OBAT BATUK

Semua orang baik dewasa ataupun anak-anak pasti pernah sakit batuk atau yang disebut common cold. Sakit seperti ini gejalanya berupa batuk, pilek, bersin-bersin, sakit tenggorokan, kadang disertai dengan demam.  Biasanya orang terkena penyakit “common cold” ini dikarenakan perubahan musim dan adanya peradangan.

Terapi batuk pertama-tama hendaknya ditujukan untuk mencari dan mengobati penyebabnya, misalnya antibiotika terhadap infeksi bakterial dari saluran pernapasan (bronchitis). kemudian, baru dapat dipertimbangkan apakah perlu diberikan terapi simtomatis untuk meniadakan atau meringankan gejala-gejala batuk. Juga harus dilihat apa jenisnya(obat-obat penting).

JENIS BATUK

1. Batuk produktif
Batuk produktif maksudnya Jika kita batuk dan mengeluarkan dahak. Memang tidak enak kalo batuk, suara yang berisik, tidak bisa tidur, tenggorokan juga capek. Halah cape deh….
Untuk itu jika batuk berdahak seperti ini dapat diobati dengan:

a. Uap air mendidih dihirup untuk memperbanyak sekret yang diproduksi di tenggorokan. Selain itu bisa dengan minum air yang banyak. Uap air yang tadi bisa juga di tambah menthol atau minyak lain yang dapat melegakan tenggorokan.

b. Minum obat ekspektoran. ekspektoran artinya memperbanyak produksi dahak yang encer dan dengan demikian mengurangi kekentalannya, sehingga mempermudah  saaat kita megeluarkannya. Obatnya OBH berbagai merek, karena didalmnya ada isi Radix Ipeca, GG, ammoniumklorida.

C. Minum obat Mukolitik yang gunanya Memperlancar mucosa. Obatnya seperti bromheksin, Ambroksol, asetilsistein.

Batuk produktif paling banyak diderita oleh orang yang sakit batuk. Obatnya banyak banget, saya tidak bisa sebutin satu-satu ntar dikira dagang hehehehe. Pkoknya kalo beli obat lihat komposisinya. Ingat batuk produktif/berdahak diobati dengan uap air, mimum banyak air, ekspektoran, mukolitik (bromheksin, ambroxol).

2. Batuk non produktif
Batuk non produktif artinya batuk tanpa keluar dahak atau batuk kering. Untuk itu tersedia obat yang dapat menekan rangsang batuk seperti zat seperti Zat pereda (Kodein, noskapin, dektrometorfan HBr), Anti histamin (prometazin, difenhidarmin maleate, klorfeniramin).

Karena itu kenali batuknya Apakah batuk kering (antitussive) atau berdahak (ekspektoran). Mau pengobatan yang model apa?
karena beberapa obat batuk malah bikin yang penderitanya batuk-batuk. Batuknya itu kararena sekret sudah encer jadi mudah untuk dikeluarkan. Bahasa keren nya “merangsang” tenggorokan untuk mengeluarkan dahak.

Pada dasarnya batuk itu merupakan suatu bentuk fisiologi yang bermanfaat untuk mengeluarkan  dan membersihkan saluran pernafasan dari dahak, zat-zat perangsang asing dan unsur alergi. Semoga tidak uhuk uhuk uhuk uhuk lagi :)

About these ads

36 thoughts on “OBAT BATUK

  1. @ Achoey

    Saya pernah malu lagi PKL jaga apotek terus batuk-batuk.
    kalo ditahan sakit sampai capek banget.

    “wah, kamu malu-maluin, apoteker kok batuk-batuk lagi jaga apotek!” kata ibu dosen

    *langsung beli dekstrometorfan*

  2. bahasanya lucu.

    “batuk produktif”

    ini beneran bahasa kedokterannya mbak?

    *alhamdulillah sudah lama tidak batuk :)

  3. om saya batuk udah tahunan lho…

    batuknya insya Allah bukan TBC tapi mirip batuk alergi

    yang agak bingung ngilanginnya gimana..

    ah…

    gimana oh gimana ya?

  4. @ natazya

    Batuk menahun kok di diemin mbak yu..
    Tapi tenang aja, coba cek makanan yang di konsumsi apa?
    Kurangi ngenil kaya chiki-chikian, minum es yang enak, bakso hehehe. Itu makanan yang merangsang untuk timbulnya batuk.

