutz
    selamat dapet pertamax plus *kesempatan langka*
    saya bukan orang jawa hehehe memang peluruhan dinding rahim kadang membuat uterus menggerutu hehehe.

    @ hedi
    inget bunda atau inget saya…. *ngarep*

    @Chic
    keluarlah baby Savio hehehehe.
    terkadang pengaruh hormonal malah mebuat mensatruasi jadi lebih cepata atau lebih lama dari waktu biasannya. santai aja :)

    @ syelviapoe3
    biologi memang andalan saya *wah kita sama ya…*

  3. @ RIndu
    khusus menjawab hal itu dalam buku Encyclopedia of naturalmedicine, Pre menstrual syndrome, hal 730-752.
    adabeberapaterapi pengobatan yang dapat dilakukan:

    saran saya coba konsumsi calcium dan magnesium secara teratur. lalu melakukan terapi “sugar intake”

    first of all, when high-sugar foods are eaten alone,blood sugar level rise quickly, producting a strain on blood sugar control. the evidance is based on the higher frequency of PMS syndrome among women who consume a high sugar diet, and teh fact that high sugar intake also associated with higher estrogen level.

    • ap obatnya qlo telat menstruasi ??

      ========================

      Sebaiknya ke dokter untuk mendapat pemeriksaan yang tepat.
      Terimakasih

  4. menstruasi itu salah satu kelebihan wanita yang diberikan Allah.. bisa libur sholat *hush!*

    kalau saya menstruasi kok gak nafsu makan sama sekali ya,,, kadang seharian gak makan sedikitpun benar2 ga kerasa lapar tuh..

  5. betul itu …..

    wah saya ndak ngerti urusan cewek neh ….

    tp keknya memang nggak cuma cewek aja yg hrus mjg kesehatan reproduksinya dech …

    cowok juga ….. :D

    da ulasan reproduksi co nggak !?!??!! :D :)

  6. @ afwan auliyar
    memang harus di jaga dan di rawat. onderdilnya hehehe

    @ Ulan
    sebaiknya mbak Ulan menunggu 6 bulan lagi untuk telat. agar hasilnya lebih baik. rencanakan dengan baik kesiapan mental dan lebih banyak senyum *senyum pepsodent 5 menit*

    @ natazya
    PMS emang baik ya, mau aja di jadikan kambing hitam hehe

    @ easy
    begitu. terimakasih Tuhan

  7. hehehh,, kalok aku stress sebulan malah gak dateng bulan..wadahh…
    ternyata ngaruh ya
    enak banget jadi cowok.
    coba cowok juga bisa dateng bulan! huh! *iri*

  8. mba,klu sebulan dapet 2 kali 9imana?misalnya neeh awal bln dapet,trus pas akhir bln ju9a dapet?normalkah?
    klu pas si”tamu” ituh dt9 daku biasanya jd pendie, abizz..nda jelas dech..

  9. @ Wi3nd
    coba mbak Win buat catatan khusus lalu beri tangal kapan tanggal hari pertama menstruasi. biasanya periode ini akan terus berulang. kadang kala bisa saja terjadi demikian. saya pun pernah mengalaminya tapi tidak selalu.
    dalam hal ini hal tersebut masih tergolong wajar. Tks

    @ wira
    kok kabur sihhhh *banyak darah….* halah.

    @ nana
    ya sama lah cowok cewek juga punya masalah stress hehehe

    @ artha
    kamu laki-laki toh, jadi yang kemaren di perempatan itu kamu ya….

    @ qizink
    saya bersyukur bisa mengalaminya :)
    @ zoel
    hebat ya mahluk yang pernah mendarat di bulan *laki-laki*
    neil amstrong, kalo cewek nely hehehe
    @ yusdi
    kamu juga buka usaha kecil-kecilan juga toh hehehe. *dijitak yusdi*

    @ fahrizalmochrin
    yang ini bulan merah… bulan pake payung :)

  10. Q telat datang bulan ni obatnya ap?
    siklus menstruasiQ 21 hari…
    pasti itu..
    tapi skarang???udah 26 hari Q ga menst…
    bantuin dunk
    thx

  11. @ lili
    Maaf saya baru sempat membalas.
    Jika siklus menstruasi mundur dari biasanya tidak perlu panik dan langsung mengkonsumsi obat.

    Tubuh wanita berpengaruh dengan hormon. Hormon ini dapat berfluktuasi tergantung kesehatan, kondisi tubuh, pikiran, lelah.

    Siklus menstruasi normal antara 21-35 hari. terimakasih

    @ Daud Malik
    berpengaruh terhadap hormonal tapi pengaruh psikis dan fisik tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan siklus menstruasi.
    seperti saya contoh nyatanya hehehe.
    Kalo kelelahan dan banyak pikiran, menstruasi kadang lebih cepat atau lebih lama periodenya.

  12. Mbak aku Mo tanya….?

    biasanya aku “dapet” Tgl 29,
    nah di bulan ini saya “dapet” Tgl 18,

    ko bisa lebih cepet ya?
    trus ada dampak negatif ga ?

    satu lagi.., ketika lagi “dapet” perut suka sakit banget, minta saran dan solusinya dong

    Thank B 4

  13. mbak,ak mo tny…?

    biasanya ak “dapet” tgl 6,
    bulan berikutnya selalu mundur 1 minggu sekitar tgl 13
    tetapi sekarang sampe tgl 19 ak belum jg “dapet”.

    kalau minum obat,obat apa ya yg cocok biar pada waktu “dapet” perut saya tidak terlalu sakit.

    thank’s

  14. hi mbak..
    saya baru telat 2 hari sih..
    belakangan ini emang banyak kerjaan yang menyita tenaga saya.
    apa lg saya minum teh pelangsing.
    apa teh pelangsing dan lelah bisa membuat telat datang bulan?
    sampai hari ke berapa saya telat akan menunjukan kehamilan?
    makasih.

  15. mo tanya mbak..aq biasanya datang bulan tanggal 16,,dua bulan berikutnya saya telat datang bulan menjadi tanggal 29,satu bulan berikutnya saya udah telat 3 hari sampai hari ini(tanggal 3).mengapa bisa begitu??

  16. mo tanya mbak..aq biasanya datang bulan tanggal 16,,dua bulan berikutnya saya telat datang bulan menjadi tanggal 29,satu bulan berikutnya saya udah telat 3 hari sampai hari ini(tanggal 3).mengapa bisa begitu??
    bales ke email ya??

  17. Mbak mau tanya,saya terlambat dateng bulan.bulan mei saya dateng bulan 2x yaitu tanggal 1&29,bulan juni saya enggak dateng bulan.trus sampai sekarang tanggal 8 juli saya belum dateng bulan juga.tapi sudah ada tanda2 mau menstruasi seperti pinggang belakang rasanya mau patah,perut mules2,emosi tinggi,badan pegel2 semua.kuakui pacaranku sudah sedikit kelewat batas.tapi sudah diupayakan agar tidak terjadi fertilisasi dengan cara dikeluarkan diluar.menurut mbak saya kenapa mbak?hamil atau terlambat dateng bulan biasa?soalnya kan tanda2 dateng bulan sudah ada.makasih atas jawabannya.

  18. halowwww
    saya sering terlambat bulan….pernah mpe 1bulanan…tp g hamil….tu knpa yeahh,,,,2 blan terakir ne saya g teratur…tp bulan ne dah telat …trus saya minum kirnati…bis itu keluar…..duht…..pa da masalah yahhhhhh

    • @ RizQi
      Jika sampai usia 16 tahun kamu belum menstruasi kamu tidak perlu khawatir. Kamu ga sendiri…. adik saya juga mengalami :) *pengalaman pribadi*

      Dari segi fisik tidak ada efek samping yang dilaporkan, mungkin dalam beberapa bulan kedepan kamu akan segera mengalami menstruasi.

      Biasanya periode umum menstruasi 9-17 tahun

      Umurmu masih dalam range untuk menstruasi awal. Nanti kalo sudah lebih dari usia 17 tahun dan belum menstruasi baru ke dokter untuk pemeriksaan hormon.

      semoga menjawab.
      silahkan menuju halaman “contact me” untuk pertanyaan/hal yang lebih pribadi”

  19. mbk aq tlt dtng blan,q biasanya datang bln tgl 25 tp smpai skrng aq msh blm datang bulan.Kenapa ya?
    aq tkt mbk,emang ce aq uda klwt bts bnget ma pcr q tp uda q usahain g smpai kluar ndk dlm.
    apakh aq hml mbk?please jwb……………….

