TIPS MEMBACA RESEP DOKTER

Setiap berobat ke dokter pastilah sang dokter akan mendiagnosa penyakit dan kemudian akan menuliskan resep untuk kita tebus. Selanjutnya kita akan langsung meluncur ke Apotek terdekat untuk menebus dan membayarnya . betul??

Sekarang setelah mendapat resep dari dokter ada baiknya kita melihat isi dari resep. Saya yakin sebagian atau bahkan hampir semua dari kita tidak bisa membaca resep dari dokter *hehehe udah janjian ama saya*.

Dulu tulisan cakar ayam dokter dimaksudkan agar si pasien sengaja tidak tahu tapi dengan sejalannya waktu saya berpikir sebagai orang yang tahu akan obat, sebaiknya pasien berhak untuk mengetahui obat apa yang diberikan. ada yang setuju?

apa sih sebenarnya resep? resep ada sebuah permintaan dokter kepada seorang apoteker/ farmasis untuk mengambil sejumlah tertentu obat.

Saya kasih tahu cara membaca sebuah resep. *wekkkk saya perlu kuliah ini 2 sks loh plus prakterk 2 sks. ga pentingya buat dikasih tahu hehehehehe*

ikan cucut makannya kancut

ayo ikut, siaran berlanjut * bakar-bakar*

RESEP 1

R/ pct 500 no. X

S 2 dd 1 ac

Artinya: ambillah paracetamol dosis 500mg berisi 10 tablet yang jangan lupa diberikan dua kali sehari sebelum makan :)

RESEP 2

R/ cefepime 250 mg syr fl no.1
S 2 dd cth no I

artinya: ambillah Cefepime satu botol yang dosisnya pake yang 250 mg/5mL, jangan lupa diberikan dua kali sehari satu sendok teh (5 mL)

RESEP 3

R/ tmp 10mg
as mefe 100mg

msf da pulv dtd no XV
S 3 dd pulv I pc

Artinya: ambil Trimethoprim 10mg dan asam mefenamat 100mg, lalu campur menjadi satu dan bagi sebanyak 15 bungkus terus puyernya diminum 3 kali sehari setelah makan.

Semoga bisa dimengerti, anak-anak hehehehehehe *Ibu dosen FFUP banget*

Sekalian saya tambahin deh…..

Setelah kita menerima obat jangan lupa bertanya obat apa yang diberikan dan apa isinya dan aturan pakainya. bertanyalah karena sekarang udah ada yang namanya pelayanan pharmaceutical care.

Jika kita mendapat resep yang sampai 5 item lebih kita harus bertanya-tanya apakah isinya mengapa sampai banyak begitu, karena menurut saya itu namanya Polifarmasi. Poifarmasi artinya obat banyak. Obat yang terlalu banyak diberikan. Biasanya tulisan R/ pertama dan kedua adalah bahan yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan R/ ketiga dan keempat untuk tambahan atau diberikan vitamin tambahan. Gitu deh… *manggut-manggut*

About these ads

50 thoughts on “TIPS MEMBACA RESEP DOKTER

  1. kyaaa….. ” garuk-garuk kepala gangerti “, eh tukangobat, obessitas itu IMB nya berapa ya? 24 bukan? aq mau minum reductil ni, tapi dokternya agakpelit, gamau kasi resep, hiks

  2. waduh! Jadi inget pas kuliah formulasi, apalagi prakteknya, serem! Eh, tp asik jg sih :mrgreen:

    suka ribet ngitung dosisnya, suka bingung ngitung yg pake dtd sama nggak, suka ribet bungkusin perkamen utk puyer, untung sudah lulus kuliah itu :lol:

    eh, tp mbak, ada jg ya yg nulis nama obat ejaannya dibalik, trus apotekernya gak ngerti, dia tebus deh di apotek laen (yg sepertinya apotek langganan dokter bersangkutan), rupanya cuma paracetamol :lol:
    eh, itu cerita dosen saya sih, gak tau beneran ato nggak :mrgreen:

  3. Paragraf 1, biasanya ku tanyain jenis obat dan untuk penyakit apa dan harus habis atau tidak
    oow gitu ya…
    paragraf2 terakhir sdh kuprektekkan ..:D kecuali polifarmasi
    thx ya tas infonya….