    Satu lagi deh biar lengkap, kecapean itu bisa bikin batuk. Mungkin dikau terlalu capek Nat. :)

  5. Mbak tlg ya, anakku umur 4 tahun beberapa hari ini dia kalau malam batuk. Batuknya panjang banget, gak berhenti2 dan kering. Sudah ke dokter dikasih antibiotik dan puyer obat batuk, obat sdh habis tp batuk blm berhenti. Saat ini kami coba resep tradisional kunyit + Madu+jeruk nipis. Tlg mungkin ada obat yg lain.

  6. @ Sutrisno

    Salam kenal mas sutrisno, maaf baru sempat membalas :)
    kalo boleh tahu obat apa yang diberikan oleh dokter?.

    ada beberapa terapi untuk penyembuhan, saran saya cari obat batuk yang ada kandungan anti histaminnya seperti
    difenhidarmin maleate atau klorfeniramin.

    Saya lupa merek obatnya apa tapi mas sutrisno bisa bertanya ke apotek terdekat.

    Terimakasih

  7. istri saya kalo sakit batuk, tiga bulan baru sembuh udah dikasih , siladex, imbost, OBh, antibiotik 500, pokoknye semua resep dokter (3 dokter) dibeli dan dihabisin,,enggak sembuh2 juga.. klo alergi harusnya menahun tapi ini klo sekali kena batuk.lamaaaa sembuhnya..kenapa ya,,?

  8. Mo ikutan comment ne, sblumna salam kenal ya..
    Emang batuk sangat m’jengkelkan, apalagi lama ga mau pergi2…huk..huk…3X Pengalaman pribadi faktor laen krn polusi di jalan, tp skarang mendingan stelah pake masker klau by motor. Bravo masker yg bagus dipakai apa ya? kasih tau dong. ga usah yg mahal2 gitu yg penting memenuhi syarat sbg penyaring udara tp baek jg buat pernapasan na.

  9. uhuk…uhuk…uhuk….
    cape dech………..dah batuk ni ampir sebulan, tp ga sembuh2
    kmrn abs dari dokter disuruh rontgen, alhasil kena bronchi.
    skrg malah tmbh parah ni, batuk mulu, dahak nya ga mau keluar….gmn donk solusinya????

    dah di kasih obat somerol 4, yg atunya bentuk kapsul racikan.

    tlg donk gmn cara ngilanginnya????

    • mohon bantuannya dampak jika saya konsumsi somorel 4, saya menderita batuk berdahak serta hidung tersumbat sudah 40 hari

      ======================================

      maksudnya Somerol 4mg produksi Soho.
      Kalo sudah 40 hari tidak sembuh sembuh sebaiknya ke dokter lagi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

      Untuk batuk berdahak dan hidung tersumbat memang bisa diobat dengan obat tersebut sebagai golongan kotikosteroid,
      namun menurut saya masih perlu obat tambahan lainnya. Mohon berobat ke dokter saja. Terimakasih

  10. Ibu yang saya hormati, mohon bantuan tips untuk menyembuhkan batuk yang sudah menahun, awal mula ibu saya batuk akibat cemoterapy akibat kanker rahim, dan efek dari cemoterapy itu kini ibu saya batuk, kalau makan pasti muntah akibat batuk itu.
    jadi saya mohon diberikan penjelasan akan hal tesebut dan obat apa yang harus ibu saya minum.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapakan banyak terima kasih..

  11. Salaam batuk2….!
    batuk saya dah 2 thn gak sembuh2, kata dokter alergi tp dah capek nih mkn obat dr docter,tradisinal jg udh, gimana.. dunks…ada saran gak..???.please bosan ni batuk mlulu..

  12. @ Latef

    Mungkin saja ini Rinitis Alergi, allergi pada sesuatu seperti debu, partikel, bulu, serbuk sari, dll.

    beberapa kasus dapat disembuhkan dengan Montelukast dan fluticasone/salmeterol tapi saya tidak tahu apakah kasus ini sama dengan latef karena setiap orang berbeda-beda pengganannya. Saya sudah check ternyata obat ini belum ada di Indonesia, sayang sekali

    namun tidak perlu sedih, Saran saya: Terapi yang paling utama adalah menghindari atau meminimalkan kontak dengan allergen. Apakah tahu Latef allergi apa? coba cek ke RS, namanya “test allergen” agak mahal sih… tapi dari situ kita tahu latef allergi apa.

    Setelah tahu, cobalah hindari atau diminimalisasi sambil mengkonsumsi imunoterapi (seperti peningkat daya tahan tubuh gitu deh).

    Semoga dapat bermanfaat.