  20. biasanya saya datng bln tgl.30 atau akhir bln?? Tapi sekarang kok udah menginjak tgl.2 kok lum datng bln kenapa ya?? Kira2 ada msalah apa nggak???

    • Dear Dee,

      kalo periode menstruasi biasanya 21-35 hari. Sepertiny kalo telat 2 bulan tidak wajar.

      Telat mens belum tentu hamil. Sebaiknya kedokter aja.
      bisa jadi kamu kecapekaan, fluktuasi hormon, stress, atau yang lainnya. Tks

  21. Sore mbak….
    Saya mau tanya, bulan kemaren saya haid mulai tanggal 26agustus. Trus sampe skrg blm haid lagi.saya sempat melakukan hub sama pacar saya (kelewatan) . Apakah saya hamil mbak? Solusi untuk biar haid apa ya mbak. Trims

    ———————–
    Dear Mbak Rini,

    apkah bisa hamil? tentu saja, pasangan yang telah melakukan hubungan memiliki resiko untuk terjadiny akehamilan.
    Solusi untuk tidak hamil? pake kondom tapi menurut saya solusi yang paling ampuh agar tidak hamil ya tidak melakukan hubungan intim. See :D

  22. saya gadis 21 taon.nanya saya uda 4 bulan gak datang haid..saya gk hamil..tp ahir bulan ini saya melakukan hub badan yang jadi petanyaan saya apakah saya bisa hamil padahal saya jarang datang bulan.?saya memang sering kcapeaan ato kurang hormonlhhhhh.tolong jawab ya dok..

    ==========================

    Dear chatynayla

    Perkenalkan saya Rina, Farmasis yang mengelola blog ini :)
    Terus terang saya jarang sekali menemui cewek yang periode menstruasinya sangat panjang. Saya tidak tahu apakah pada saat mbak chatynayla sedang dalam masa subur saat melakukan hubungan intercourse atau tidak. jika memang tidak sedang dalam masa subur… boleh sedikit bernafas lega.
    Sebaiknya coba test kehamilan yang akurat. pake test pack.

    Saya menyarankan agar chatynayla menolak untuk melakukan intercourse. Katakan TIDAK agar kamu bebas dari rasa bersalah dan khawatir terjadinya kehamilan. Kalau dia mengancam… putuskan saja.
    Semangat ya!

  23. Mba saya mau tnya. Knpa saya ko telat dtng bulan hmpir 2 minggu pdhal tnda2 dtng blang udah ada sperti prut skit2 gtu.

    ===============================

    Mungkin saja hal itu karena pengaruh hormonal. Menstruasi tidak harus ditandai dengan adanya PMS (kram, perut sakit, pegal-pegal).

  24. ada g obat yg bisa jadi kita pms karena lama dapetnya trus kira2 ada g yaa obatnya agar bisa dapet pms

    ================================

    Dear Ims,

    PMS itu artinya Premenstrual Syndrome. Suatu gejala yang spesifik pada wanita menjelang menstruasi. Biasanya ditandai dengan perut kram, badan lemah, letih, lesu, keringat dingin, moody (jadi sensitif), punya nafsu makan yang besar, kadang disertai timbulnya jerawat.
    Rasanya tidak ada yang mau kena sindrom PMS… bete deh.

    Mungkin maksud Ims adalah ada ga tanda-tandanya sebelum menstruasi?? karena kamu punya siklus menstrusi yang panjang… semoga begitu maksudnya :D

    Kalo itu sih jawabannya ada pada diri kamu sendiri, coba perhatikan siklus menjelang menstruasi… apakah ada gejala yang sama, misal lebih gampang capek?? setiap cewek itu beda-beda tanda menjelang menstrusi. Bisa aja jadi lebih pendiam atau tanpa gejala sama sekali.
    Selama peride siklus menstruasinya masih 21-35 hari itu tandanya masih wajar dan normal-normal aja. Terimakasih.

  25. ba saya mau nanya, kenapa ya pcr sya dtang blannya 2 x tgl 5 & 24 terus sekarang udah tgl 11 msh belum haid kenapa ya ba?

    ==========
    Dear Asper,

    Menurut saya itu masih dalam tahap wajar.
    Jika sampai tanggal 11 belum menstruasi mungkin saja menstruasi ini lebih lama untuk mengganti kekurangan menstruasi ynag kemarin :D
    terimakasih

  26. Aku ayu, aku punya masalah dengan haid ku nih, udh 2bulan aku tidak haid, aku udh ke dokter tp kt dokter gak apa2, cm dikasi resep trs tnggu 2minggu. tp sampe skrg aku blm haid jg, gmn tuh? aku jd bingung nih. ada yg punya solusi gak supaya haidnya normal… tolong banget dong solusinya! thanks…..

  27. halow,,
    saya mau tanya nie…sdaya uda telat datang bulan sampe 2bulan…apakah itu masih normal?siklus saya memang mundur sekitar 39hari. 2 minggu yang lalu saya sudah ke dokter dan di usg. tapi kata dokter, sudah mau meluruh.. tapi saya tunggu sampai sekarang ko ga haid juga ya? saya juga diberi obat sama dokter.. saya juga uda sering ngalami badan pegel2 & perut bagian bawah sering nyeri. kira2 kenapa ya? tolong donk solusinya..thx,,

    ============================

    Sebaiknya kamu menunggu sampai 10 hari kedepan. Jika masih belum mentruasi hubungi dokter.
    Dokter sudah memberi obat untuk mempercepat peluruhan dinding rahim. it’s oke.

    Semua biarlah berjalan sendirinya, tidak perlu terlalu khawatir.
    Mungkin memang sedang “terlambat datang buan yang kelwat lama”…

    Saya sendiri pernah sampai lebih dari 41 hari *geleng-geleng* samapi binggung kenapa. Ga tahunya emang ga kenapa-napa.
    Yang penting jangan kecapekan dan minum multivitamin.

  28. aku mau tanya…aku bulan ni telat datengnya…aturan tgl 20 dah keluar..tapi ni uda tgl 22 ko belum keluar juga…huhu…yang bikin saia parno karena sebulan yg lalu sy ml ma pcar saya..tapi dikeluarin dilluar spermanya…
    yg mau saya tanyain..kalo misal telat gini saya musti gmana??trus sebg indikator kehamilan tuh telatnya brapa hari?? bales ke imel sya ya…pliz2 butuh beudh..thx

    ===============================

    Dear Rara,

    Menurut saya baru terlambat dua hari belum tentu positif hamil…
    Jika sudah telah lebih dari 3 minggu baru bisa dipastikan. Coba saja dengan test pack sensitif.
    Biasanya kehamilan baru dapat diketahui dengan meningkatnya kadar HCG dalam darah diatas 25 mIU/mL

  29. Bu,aq uda telat 9 hari.aq blm cobain tes pack.oia aku pas ml nya waktu aku trakir2 mens,itu gmana bu?
    Bs hamil?

    =====================

    Kemungkinan hamil bisa saja terjadi.
    Namun untuk menentukan kepastiannya terlambat menstruasi 9 hari belum bisa jadi patokan. Silahkan ke dokter untuk memastikan. terimakasih

  30. bu saya mau tanya saya pernah mL dengan pacar saya pada pertengahan bulan Februari,dan setelah itu saya haid tanggal 24 Feb tapi kemarin tanggal 12 Maret saya haid lagi tapi cuma 1 hari.
    dan sampe skarang saya belum haid lagi, apakah ini normal.
    setelah tanggal 12 maret itu saya sudah pake test pack dan hasilnya negatif.
    apakah ada solusi agar haid saya kembali normal, atau adakah kemungkinan saya tidak dapat haid lagi.
    tolong jawab via email saya.

  31. Mb.bantuin ak.ak kq blm dtang blan 2bulan emang biasany aku dtang bulan 1bulan lebih,q jadi takut..tp ak nggak melakukan hub.seks tp qsendri jadi takut banget,

    tp q blm nyoba test sih,

    ===========================
    kalo memang ga pernah melakukan hubungan seks ga perlu takut. Kamu ga hamil kok.
    Mungkin lagi terlambattttt banget menstruasinya.

    don’t worry be healthy :D

  32. Usia qu 15 thun,,qu prtma dtang bulan paz tgl 14 februari 2010…truz bulan maret kmaren aqu lum dtang bulan lgi…smpe bulan ini pun qu lum dtang bulan…kira” qu trlmbat skitar 1 bulanan.,,,duh…gmna dunk solusi’y biar dtang bulan’y lancar…tlong djwb y.,!!!