  4. bingung ach….
    wakakakakakka….
    ga adil juga kan, masa sampeyan butuh 2 sks buat mempelajari ini, aku yang baca sedikit langsung ngerti,heheheh..
    but, thanks

  5. @ limpo
    dtd = da tales doses.
    artinya sesuai dengan dosis tersebut sebanyak…

    contohnya:
    R/ tmp 10mg
    as mefe 100mg

    msf da pulv dtd no XV
    S 3 dd pulv I pc

    artinya
    trimetoprim 10mg X 15 = 150mg
    asam mefenamat 100mg X 15 = 1500mg

  6. RESEP 3

    R/ tmp 10mg
    as mefe 100mg

    msf da pulv dtd no XV
    S 3 dd pulv I pc

    Artinya: ambil Trimethoprim 10mg dan asam mefenamat 100mg, lalu campur menjadi satu dan bagi sebanyak 15 bungkus terus puyernya diminum 3 kali sehari setelah makan.

    Semoga bisa dimengerti

    • jadi bingung..

      jadi takaran tmp dan as mefenamat yg tertera di resep di bagi 15 ya? sedikit sekali jadinya?

      ============================

      Dear Afoe,
      Itu hanya contoh saja… bukan resep sebenarnya.
      Dosis itu bervariasi setiap individu. terimakasih

  7. yg jelas maksud resep 3 itu membuat 15 bungkus puyer yg setiap bungkusnya mengandung tmp 10 mg dan asam fenamat 100 mg dan diminum 3 kali sehari setelah makan.

  8. wiiww..
    kalo akoo ma suka binggung.
    kan kaloo etambutol efek sampingnya kan bisa menyebabkan gangguan penglihatan .
    ko dokter masii ajh ngereresepin ky gtoo..
    hha*
    ako calon ass. apoteker..

    • @ pepy : etambutol kan memang efek sampingnya neuritis optika..tpi pemberian etambutol pun tidak sembarangan , pasti sudh ada pertimbangannya…dan melihat dari kondisi si pasien tersebut..dan etambutol kan bukan jenis first line….jadi tenang aja…klo mang itu menimbulkan neuritis optika..dengan dihentikan saja , gejala neuritis optika bisa hilang ko ^ ^

  9. @Niaalive:
    Pada obesitas itu jika IMT > 30, klo IMT >23-30 itu overweigh

    klo bisa tambahin arti singkatannya dong… biar orag2 pada tau….

    @nenyok:
    g smua tulisan dokter jelek, tapi emang hampir rata2 tulisan dokter tu jelek. itu bukan disengaja (mgkn ada jg yg disengaja) tapi tuntutan biar cepat (kan kasihan pasien yg laen pada nunggu) “pengalaman pribadi.
    Dalam resep juga digunakan sandi2 atau singkatan yang berlaku internasional karena menggunakan bahasa latin. Jadi bukan sengaja nulis jelek atau singkat2, tapi memang ada tata cara menulis resep (kira2 ada 200 singkatan dalam peresepan, misalnya a.c, stands for ante coena atau sesudah makan). Kalau di tiap obat, kami harus menulis “setengah jam sebelum makan” atau “setiap habis diare” atau “boleh diminum 4 kali setiap sebelum makan dan sebelum tidur malam hari” menurut anda apa kami tidak buang2 waktu untuk melayani sesama yang mungkin lebih butuh daripada sekedar berusaha menulis indah (apalagi kalau kita kerja di UGD) ?

    Lain2 tentang tulisan jelek dokter,
    – bisa juga karena pasien banyak atau
    – dokter yang sudah lanjut usia atau
    – sebetulnya bukan tulisan yang jelek melainkan karena beda gaya tulis karena beda generasi. Biasanya dokter yang beda generasi sekitar 2 dekade, cara menulisnya pun beda, padahal asisten apoteker banyak yang masih muda.

    Kalau ingin tau tulisan resepnya (karena jelek), kan bisa ditanya ke apotik tempat kita beli obat…

    @tukangobatbersahaja
    Smangat!!!