  13. pagi bu….
    bpk saya sudah mgngidap batuk lebih dari 3 tahun, sudah coba macam2 obat tapi tak kunjung sembuh.. mnt tlg referensi obt batuk yg bagus dong…dan batuk menahun apa bisa disembuhkan?

    ————————
    Dear Hendro,

    untuk batuk menahun sebaiknya bapak perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis paru. Mungkin ada radang atau lainnya. Hal yang perlu diingat bahwa pengobatan paru perlu terapi minimal 6 bulan sampai 1 tahun. Jika obat tidak diminum teratur maka pengobatan harus diulang dari awal.
    Coba lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mendapatkan terapi yang tepat. terimakasih

  14. halo, salam kenal..:))
    Salam kenal juga ibu Ellaene

    saya seneng baca blognya, bahasanya enak, info2nya jg berguna bgt *thanks to mas google yg udah ngenalin saya, he3x*mo nanya sekalian tentang batuk yah..:))
    terimakasih, maaf abru sempat membalas. Saya baru pulang dari Madrid. Silahkan bertanya…

    anak saya, saat ini usia 25 bulan dengan bb 16kg dan tb 90cm, sering bgt kena batuk pilek. terakhir kena bulan kmrn, awal sept, akhir sept udah sembuh, eh awal okt ini batuk pilek lagi *sigh*
    untuk pengobatan, biasanya saya kasi triaminic pilek *kalo baru pilek aja* dengan dosis 3×2,5ml tiap hari. kalo udah keluar batuknya, baru saya kasi triaminic ekspektoran dengan dosis 3×2,5ml tiap hari. kmrn saya sempet cobain jg obat batuk vicks anak.
    Dosis yang diberikan sudah tepat ibu… ibu yang hebat, peduli dengan buah hati

    kalo saya rasa kelamaan gak sembuh2 *seminggu batuknya malah tambah parah, misalnya*, baru saya bawa anak ke dokter spesialis paru *dengan riwayat papanya punya asma*, dan biasanya dapet obat puyer yg super duper pahit *yg minuminnya ke anak jg kudu perang dulu*
    memang, anak susah sekali untuk minum obat mungkin nanti pake stategi perang yang lebih damai :D

    yg pengen saya tanyain, apakah ada obat yg relatif lebih aman dipake utk ngobatin batuk pilek tapi cepet sembuh? *kasian ama anak jg, sering minum obat kimia gt*
    Ada, namanya breathy. maaf saya ga jualan obat. Obat ini cukup efektif utuk menyembuhkan.
    Baca tulisan saya aja judulnya mengobati pilek :D

    trus, untuk jaga stamina, anak saya kasi imunos 2 hari sekali dengan dosis 1x5ml, diselang seling dengan scott emulsion dengan dosis 1x15ml. adakah cara lain untuk memperkuat daya tahan anak?
    thenkyu banget sebelumnya ya, maap kalo nulisnya jd panjang bgt..:))
    ga apa-apa. Untuk emningkatkan daya tahan tubuh sebikanya biarkan anak tumbuh dengan bermain yang cukup, berlari dan bermain bersosialisasi dengan teman membuatnya tumbuh dengan baik. tidak perlu takut berkotor-kotor… kan ada rinso *halah-halah*

    n.b. : saat anak batuk pilek, saya sering kasi “terapi” uap, maksudnya saya taro air panas yang saya kasi vicks vaporub di kamar, biar uapnya bikin hidung lega, dan hal ini saya lakukan sepanjang malam selama dia masi batuk pilek. apakah penggunaan / penghirupan uap vicks vaporub aman dalam jangka panjang?
    tidak ada efek apapun asal pakenya sesuai aturan dan tidak terlalu panas.

  15. salam

    saya punya batuk kering, tapi kadang pernafasan saya juga terganggu karena batuk tersebut, kaya orang asma, tolong donk kasih tahu obatnya,thank’s

  16. malam mau tanya kalau batuk kering mau kita obati dg sistem uap apa boleh air panasnya ditambah tumbukan bawang putih.makasih ya

    ================

    Batuk boleh saja dilakukan terapi uap dengan minyak esensial (snya salah satunya bawang). Gunanya untuk memperlancar tenggorokan yang tersumbat.
    Biasanya sih untuk batuk berdahak karena lendir ditenggorokan lebih banyak dari batuk kering. Kalo mau coba ya monggo…
    Tidak ada efek sampingnya.