    Tanks…

  33. Bwt mba listiy,tunggu ja smpe haid dtang,trus jngan bpkiran yg nggk2,soalnya faktor trlmbat haid bukn hanya hamil sja tpi kan da faktor kcpean…dll

  34. mbak umur Q 22 taon….
    siklus menstruasi Q bs diblg gteratur… kdang mndur pe 1 minggu, tp kdng jg bs maju 1 ato 2 hari, tapi g pernah lbh dari seminggu. bulan maret mren Q Mens tanggal 26, selesai awal bln april tgl 1 lo g 2. tp pe skrg kok belum Db lg Yach…
    Q takut mbak, lo da pa2…
    tgl 29&8 mei Q dh tes kehamilan n hasilnya negatif…
    Q takut mbak krn g pernah terlambat datang tamu bulanan pe lbh dari 10 hari. solusi yang baik pa ya mbak? kalu mialnya mau cek up ke dokter sebaiknya ke dokter pa ya? krn g prnh mbak jd g tau, trus info dr tmn2 jg minim….’
    mhon bantuannya…..’
    thank’s b4.
    balas na ke mail Z ya mbak low bs…

    ======================================

    Oke, sudah saya jawab lewat email. trimakasih.

  35. mau tanya, saya sudah telat 1 minggu. obatnya apa biar mens ?
    saya takut hamil neh… masalahnya anakku dah 2, ga mau lagi.
    ditunggu jawabannya. thanks yah

    ==========================

    Dear Alin,

    terlambat menstruasi bukan berarti positif hamil.
    Ada banyak faktor yang menentukan kenapa seorang wanita terlambat menstruasi. Bisa saja faktor fluktuasi hormonal esterogen, banyak pikiran, stress, tertekan/ psikis dan asupan makanan.

    Untuk lebih memastikan tunggu sampai kadar (human Chorionic Gonadotropin ) HCG hormon lebih dari 25 mIu/ mL. Ini adalah hormon spesifik kehamilan dan biasanya baru terdeteksi 3 minggu setelah terlambat menstruasi. dalam 2 minggu kedepan coba test kehamilan dengan test pack. terimakasih.

  36. mba ak mw tny ap sih perbedaan yg jelas dr pre mens syndrm (PMS) dgn tanda-tanda kehamilan..
    apa pembengkakan payudara pd pms sama dgn gejala hamil??
    klo payudara bengkak, kadng nyeri, terlihat bayang2 biru pembuluh vena apa itu memang tanda kehamilan?
    nafas jd pendek kdng terengah2 setelah melakukan aktivitas, kaki sering linu n kadang kesemutan.. sering pusing terutama saat ganti posisi (duduk-> berdiri,dll)
    merasa kegerahan di setiap suasana.. nafsu makan jg menggila.. n ga brasa kenyang.. apa ini jg merupakan tnda2 samping untuk gejala kehamilan?

    sulit bg sy untuk memastikan hal ini krna saat dtg bulan brikutny blm tiba…

    mohon bantuannya ya mbak…

    bskah bertny dgn mbak scr privat??
    thx b4…. ^^

    reply to my e-mail plse…

    ===================================

    dear Mimie

    Silahkan lihat jawabannya diemail. terimakasih

  37. mbak saya mau tanya saya setelah operasi usus buntu mens saya gak lancar kadang2 dua bulan kadang2 3 bulan tapi itu juga gak tentu tapi setiap bulanna tanda-tanda mensna tu ada kadang2 setiap bulan pas tanggal mens saya pasti jerawatan, saya gak tau udah tak konsul kedokter katanya sich kegemukan tapi kandungan saya normal sampai saat ini saya bertanya2 kenapa ya saya begini emangnya saya harus kemana lagi bertanya? klu gak saya minum obat dari dokter pasti gak mau mens,,,,, kenapa ya saya bingung saya mau nikah saya takut tar gak punya anak gmna ya???? saya tunggu jawabannya???????????
    mkasi…………………………………

    =================================
    Dear Ririn,

    Menurut saya usus buntu tidak berkorelasi kuat dengan menstruasi tidak lancar.
    Coba kamu test ke lab seperti Prodia atau sejenis untuk mengetahui kadar hormon esterogen, progesteron, testosteron.
    Mungkin saja ada ketidak seimbangan hormon. Tolong di check!!!!

    Lalu minta konsulatasi dengan dokter hasil test laboroatorium. Jika satu tidak seimbang atau bahkan terlalu rendah nilainya memang masalah seperti jerawatan, kegemukan, moody, stress, mudah capek, tersinggung dapat terjadi.
    Tanya apa obat yang kamu minum dan beritahu langkah terbaik untuk menghadapi masalah ketidakseimbangan hormon ini.

    Soal anak sebaiknya tidak perlu diikhawatirkan. Jika Tuhan berkedendak maka segalnya mungkin terjadi tetapi tidak lupa berdoa, berusaha, minum obat dan berobat ke dokter teratur. ingat ya berobat teratur. teimakasih.

    Salam
    Rina Susanti,Apt

  38. mba saya bys.a mens tgl 20 ,,tapi saya uda 3minggu telatt ,,
    sblm tgl 20 saya mlakukan hb bdan sama pacar saya ,,kira2 itu knp ia ???

    ======================================

    Dear Niisa,

    Coba beli alat test kehamilan dan sekarang dicoba, positif/negatif.
    Jika hasilnya negatif namun belum menstruasi juga coba tungggu lima hari lagi dan uji dengan test pack.

    Umumnya Kandungan baru bisa diketahui setelah terlambat menstruasi diatas 3 minggu. tunggu 5 hari lagi.
    jika masih negatif juga berati kamu tidak hamil dan mungkin memang lagi stress dan hormon kamu sedang fluktuatif.

    wish you all the best :D

  39. mbak, mo nanya,
    saya udah hampir 3 bulan ga Menstruasi

    Apa yang terjadi pada saya ya Mbak..,

    Saya ngak mungkin hamil karena saya belum pernah berhubungan seksual,
    apakah saya menderita kelainan? ? ??

    mohon di jawab ya Mbak, terima kasih

    ===========================

    Saya jawab lewat postingan ya :D
    terimakasih.

  40. Mbak mw nanya, , ,
    aq udah telat hampir 7 hari, padahal sblumnya siklus menstruasiku normal yaitu 15 hari. . .

    sperma yg melekat d jari truz jarinya d bersihin pakai tisu kering, apakah aman mbak?
    Soalnya aku pernah kyk gtu ama pcarku, truz jarinya d masukin. . .
    Apakah aku hamil mbak? Aku belum test. . .

  41. Mbak mw nanya, , ,
    aq udah telat hampir 7 hari, padahal sblumnya siklus menstruasiku normal yaitu 30 hari aq terakhir dapet tanggal 15 april. . .

    sperma yg melekat d jari truz jarinya d bersihin pakai tisu kering, apakah aman mbak?
    Soalnya aku pernah kyk gtu ama pcarku, truz jarinya d masukin. . .
    Apakah aku hamil mbak? Aku belum test. . .

  42. RALAT

    ===========================================Mbak mw nanya, , ,
    aq udah telat hampir 7 hari, padahal sblumnya siklus menstruasiku normal yaitu 30 hari aq terakhir dapet tanggal 15 mei. . .

    sperma yg melekat d jari truz jarinya d bersihin pakai tisu kering, apakah aman mbak?
    Soalnya aku pernah kyk gtu ama pcarku, truz jarinya d masukin. . .
    kami ngelakuinnya tanggal 24 Mei….

    Apakah aku hamil mbak? Aku belum test. . .

  43. mau tanya ni…
    bulan kemarin aku dapet nya tanggal 9mei periode menstruasi kira2 5-7hari, tapi kok bulan ini aku belum dapet lg mbak..biasanya aku cuma telat 1-3hari saja..
    dan sekarang ini artinya sudah telat hampir 2minggu (terhitung dr tggl 9mei)..
    kenapa sampai sekarang aku belum dapet lg yaa mbak???
    solusinya dunk mbak…

    bales ke email ku ajah yaaa….
    tenkyuuu =)

  44. mb, mau tanya.temenq umur 22 tahun men kemarin tanggal 4 juni tapi sekarang udah tanggal 5 juli tapi belum men.hari ini dan 3hari yang lalu katane dia keluarin sesuatu agak kecoklat2an dan kadang keluar kadang tidak.kalo biasanya dia men pertama ditandai dengan keluarnya kecoklat2an itu stelah 3jm’an baru keluar darahnya.tanda kecoklat2an itu wajar g?terus kenapa sekarang kecoklat2an itu keluar dan kadang g dan kenapa g di ikuti dengan keluarnya darah men pdahal udah 3 hari?balas di emailq ya menunggu.terima kasih

    =======================================

    oke saya balas lewat email. terimakasih

  45. mba,apakah sperma yg menempel d tangan lalu d bersihkan dgn tisu aman dlm artian sudah tidak aktif untuk bisa mmbuahi..?!

    tolong d balas k email saya..
    thx..