  10. thanks… jadi bisa belajar… hahaha. tadi baru kuliah farmasi, mau mati rasanya, banyaknya minta ampun, malah langsung disuruh praktek nulis resep lagi… cape d

  11. Wah.. Saya mau klarifikasi, saya perwakilan ikatan doktet indonesia, mau klarifikasi utk tulisan jelek di resep itu BUKAN DISENGAJA!!!! Melainkan, krn faktor tulisan tangan si dokternya memang tdk indah dan krn faktor banyak antrean pasien jd si dokter akan menulis resep secepat mungkin supaya tdk terlalu membuang wkt^_^
    Jadi, sama sekali TIDAK ADA UNSUR KESENGAJAAN!

    Terima kasih

  12. hahaa…
    emang eaa,, para dokter aneh2 tulisannya…
    tp, kyaknya emnag jg , mungkin knpa pda jelek,, eaa, emang dokternya lagi buru2 kle ea.. buru2 pgen ke toilet… hehe..
    baca resep dokter sii ,, gampang2 susah…
    susahnya sii , waktu pembuatn sii sediaan dr resep yg di tuliskan ,, kadang bikin bingung.. jdnya salah dehh… trus di jewer pengawasnya deghh..
    hiskhisk…!!

  13. hehe ada aja cara ibu neranginnya…bersahaja kali.
    mo nanya bu…apakah aman jika seseorang mengidap penyakit apapun jika resep dokternya dibarengin dengan obat/kapsul cacing tanah (lumbricus rubellus)??????
    apakah ada efek samping jika resep dr dokter diminum bersamaan dgn kapsul cacing tersebut?
    tnk ya bu infonya…

    =================================

    Wah, sepertinya Cokyan sangat mengikuti trend hehehe
    Memang kecenderungan sekarang beberapa perusahaan mengembangkan new product yang didalamanya mengandung “Lumbrokinase”(dari earth worm, yang isinya lumbricus sp). Malahan sekarang mulai dikembangakan Nattokinase.

    Baik Lumbrokinase atau Nattokinase sangat baik digunakan sebagai anti koagulan. Bahasa awamnya digunakan sebagai obat alami pengencer darah sehingga dapat menghancurkan sumbatan dipembuluh darah. Biasanya digunakan bagi penderita hipertensi yang darahnya terlalu kental.

    menurut saya Lumrokinase bukan obat dewa yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk lebih memastikan. Saya sendiri sebagai farmasis tidak merekomendasikan lumbrokinase dikonsumsi semua orang. Seharusnya spesifik untk penyakit tertentu seperti penderita Hipertensi.

    semoga informasi ini dapat dimengerti dan dilaksanakan. terimakasih.

  14. jadi bingung nih, ko dokter takut resepnya ketahuan sih, pdahal kn obatnya g ad racunnya. yang aneh lagi hal itu dilakuin oleh semua dokter d indo,,tau deh

    ————————————

    Tidak semua dokter.
    Bagaimanapun kalo sakit sebaiknya harus ke dokter untuk mendiagnosa penyakit dan akan diberi resep yang terbaik.

    Tetap optimis dong :D

  15. n tulisannya sengaja yah pake tulis sambung +kya cakar ayam, wajar2 aja kn apotkerx lebih mudah jg kn.

    emba pernah nanya g sih soal itu ,wkt kul?

    thx
    ——————————-

    Udah pernah ditanya waktu kuliah tapi jawabannya tidak memuaskan.
    Oh iya, kalo sekarang saya sering melihat tulisan resep dokter muda lebih mudah dibaca.

    Mungkin hal itu dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan pemberian obat dari resep dokter. Terimakasih.

  16. Kalau angka romawi itu artinya jumlah tablet ya… Resep saya tertulis 60 biji, tapi kenapa hanya dapat 30 biji ya….
    Tq…

  17. Kalau angka romawi itu artinya jumlah tablet ya… Resep saya tertulis 60 biji, tapi kenapa hanya dapat 30 biji ya….
    Tq…..