    ==================================

    Menurut saya sperma mampu bertahan 2X24 jam namun jika sampai muncrat ketangan dan dibersihkan pake tissue dan langsung cuci tangan pake sabun dan air mengalir spermanya pasti KO.
    Lain halnya kalo hanya dilap pake tissue terus tangannya masih pegang-pegang vagina dan masuk kedalam… ya pasti bisa saja terjadi pembuahan. lagian sperma itu kecil, dilap pake tissuepun masih ada yang menempel.

    Tapi sih, setahu saya untuk sekali pembuahan memerlukan sekitar 20 juta sperma aktif… so kayanya kemungkinan untuk pembuahannya hanya setangahnya 50:50. terimakasih.

  46. mo tanya mba.. pacar saya sdh sebulan belum datang bulan.. terakhir datang bulan ntu pada awal juni namun ntu pun tidak berlangsung lama, dia hanya 3 hari.
    sebelum bulan juni pun datang bulannya terlambat namun hanya telat beberapa hari, tidak lebih dari sebulan.
    itu kenapa terjadi yawh? padahal saya tidak melakukan macam2.
    terima kasih.

    ==============================
    Dear dks,

    Saya percaya kok kamu ga nyapa-nyapain :D
    Wel, seringkali hal ini terjadi masalah hormonal sehingga periode menstruasi bisa fluktuatif.
    Kurang istirahat, asupan makanan yang tidak seimbang bisa saja membuat menstruasi seperti itu.
    Tidak perlu khawatir dan tidak perlu minum obat. Tunggu saja beberpa hari lagi :D

    Salam
    Rina Susanti, Apt

  47. mbak mau tnya ya…kenapa aku setiap haid kok suka telat ya…?kadang telat 1 minggu bahkan 2 minggu…?solusinya apa terus minum obat apa ya biar lancar makasi…

    =============================

    Tidak perlu minum obat lancar datang bulan. saya pun juga mengalami fluktuasi dalam periode menstruasi.
    Kuncinya tetap sehat, jauhi stress, berpikir positif, istirahat cukup dan berolah raga. terimakasih

  48. mba aku mau tanya, perbedaan yg jelas antara PMS dengan gejala kehamilan apa sih? temenku kasian bgt dia nyesel bgt udah ml sm cowonya dan sekarang dia gelisah bgt. padahal katanya spermanya jg ga dkeluarin d dalem. mnurutku itu aman. tp dia tetep takut hamil krn salah satunya payudaranya terasa sakit bgt. gmana itu ya mba? Tolong bls d emailku ya mba.

    ===============================

    memang beberapa gejela PMS ada yang mirip dengan kehamilan tapi cuma satu yang membedakan. Apakah itu? saya kasih tahu lewat email.
    Menyesal selalu datang teakhir, mau sperma dikeluarin didalam, diluar, depan atau belakang resiko kehamilan tetap saja bisa terjadi.
    Teman Lia sebaiknya baca tulisan saya mengenai “Coitus Interuptus“.

    terimakasih.

  49. ass. mba saya mw tanya . saya bru nikah istri saya telat datang bulah udah 1 minggu padahal saat berhubungan saya pake kondom , pada saat itu saya terkena musibah dan sangat stres .tapi saya kurang tahu apakah istri saya stres apa tidak. bagaimana solusinya padahal saya kalau berhubungan selalu pakai kondom. mohon di balas , atau lewat email saya . oselijuse@gmail.com. tyerimakasih

    ==================================================

    sudah saya balas lewat email. Please check :D
    terimakasih.

  50. halo mbak,,,
    aku mau nanya nich,,,tolong ya,,
    aku dapet haid tgl 7 juli,,trus aku campur ma suamiku tgl 30 juli,,,(maklum aku ma suami jauhan jadi ketemu jarang,,pas ketemu,,langsung ngak mau berhenti deh,,hehehe)
    bulan agustus ini aku dah telat haid selama 2 minggu,,aku dah makan nanas,,tape ketan item,,untuk memperlancar haid
    tapi dapet haidnya tgl 23 agustus dan cm sedikit darah,,cuma sebercak aja…gimana donk mbak,,,aku bingung..soalnya aku ma suami blom mau punya anak,,(ada alasannya),,,tlng bantu dong mbak biar bisa haid,,soalnya gejalanya mau haid dah terasa tapi ngak haid2 juga,,,bingung..nich…
    tolong mbak di balas ke email aku ya…thanks before..kalo ada caranya biar haid bisa lancar..tlng ya mbak..aku ma suami dah setahun nikah…

    =========================================

    saya jawab by email. Tunggu ya!.
    terimakasih.

  51. mbak saya suak telat datang bulan umur saya 20 thn
    dr pertama saya mengalami menstruasi g pernah sama tglnya knp y??
    jd saya bingung
    tp bulan nie saya blm dpt jg uda d check tp saya tidak hamil
    mohon solusinya

    ====================

    Fani, sayapun demikian.
    Tidak pernah satu haripun yang sama, padahal saya pun berharap kalo biasa tanggalnya sama.

    Sekarang saya ngerti bahwa, produksi hormon setiap wanita berbeda-beda.
    pengaruh fisik (capek, lelah) maupun psikis (stress, marah, moody) dapat membuat siklus saya berbeda, hal itu adalah wajar.

    Artinya saat menjelang menstruasi saya harus mengurangi pekerjaan saya yang melelahkan dan tidak boleh banyak pikiran/ tekanan.
    Minum multivitamin (sangobion, dll) membuat saya mengerti bahwa setiap wanita berbeda dan tidak ada yang salah dengan organ reproduksi saya.

    Saya yakin kamupun demikian. jangan terlalu khawatir, take it easy aja.

  52. Mba, saya ibu dari 4 orang anak dengan 3 balita. Yang ke-4 baru 4 bulan. 1 bulan terakhir, suami pakai kondom. Biasanya saya haidh sekitar tanggal 25an. Kemarin, tanggal 30 saya suntik KB yang 3 bulan. Sampai sekarang tanggal 2, saya belum haidh juga. Padahal gejala haidh (PMS), sudah ada. Apakah yang terjadi?? Kami bingung dan takut kalo terjadi kehamilan. Kasihan anak-anak masih kecil. Mohon sarannya. Ditunggu by email ya. Trimakasih.

    =========================

    Oke akan saya jawab by email ya. thanks

  53. mba. aku cewe umur 19. uda telat 10 hari dari siklus normal yang 28 hari. jadi kan totalnya 38 hari. berarti ga masuk siklus normal. padahal saya ga pernah hub.badan terus bulan ini ga cape kok kuliahnya, beban mental juga ga ada deh keknya. napa ya???

    ===========================

    Kamu ga kenapa-napa kok.
    Ga usah panik ya.

    Biasanya terlalu lama/terlalu cepat menstruasi dipengaruhi: keadaan gangguan fisik (lemah letih lesu capek), gangguan psikis (emosi, moody, stress, tertekan, maslah), gangguan hormonal (hormon esterogen atau progesteron).

    Jika fisik dan psikis tidak terganggua berarti disebabkan masalah hormonal. Ini wajar banget.
    Nanti saya bikinin postingan khusus buat kamu ya…
    biar semua cewek ngerti dan ga bertanya-tanya lagi. makasih.

  54. tambahan mba, aku emang telat tapi keputihannya uda banyak dari tanggal yang mustinya aku dapet. jadi kenapa ya??? makasih.

    ==============================================

    Ini karena pengaruh hormonal aja kok.
    terimakasih

  55. Ba sya mo tanya,
    ce’ sya dapet tgal 4 juli, trus tgl 29 juli dpet lg. Skrg udah tgl 5 septmber ko blum dpet jg y..

    Tolong penjelasannya mba..
    Butuh bgd..

    ===============================

    Reza yang baik,
    Seringkali sayapun mengalami hal ini, kenapa sebulan samapai dua kali bahkan bulan berikutnya telatnya lamaaaaaaa banget.
    Anggap aja bayar utang 29 Juli untuk bulan agustus dan Reza akan menstruasi lagi dipertengahan September.

    Pengaruh hormonal (hormon esterogen/progesteron) dapat mempengaruhi periode menstruasi. biasanya antara 21-35 hari. Lebih cepat atau lama tidak masalah yang penting banyak istirahat dan bila perlu minum supplemen.
    Tidak perlu khawatir atau cemas berlebihan ya.

    terimakasih.

  56. apa mungkin faktor puasa mba? cadangan kolesterolnya dipakai buat energi jadi hormon yang diproduksi berkurang gitu??? soalnya saya kurus. bmi cuma saya 16,4.

    ============================================

    mungkin saja hal ini karena masalah fisik (sedang berpuasa)
    kalo kurus ga ngaruh, BMI saya juga cuma 17 hehehe

  57. mbak aku udah telat 11 hari.. padahal biasanya aku ga pernah telat, ya kalo telat paling sehari atau 2 hari aja.. tapi ini sampe sekarang aku belom dapet, padahal aku ga melakukan hub. seks atau yg macam2.. waktu itu sih aku udah ngerasa tanda2 mw haid gitu, tapi sekarang udah ga. malah sekarang perut aku suka kembung n terlihat agak besar. aku takut nih mbak. kira2 aku kenapa ya? trus aku harus apa biar bisa dapet haid lagi? thanks ya mbak :)

    =====================================

    Dear Widy,
    Silahkan mencari tahu jawabannya kenapa ditulisan saya disini.

    http://tukangobatbersahaja.com/2010/09/14/tidak-pernah-ml-tapi-telat-menstruasi/

    semoga bermanfaat dan menjawab. terimakasih

  58. makasih mbak jawabannya. tapi aku masih bingung nih. oya lupa kasih tau, waktu itu sekitar seminggu sebelum waktu haid aku dtg, aku keluar flek coklat gitu tapi cuma sehari n waktu itu aku ga ngerasain tanda2 haid apapun. malah sampe sekarang aku blom haid juga. kira2 itu kenapa ya mbak?

    =======================================

    memang gejalanya hampir mmirip dengan Hasna, jadi ini cuma masalah hormonal aja.
    tidak perlu dikhawatirkan, bersabarlah beberapa hari lagi, pasti menstruasi akan datang.

    kalo sudah menstruasi kasih tahu kesaya hehehe.
    Saya pernah 41 hari
    Hasna pernah 45 hari
    Widy berapa? semoga bisa memecahkan rekor.

    so, tidak perlu khwatir berlebih Widy :D
    thanks

  59. aku udah hampir sebulan lebih ga dateng bulan .,. di coba pake test pack tapi hasilnya negativ .. itu kenapa yaa ???

    ——————————————–

    Hal itu bisa terjadi karena pengaruh fisik, pengaruh psikis, pengaruh hormonal.

    Untuk lebih jelasnya silahkan membaca postingan saya yang judulnya “Tidak Pernah ML tapi telat menstruasi”.
    Don’t worry honey. Thanks

  60. numpng tanya ni mbak,.
    pcr sya blum menstruasi udh 12 hari,.
    pdhal shrusnya dia menstruasi tgl 29 september ini,.
    tp udh tgl 10 oktober ini blum menstruasi jg.,.
    tlng sranny mbak,.

    =========================

    Jika tidak pernah melakukan hubungan seks,
    Terlambatanya menstruasi ini karena faktor fisik (kecapekan, letih), faktor psikis (stress, masalah), faktor hormonal (esterogen/ progesteron tidak seimbang).
    Tidak perlu dikhawatirkan terlalu berlebihan. Dia cuma butuh istirahat dan minum supplemen aja. Terimakasih

  61. mba, saya udah telat mens 1 bln..udah test 4x dan empat2nya negatif..bukan hamil ya mba?

    ————————–

    Sepertinya sih tidak hamil.
    Coba cek, mentrusasi 6 bulan yang lalu. Apakah periodenya berulang? Ataukah ini masalah hormonal saja.
    Periodenya biasanya 19-35hari. Itu masih dianggap wajar. Terimakasih.

    • iya mba, bulan maret juga pernah telat lamaaa bgt..emg normal ya mba..makasih banyak ya mba penjelasannya

      —————————————

      Sayapun pernah mengalaminya.
      Semua masih wajar. Yang penting istirahat cukup, jangan banyak pikiran, kalo masalah hormonal imbangi dengan gizi cukup. Terimakasih.

  62. mba, mw tnya nih. kalo sperma dkluarin di clana cwok, trus dpgang2 penisny soalny msh ereksi. trs didiemin kna udara skitar 15 mnitan soalny cwokny mandi. trus cwekny pipis, tp lupa cuci tangan pk sabun, jd vaginany dilap pk tisu yg bekas kena k tanganny sendiri. Kemungkinan bsa hmil ga mba? emang g smpe ML, cm coli aja, tp cwekny dlm masa subur. makasi ..

    ====================================

    kalo itu sih sepertinya tidak hamil.
    Saran saya sih, jangan lakukan itu lagi ya. Enaknya sebentar tetapi was-was dan rasa bersalahnya ga berbanding.
    No ML before merit ya :D

  63. mungkin q trlmbat dtang bulan ni akibat malaysia bermain curang saat menjamu tim garuda dibukit jalil
    bayangin ja…. masak sih… mata tim kita disorot laser…
    kn jdx silau…
    trs…. kalah dech….

    ———————–

    Hehehehe. Laser lagi jadi trending topic.
    Semoga Indonesia bisa bermain lebih baik, jadi supporter yang bermartabat.

  64. mba. Sy mw nanya. Sy sedang memprogram ank. Terakhr sy dpat men tgl 11, stlh itu sy & suami ML 3X tgl 24,29 & 4. Skrg Q dh telat 2hr tp sblm telat sya mengomsumsi obt malaria tradisional dari daun pepaya krn mendrita malaria. Yg sy mau tanyakan apakh ada kemungkinan sya hamil krna sy sdh telat 2hri? Thanks ats jwbannya

    ===================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya dan semoga ditahun ini bisa mendapt yang dicita-citakan. Amin.

    Kalo baru telat 2 hari itu masih terlalu dini untuk disebut kehamilan. Sebaiknya mbak menunggu hingga terlambat menstruasi 3-4 minggu. Kalo belum menstruasi juga boleh ditest pake testpack. Karena pada saat itulah kadar HCG Hormon Chorionic Gonadotropin diatas 25miU/mL.

    Programnya terus dijalanin dan buatlah suasana menyenangkan dan ga usah mikirin, hari ini barus “bikin anak”. Nanti malah stress dan kepikiran terus.
    Dijalanin dengan sukacita dan kalo waktunya sudah tiba pasti akan mendapatkan. Terimakasih.

  65. halo mbak…
    bulan ini aku dah telat haid selama 1 minggu,,aku dah makan nanas,,tape ketan item,,untuk memperlancar haid..
    terus apakah itu membantu proses memperlancar haid mbk??
    sblmnya aku jg ml mbk,tp nembaknya diluar, bagaimana kemungkinannya? apakah ada pengaruhnya mbak??

    tolong mbak di balas ke email aku ya…thanks before..kalo ada caranya biar haid bisa lancar..tlng ya mbak..

    ===================================================

    Saya akan menjawab lewat email Iki langsung.
    Selain itu, coba Iki baca postingan saya disini http://tukangobatbersahaja.com/2011/01/10/hamil-karena-petting-dan-pre-ejakulasi/
    Terimakasih

  66. sblmnya maaf mbak kalo saya banyak nanya mbak. sya udh bbrp hari ini sering skt skli perut sy kyk mau mens tp gak datang2 . jd sktnya itu hilg timbul hilang timbul gt dy mbk…
    itu kenapa y mbk??
    sblmnya gk prnh sprt ini mbk??
    mohon penjelasannya mbk n trmksi bnyk sblnmya mbk.. :)

  67. apakah nanas bisa membuat mensruasi mb ??? , cz saya udah telat 2 kalau ga 3 minggu . tolong di jawab scepatnya …..

    ==============================================

    Tentu tidak.
    Nanas tidak berhubungan langsung dengan reproduksi wanita.