    ============================================

    Iya
    XXX = 30 tabet.
    LX = 60 tablet
    Mungkin obatnya dibeli harus ditebus sebulan sekali.

  18. ==========================================================================
    Quote:
    msf da pulv dtd no XV
    S 3 dd pulv I pc

    Artinya: ambil Trimethoprim 10mg dan asam mefenamat 100mg, lalu campur menjadi satu dan BAGI sebanyak 15 bungkus terus puyernya diminum 3 kali sehari setelah makan.
    ==========================================================================

    sedikit koreksi,..
    seharusnya itu “misce fac da pulveres da tales doses nomero XV. Signa 3 de die pulveres I post coenam” maksudnya dibuat 15 bungkus puyer masing-masin dengan dosis tertera, bukan dibagi jadi 15 bungkus
    kalau diBAGI 15 tulisannya jadi ” m.f.d pulv div in part. aequal no.XV” (citasi: Syamsuni,2006 hal-61)

    cmiiw

  19. alu ntr ge mw mgang ,aq jg bgung lw mgang ntik dpt r/ dktr yg tlsn nx kyg ckr aym thu.

    ======================================

    Saya juga ga ngerti kalo tulisan disingkat-singkat :)

  20. mba.. sya mau tanya cara perhitungan sedian obat yang perlu di ambil
    contoh resep :
    R/ pct 250 mg
    ctm 1 mg
    S.L. q.s
    mf pulv dtd no XII
    S 3 dd I pulv
    ====================
    R/ Amoxycillin 250 mg
    dextromethorphan 5 mg
    GG
    S.L q.s
    mf pulv dd no X
    S 3 dd I pulv

    bagaimana cara menghitung sediaan obat yang perlu di ambil??
    NB: di sebuah apotek tersedia PCT 500 mg, CTM 4 mg, Amoxycillin 500 mg, Dextromethorphan 15 mg, GG 100 mg.

    ======================================================

    Ini lagi mau menguji saya ya :D
    Saya yakin kamu sudah tahu jawabannya apalagi kalo mbak/mas seorang tenaga ahli madya farmasi atau sarjana farmasi bahakan apoteker.
    Ini materi praktikum formulasi resep saya waktu tingkat 2.

    Untuk resep 1
    mf pulv dtd no XII
    S 3 dd I pulv

    Artinya: ambil Paracetamol 250mg dan CTM 1mg tambahkan sacarum lactis (pemanis secukupnya), lalu campur menjadi satu dan bagi sebanyak 12 bungkus kemudian diminum 3 kali sehari masing-masing 1 puyer.

    Paracetamol
    Dosis 25-50 mg/kg BB/ hari misal beratnya anaknya 12kg = 300 – 600 mg / hari (kita ambilnya yg kecil aja 300mg/hari) kalo ga ada PCT 500mg aja.
    Karena itu per hari, jadinya per kali minum 100mg
    Butuh 4,5 tablet krn minum 3x sehari selama 7 hari
    Terimakasih

    • mohon maaf penjelasan anda sebenarnya kurang tepat..maksud dari resep diatas adalah:

      R/ pct 250 mg
      ctm 1 mg
      S.L. q.s
      mf pulv dtd no XII
      S 3 dd I pulv

      Karena untuk 12 bungkus puyer maka,

      PARACETAMOL yang diambil adalah:
      250mg x 12 = 3000mg
      lalu paracetamol itu ada yang 500mg yang umum, jadi..
      3000mg / 500mg = 6 tablet

      CTM yang disiapkan:
      1mg x 12 = 12mg
      ctm pada umumnya 4mg, maka..
      12mg / 4mg = 3 tablet

      untuk SL (sacarum lactis) ambil secukupnya / kira2 aja karena hanya sebagai pemanis

      semua itu (PCT 6tab, CTM 3tab, dan SL) digerus lalu di bagi menjadi 12 bungkus puyer

      berikan tanda atau informasi untuk diminum 3 kali sehari 1 bungkus alias +-8jam/x

      berarti setiap bungkus puyer mengandung (pct 250mg,ctm 1mg, dan sl)

      sekali lagi perhatikan ada tidaknya “dtd” karena itu sangat penting….

      Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s