  68. mau tanya ni
    kan sekitar 7bulan yg lalu saya melahirkan .
    setelah masa nifas berakhir saya pun mens teratur tiap bulannya ,
    tapi kenapa ya bulan kmarin saya bisa gag mens ?
    pdahal byasanya mens skitar tgl 20an gtu ,
    dan prlu di ingat bhwa saya jauh dr suami mka tdak mungkn saya mlakukan hubungan intim slama beberapa bulan .
    tlong jlaskan .
    mkasii

  69. tlong blas di email saya ya mbak ,
    dan saya mau tnya apa itu kemungkinan hamil ,
    soalnya terakhir ml itu bulan november dan bulan setelahnya itu mens ,
    kenapa bsa gtu ?
    mkasii

    ================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Akan saya balas per email saja. Terimakasih

  70. mba aku mau tny,,trkhr aku mens tgl.25 feb qo d bln maret g dpt mens y?smpe hr ini jg aku g dpt mens,knp y kira”???pdhl aku ga bnyk pkran,tlg d bls scpt’y y,thx

    ===========================================

    Nataly, sebaiknya cek dokter spesialis obygin (kandungan) untuk mengetahui masalah ketidakseimbangan hormon yang dialami.
    Sekarang sudah bulan April berarti sudah telat 2 bulan. Periksa ke dokter itu lebih baik untuk memastikan.

  71. Hallo mba, aku mau nny,
    terakhir aku mens itu bulan Mareth , tgl 2. trus smpe skrg tgl 5 April aku blum dpt mens juga..di bulan mareth itu aku pnrh having sex ga pake condom 1 kali aja dan pcarku tuh ktanya keluarin spermnya di luar…
    siklus mens ku tuh selalu berubah ubah, di antara 28 hari, 31 hari ato 35 hari..tapi skrg udah hari yang ke 36 sya masih blum dpt juga..trus udah seminggu lidah sya tuh pahittt banget mba, kyk ga ada selera makan gitu dan juga demam..pdhl sya ga laki sakit apa2…
    saya udah pake test yg untuk detect kehamilan gitu tapi hasilnya negatif..

    yang mau sya tanyakan ke mba, apa ada kemungkinan kalo saya hamil?
    makasih banyak yah mba..

    p.s. klo bisa bls lwt email aja yah mba… :))

    ==================================================
    Saya jawabnya disini saja ya.

    Untuk resiko kehamilan pasti tetap ada karena berhubungan seks dengan “coitus interruptus” tidak selamanya aman damai.
    Saran saya sebaiknya tidak melakukan hubungan seks karena dijamin tidak akan resah gelisah, cemas takut hamil.

    Tentu saja kalo testpack sekarang hasilnya negatif. Tunggu sampai dua minggu lagi, jika belum menstruasi juga baru dech test pack untuk mengetahui kepastian usia kehamilan. Masih terlalu dini menyebutkan kehamilan karena baru telat seminggu. Terimakasih

  72. mba… saya umur 17 tahun… saya bulan febuari mens dan sedikit banget, kira kira 4hr, bulan desember 2010 saya mens 2 kali, yang ke 2 sedikit, tp lama banget. dan bulan maret sampai sekarang blom dapet lg. saya suka ngerasain kedutan di perut bagian bawah saya. apakah saya hamil mba?

    tp saya gak ngerasain mual, dan perut saya jg gak keras, hanya bagian bawah saja yg kadang suka keras. payudara saya jg gak kenceng dan nyeri.

    tolong dijawab ya mba. thank’s :)

    =============================================

    Memangnya kapan terakhir menstruasi? Apakah sudah pernah melakukan hubungan seks sebelumnya?
    Kalo tidak melakukan mana mungkin hamil…. seperti itu pengaruh hormonal saja.

    Jikapun pernah melakukan hubungan seks, kapan dilakukan? apakah sudah pernah uji dengan testpack, bagaimana hasilnya?
    Mohon informasinya dilengkapi agar memudahkan saya menjawab. Terimakasih

    • terakhir mensnya bulan februari sekitar tanggal 18, tp sedikit dan cuma 4hr saja.
      saya sudah melakukan hubungan seks, terakhir kali awal februari. saya blom sempat test

      ============================================

      Sebaiknya coba beli alat uji kehamilan testpack. Lihat bagaimana hasilnya positif/ negatif.
      Semoga hasilnya yang terbaik :)

  73. sy berumur 23 th,
    Sdh lbh dr stahun saya mengalami gangguan haid yg aneh bwt sy,stiap kali dtg haid ga pernh tpt wkt,dan pd saat haid ga pernah keluar,kalo mau pipis darah haid baru bs kluar sbyk mgkin,jd pmblut sll brsh,drh haid ga akn kluar kl sy tdk ngeden,dan prut sy jd buncit,skt luar biasa,sy sdh prnh k dktr kndungan tp dr, blm blg ap”,hy memberikan obat,tp stlh it,bln brkt’y haid sy normal,tp bln brkt’y kmbli lg tdk normal,tlong jwb prtyaan sy via email,trima ksh,

  74. Mbak Rina,
    saya mau tanya.kemarin pacar saya M pada tanggal 16 april (maju 2 hari dari sebelmnya).sekarang udah sampai hari ini tanggal 22 mei dy belum juga M.kami melakukan ML tanggal 24 april sama 8 mei memakai kondom dan sperma keluar pas di dalem.kemarin di tes pakai tespack sensitive hasilnya negatif.mohon bantuanya mbak,pacar saya seminggu yang lalu jadi panitia seminar.apakah itu berhubungan mbak.tolong di jawab secepatnya ya mbak.di jawab via email aja mbak.,

  75. haduch cewek aq telat datang bulan… uda 5hri ni… gimana nich?? abis maen gt2an… pa hamil nich.. kan wkt sebelum maen dia bilang kalo dia itu terasa kyk mau dpt gt… tapi setelah maen gak jadi dapet malah telat 5hri.. gimana ini… bahaya gak??? plis jwbannya……

    ===============================================

    Saya harap jangan lakukan hubungan seks pra nikah ya. Resiko kehamilan tentu saja tetap ada, tetapi masih terlalu dini menyebut ini kehamilan karena baru terlambat 5 hari.
    Nanti kalo sudah 2-3minggu kedepan belum menstruasi juga silakan gunakan alat uji kehamilan untuk mengetahui hasil pastinya. Terimakasih

  76. siklus haid ku selalu datang mundur….antara 28-32 hari, yang bikin resah sekarang in,bulan mei ini belum dapat haid sama sekali,padahal udah melebihi siklus normal ku,udah telat lebih lebih semingguan.

    yang jadi pertanyaan apakah klau kerja sedikit berat misalnya mengangkat beban beban yang agak berat dikit bisa mempengaruhi keterlambatan haid?? Thank’s

    =====================================================================

    Memangnya lagi jadi kuli panggul sampai angkat-angkat beban berat?
    Tidak ada hubungan anatara mengankat beban berat dengan terlambat haid. Sepetnya terlambatnya disebabkan oleh pengaruh fisik (kelelahan, kecapekan, kurang istirahat ).
    Sebaiknya selalu menjaga kebugaran tubuh setiap hari :D Terimakasih

    • thank’s ya mbak atas masukuanya, kayaknya emang kurang istirahat

      ========================================

      Mari bobo :)
      Cuci tangan cuci kaki trus z z z z h h h h

  77. Mba,,aku mau mau tanya…tanggal menstruasi aku seharusnya tgl 20 tp sampe akhir bulan ini aku blm dpt jg… Tanda” mau mens sudah ada tp smpai skrg blm menstruasi jg…jadi bulan juni aku tidak menstruasi..
    Kira-kira itu knapa mba? Apakah trmasuk normal?
    Kalo obat untuk telat datang bulan yang dijual bebas di apotik kira” ada ngga mba? Kalo ada namanya apa?
    Terimakasih mba… :)

  78. mba … tnya dung …
    bulan jili kmrn ak lom mens ..
    tapi .. agustus ini ak mens .. tapi kog dkit bgt yya …
    jamu pa yg harus di bli ?
    mksiii :)

    =======================================

    Tidak usah minum jamu atau obat.
    Cukup istirahat dan jangan kecapekan aja. Terimakasih

  79. Mo nayak mb,
    sy brusia 20th,krg lbh 4hr stelah saya dateng bulan,pcar ngajk ml,, tapi dy keluarin spermanya diluar,apakan sy bsa hamil mb..
    Tlong ya mb,krna blum siap nikah..hiikss
    mksh..

    =============================================

    Kemungkinan kehamilan bisa saja terjadi.
    Mohon jangan lakukan hal itu lagi, tolaklah ajakan untuk itu. Jika dia memaksa berarti dia tidak menghagaimu dan menyangimu dengan tulus.

    Semoga bulan ini bisa menstruasi lagi. Terimakaasih

  80. Mbak.., mw curhat cklian tanya nech…!!!!
    Q biasanya klo mens dtengnya 2 hari lebih maju dari bulan kemaren, kl bulan juni datengya tgl 25 berarti bulan juli dtgnya tgl 23, selalu begitu tiap bulannya, tpi bulan ne sampek tgl 25 blum dtg juga yang mana seharusnya tgl 21 sudh mens. Emang sech saya ma tunangan sya sering berhubungn intim, tpi dikeluarin di luar mbak, tpi kemarin pas Testpack hasilnya negatif, tpi saya kouk gag mens2 yach mbak??
    mungkinkah saya hamil mbak???
    soalnya saya masih kuliah mbak, saya belum siap nikah, meskipun pas tunangan langsung dinikah sirih…!!!

  81. mba… sya mau tanya, biyasanya sih sya kalo haid tuh dari akhir bulan ke awal bulan..
    tapi sekarang qo’ saya belum haid-haid y…??
    bdan saya dah sakit semua mba..
    kalo saya minum obat supaya cepat haid bagaimana y mba..?? boleh tidak..?? trus aman wat kesehatan saya tidak..??

    ============================================

    Tidak perlu minum obat apapun. Nanti menstruasinya juga datang kok.
    Jika baru telat 1-2 minggu masih wajar, hal itu bisa disebabkan faktor hormonal, fisik dan psikis. Terimakasih

  82. Mbak, knpa ya sy koq telat ya. Tar lanjut di email aja. Tolong email sy ya mbak.

    ===============================

    Telat kenapa?
    Untuk bertanya lebih pribadi silakan menggunkan layanan konsultasi online dihalam “contact me“ disini

  83. sy ingin brtnya,tp d email saja,kirim emailnya yah mba

    ======================================

    Untuk bertanya lebih pribadi silakan menggunkan layanan konsultasi online dihalam “contact me“ disini

  84. knp ya dgn qw???
    mw tnya mb
    Blan lalu qw mentruasi tnggal 15 oct tp knp ampe skrg qw loum haid ya mb,, kan sehrus’x sjak tgl 15 nov qw ud hrus haid,,,tp kok amp tgl 29 nov loum haid,,itu knp ya????
    Plizz solusi,,,,,email qw ya,,,

  85. Mau nanyak ajh. Sy kan udh tidur ama cew sy skitar 2minggu. Pas di tespack masih negativ. Sy gak bs tenang skrg. Skrg sy lg bingung. Sy cm mau minta tlg ada gak obt apa dan gmna cara pakainya supaya gak jd hamil. Terimakasih sblmnya.

    =================================================

    Terlambat 2 minggu masih belum bisa dikategorikan hamil.
    Mohon maaf saya tidak melayani penjualan aborsi. Itu adalah tindakan kriminal. Lagipula jika dia hamil kenapa harus diaborsi? janin ini juga anakmu juga kan?

  86. Mba mau tanya istri sy datang bulannya sudah telat 6 hari hamil apa ga ya di TP hasilnya negatif pake obat apa ya biar bisa haidnya keluar makasih ya

  87. dok sist mau tanya..
    istri ane blm dpt.
    trkhr dpt tgl 27 november. sampe skrg blm dpt lg.
    emang sih siklusnya haidnya 35 hr. tp ane bingung krn kita trs trg rutin bgt “berhubungan” pk metode cabut keluar.. uda 5thn ini sperti itu dan ga ada mslh.
    kita blm komit punya anak dikarenakan kesibukan yg bgt2.
    yg jd pertanyaannya,kok istri ane blm dpt jg ya,tp byk tanda2nya ky gusi bengkak,perut gede,bdn sering hangat dan mual (tp br skali ni td,sblmnya ga pnah dan sore hr gara2 bau ruangan lembab,biasanya kan pg kl mual2 gt)
    kira2 knp ya?
    uda byk tandanya..
    apa istri ane hamil ato ga?
    ato cm telat mens gara2 kesibukannya yg akhr2 melonjak ditambah stress pikiran yg saya pikir mulai rada berlebih dbln ini?
    trs kl pun d test,kpn tgl terbaik dan terakurat stlh posting ini?!
    terimakasih….

  88. mba mau tanya waktu it saya melakukan hub.sex sama pacar saya namun “barang” pacar saya tdk msk smua dan tdk mengeluarkan sperma, apakah saya bsa hamil karna sudah1 bln saya tlat. dan untk mengantsipasi saya skrng rutn memakan buah semangka dan nanas. apa prilaku saya it ada evek sampng.a mba? dan apa bnr saya bsa hamil haya dgn seperti itu. o iya mba saya juga sudah 3x meminum sperma pacr saya apa saya bsa hamil? trimakash mba

    ========================================================================

    Apa prilaku saya it ada evek sampng.a mba?
    Tentu saja ada. Melakukan hubungan pra nikah tentu ada resikonya seperti kehamilan dan resiko terkena penyakit seksual menular.
    Meminum sperma tidak mungkin bisa hamil, kok kamu mau aja ya? seperti apa rasanya?
    Makan semangka, nanas, loncat-loncat tidak ngaruh. kalo emang hamil ya hamil. kalo tidak ya tidak

    Saran saya mohon jangan dilakukan lagi, hubungan seks pra nikah tidak bermanfaat, malah lebih banyak pengaruh buruknya bagi tubuh dan jiwa.
    Coba beli testpack dan lihat bagaimana hasilnya serta segera berobat ke dokter untuk mengetahui apakah hamil atau tidak. Terimakasih

  89. sperma yang nempel di tangan dalam wktu 3 mnit,lalu tangan ( jari ) tersebut di masukin miss V,ada kemungkinan terjadi hamil (saat 3 sbelum haid)

    ===========================================

    kemungkinan selalu ada meskipun kecil.
    Saran saya mohon jangan lakukan hubungan seks pra nikah.Lebih banyak kerugiannya dibanding manfaatnya yang sesaat.

  90. maw tanya saya kan pernah ML tap dua bulan gak menstruasi

    saya tkut hamil karena belum siap cara lahirr bisa menstruasi gimna

    tolong di jaawab ya penting ini

    ==============================================

    Kalo sudah telat menstruasi 2 bulan coba aja di test pake testpack hasilnya seperti apa? positif atau negatif.
    Bila hasilnya kurang memastikan ada baiknya cek ke bidan dan akan tahu hasilnya. Jangan takut ya untuk periksa. Ini juga untuk kebaikanmu sendiri.
    Bila takut dan malu minta tolong dianterin teman.

    Jika hasilnya postif mohon jangan digugurkan. Ini penting sekali untuk keselamatanmu dan bayimu
    Kalo hasilnya negatif berarti ini hanya keberuntungan saja. Mohon jangan lakukan hubungan seks pra nikah

  91. mba mau tanya kalo telet mens tapi saat telatnya tuh suka lemes sembelit m pusing serta mual ..
    kenepa yah mba ??
    saya jadi takut …

    =================================================

    Mentruasi memang membuat badan menjadi lemas, letih, tidak bertenaga.
    Kenapa? soalnya banyak darah yang keluar dan tentu saja bisa membuat anemia (kurang darah). Kurang darah dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, mudah capek dan tidak bertenanga.

    Saran saya sebaiknya mengkonsumsi supplemen mengandung Iron atau Fe (zat besi) untuk meningkatkan darah biar badan tidak lemes. Terimakasih

  92. mba pcr saya telat haid 2 mnggu’an ada kemuginan hamil ngk.
    perut nya sering sakit kayak diteken perute.

    ==============================================

    TErlamat dua minggu tidak bisa dikatakan positif hamil. Kamu juga belum bisa cek dengan testpack, bisa saja karena pengaruh hormon atau capek dan stress/ masalah.

    Saran saya istirahat seminggu kedepan. Kalo minggu depan belum menstruasi juga baru test dengan testpack. Kalo hasilnya garisnya hanya ada satu berarti tidak hamil. Pake beberapa merek testpack sebagai pembanding.

    Saya mohon tidak melakukan hubungan seks pra nikah dan jangan lakukan lagi. Untuk kebaikan bersama dan menghindari resiko kehamilan dan penyakit seksual menular. Terimakasih

    • tolong dii jwab prtanya’an aya mbak?

      =================================

      Kenapa tidak sabar banget sih? Kan bertanyannya baru kemarin?
      Semua pertanyaan pasti akan saya jawab, untuk kapannya tidak bisa hari itu juga.

      Saya juga ingin dihargai dan dimengerti! Terimkasih

    • mbak saya sudah pakek tes pack, dan trnyata negatif, tpi kk smpek skrang kok lom haid” ea

      ==========================================

      memang sudah telatnya berapa minggu?
      Kalo sudah lebih dari 3 minggu tidak menstruasi dan hasil testpacknya masih negatif, saran saya sebaiknya periksakan ke dokter saja.
      Nanti akan diperiksa, mungkin saja terlambatnya karena pengaruh hormon, bisa juga karena stress dan lainnya.
      Terimakasih

  93. trnyata udh menstruasi mbak.
    tapi kok telat nya sampek 1 bulan ya mbak.
    apakah ada efek nya mbak klo telat sampek 1 bulan.

    =========================================

    Syukurlah, akhirnya menstruasi juga :D
    Saya juga pernah telat menstruasi samapi 41 hari *geleng-geleng*

    Kemungkinan hal itu disebabakan faktor hormonal, kelelahn fisik dan psikis.
    Terimakasih

  94. mbak aq dah hampir 6 bln berhenti KB (KB suntik blnan) coz mo program pengen momongan lagi. Bln kmren hampir 2 bln telat (kirain hamil, dah seneng, tp di tes hslx negatif terus)tp abis itu haid. Mo minta saran nich mbak, biar cepat hamil ngonsumsi obat penyubur kandungan apa mbak ? thanks sbelumnya

    =============================================

    Memang benar, setelah berhenti KB pasti tidak langsung menstruasi karena tubuh masih berdaptasi selam 2-3 bulan. Setelah itu baru menstruasi kembali seperti sebelumya. Untuk obat mempercepat punya anak sepertinya itu tergantung dari usaha Mbak Siti dan suami. Menjaga kondisi tubuh, sehat, tidak kecepekan, menjaga nutrisi.

    Untuk pengobatan ada baiknya periksa ke dokter atau Bidan andalan agar mendapatkan vitamin dan obat yang lebih tepat. Semoga berhasil :D

  95. Sist aq telat 1 bln ni knp ya?trakhir tgl 18jan skrg 16maret blm dtg aja ni M nya.udah 2kali trstpack tp negatif,biasa klo telat minum emkapsul lsng dtg tp ni udh bbrapa kali minum sampai 3box ttp gak ada hasilnya.apa pengaruh obat diet yg aq minum ya?tgl 19jan aq pake obat diet menurun berat badan nya,tp dlm seminggu ni lsng tambah berat bdn saya tp gak M trs,apa krn tu?

  96. ass. mba aku lili umurku 14 tahun tp aku udah ml ma pcr aku dan it ml perdana aku aku mau tanya ada efek samping.a ga ml aku it? tp sperma pcr aku ga keluar mba apa ada kmungknan aku hamil. dan stlh nglakuin it bdan ak pgel2 trutama pantat sampe naek tangga aja susah it knp ya mba maksh mba tlng d jwb ya . :) mikum

    ==============================================

    Dear Lili,

    Menurut saya untuk usia Lili masih sangat dini untuk melakukan hubungan seks. Saya mohon agar jangan pernah melakukannya lagi, jika ini adalah kali perdana, maka ini juga kali yang terakhir untuk berhubungan seks. Tunggulah nanti saat kamu menikah, semua itu ada waktunya.

    Hubungan seks itu seperti candu dan berdampak besar pada psikologis seorang cewek ditambah lagi tidak ada pengetahuan yang cukup mengenai apa hubungan seks, reproduksi, kontrasepsi dan perlindungan diri terhadap penyakit seks menular.

    Siapa bilang hubungan seks itu selalu nikmat? Tidak. Apalagi ini pertama kali, pasti sakit dan tidak nyaman. Nyeri Pegel sih pasti. Istirahat saja dalam beberapa hari ini.

    Kehamilan memang bisa saja terjadi dan cara terbaik menghindarinya dalah tidak melakukan hubungan seks. Masa muda Lili masih sangat panjang, isilah dengan hal yang bermanfaat. Berpacaran boleh saja tetapi berpacaran yang santun.

    Yang sudah terjadi, ya sudah. Kali ini saja tetapi untuk kedepannya jangan lakukan lagi ya.
    Hidup ini terlalu indah, jangan diisi dengan kekhawatiran dan kesedihan. Belajar dari kesalahan untuk menuju keberhasilan. Terimakasih

  97. apakah tangan pria sebelumnya (sedikit sekali) terkenah spermanya sendiri lalu,tangan tersebut d masukin k miss V nya perempuan dapat mnyebabkan hamil dok ?????? ??? ^^b
    Tolong d jawab yaa dok ^^ makasih :)

    ====================================================

    Kenapa tangannya harus dimasukan ke dalam vagina??
    itu bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Semua resiko pasti bisa terjadi meskipun kemungkinan terjadi kehamilan kecil.

    Mohon jangan lakukan lagi ya. Hormati dan sayangi pasanganmu dengan berlaku santun. Terimakasih

    • wkakwkakwka :D
      Maklum lahh dok,anak muda skrng kan aneh* –a :/

      Iyaa dok,sekarang udahh enggak dok ^^b
      UDAHH KAPOK !!!! –a
      ALHAMDULILLAH PACARKU UDAH haid :)
      #GAK AKAN D ULANGI LAGI !! :)
      KAPOK !! KAPOKK !!! KAPOKK !!!! ==a

  98. dok pacar saya udah terlambat 1 minggu 5 hari..
    saat ml saya tempatin di dalam…

    saya udah test pas dia terlambat 4 hari hasilnya positif…
    sampe sekarang dia blum saya tes lagi,rencananya sich….tapi saya masih takut tesnya ..

    solusi nya dok ,apa dia hamil…????

  99. adalagi dok..
    caranya dia cepet turun mensnya apa..??
    soalnya tes kehamilan yg saya beli murahan terus positif ,,saya tes pas dia terlambat sekatar 4 hari,apa harus yg mahal dok…?
    saya takut tes lagi…
    pacar saya mestinya dapat 17 juli sampe skrng blum dapat..
    pernah ml dan munrat di dalam v nya…
    di balas ya dokk makasih….!!!!

  100. saya udh menikah 1 tahun 5 bulan saya blm jga dpt momongan pas saya nkah 1 tahun saya menstruasi 6bln skali, sblm nkah menstruasi saya lancar tpi pas nikah menstruasi saya tdk lancar saya udh brobat kmn2 tpi saya blm jga dpt momongan apa ya yg harus saya lakukan spaya saya punya momongan/ mksh

    ============================================================

    Apakah sudah berobat ke dokter spesialis kandungan? coba mbak Nur dan suami sama-sama memeriksa kondisi organ reproduksinya. Dua-duanya harus sehat agar dapat terjadi pembuahan.

    Kenapa sekarang jadi 6 bulan sekali menstruasi? berarti selama menikah 1.5 tahun baru menstruasi 3 kali? wow, ini sangat tidak wajar. Mbak harus periksa ke dokter.
    Coba ke dokter lagi dan periksa secara menyeluruh, apakah diagnosa dokter? perlu diberikan terapi untuk dipenyembuhan.

    Selain itu mbak Nur juga harus menjaga kondisi fisik (jangan kecapekan) dan psikis (kendalikan emosi, stress). Membuat komunikasi yang mesra dengan suami dan rajin berjalan-jalan berdua. Santai dan rilekslah. pasti nanti akan diberikan momongan. Terimakasih

  101. Hi there! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you
    knew where I could locate a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having difficulty finding one?
    Thanks a lot!

  102. dok saya mau tanya.saya sudah 5hari terlambat kb suntik.tpi saya tdak melakukan hubungan suami istri.tapi setelah saya kembali.kb baru saya melakukan hubungan suami.istri apa tidak apa.dok ,dan sudah 4 bln saya belum haid.saya pakai kb suntiknya sudah 1tahun lebih .tapi suda 4blan belum menstruasi.tolong di jawab.dok

  103. dok saya mau tanya.saya terlambat kb.5hri tpi saya tidak berhubungan suami istri setelah saya kembali kb.baru saya melakukan hubungan suami istri.tapi saya ngerasa pengen mual.apa it reaksi obat.nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s