  17. malam mbak, waduh anak saya batuknya belum beres-beres nih batuknya kering dahak gak mau keluar. Pernah dikasih obat tradisional daun babandotan kalo gak pake daun paria, baru bisa keluar dahaknya kental sekali, tp masih aja batuk, kasihan dianya sampai dia bilang coba semua obat dijadiin satu trus kakak minum, padahal dia baru berumur 4,5 tahun mungkin karena sebel sama batuk, capek katanya.

    saya sebagai orang tua khawatir sama batuknya tapi dianya gak bisa diem sih maen perang-perangan sama kakeknya keluar keringat, apa memang ada yang kena batuk sampai 40 hari atau 100 hari, kalo saya kasih obat batuk wood’s yang mengangdung dextromethorpan Hbr dan Diphenydramine khan dosisnya 3 x, kalo dikasih lebih gimana mbak, maksudnya kalo udah 2 jam tp masih batuk saya kasih lagi sesuai dosis. makasih ya informasinya.

    ====================
    Dear Fitri,

    Jika anak ibu mengkonsumsi obat yang dimaksud diatas maka obat tersebut ( diphenhidramine HCl dan Dextromethorphan HBr) maka obat itu digunakan untuk batuk kering. Dosis untuk anak dibawah 5 tahun 2 x sehari satu sendok (5mL).

    Jika anak ibu memiliki batuk berdahak, artinya batuk yang ada riaknya maka ibu bisa membeli di apotek dengan bahan aktif Ambroxol 30mg atau Bromhexine. maaf saya tidak menyebut merek. SIlahkan ibu ke apotek dan obat diminum 2 x sehari satu sendok teh (5mL).

    Selain itu coba ibu arahkan, boleh main setelah batuknya sembuh. Sekarang dikurangi kegiatan yang terlalu aktif.

    Salam.
    Rina Susanti

  18. salam mbak saya batuk kering udah 3 bulan..udah ronsen,dan cek up darah dll hasilnya normal…tenggorokkan rasanya seperti di gelitik gatalnya minta ampun….apa saya kena tb atau paru2 basah…?..tnks

    ========================

    Kalo semua normal, apakah Iwana alergi dengan sesuatu?
    Mungkin saja alergi dingin, kecapekan, makanan tertentu. Coab ke dokter lain untuk Second opinion. Terimakasih

  19. met pg mbk knp ya kalau saya batuk kok perut saya seperti ikut terangkat ditambah lagi kepala saya pusing kayak mau pecah.

  20. artikel menarik.. mba…
    saya lg batuk nih keliatannya produktif batuk nya sama dgn wkt 2 bln yg lalu. kbtulan aku tgl di eropa.. 2 bln lalu pas pergantian winter ke spring kena dan skrg dapat lagi.. :(( duh cape deh ..

    pertama sakit aku di kasih obat sm dokter Akut C200, trus mengenerate batuk jadi malah ga bisa tidur.. dan sekarang aku minum Aspecton HS tp dah 2 hari ini belum ilang2 malahan btk nya smp spt mau muntah mba.. jd sy ga bisa ngantor deh krn btknya jelek sekali. |Dan keliatannya batuk jg di generate sm debu krn jika di udara bebas batuk nya tidak separah dgn di dalam ruangan… mohon pencerahan

    ===========

    Dear Setio,

    Biasanya pergantian musim membuat badan perlu beradaptasi dengan suhu dan kelembaban yang berubah cepat.
    Jika daya tahan tubuh menurun maka tubuh jadi mudah terserang flu, batuk dan pilek.

    Kalo sudah begini, sebaiknya diobati. Coba aja ke farmasis (biasanya farmasis/ apoteker disana lebih punya kewenangan menentukan obat). Konsultasikan bahwa batuk Setio ini merupkan batuk produktif atau ekspektoran.
    Biasanya diobati dengan tablet Ambroxol 30mg yang diminum 2-3 kali sehari sesydah makan.

    Untuk meningkatkan daya tahan tubun sebaiknya Setio rajin mengkonsumsi vitamin C 60mg perhari. Tapi kalo lagi batuk seperti ini boleh beli vitacimin 500mg sehari.
    Pokoknya yang ada kandungan antioksidan, gunanya biar ga gampang capek dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kalo di indonesia seperti extract pilantus niruri, echinasea extract, dll.
    Terimakasih.

  21. permisi, , begini mbak, saya punya teman ,
    dia punya penyakit batuk sejak sekitar 2 tahun yang lalu., ,
    pernah cek d dokter spesialis,tp ndak ada perubahan , kemudian coba cek k puskesmas, ,
    kemudian dsana d anjurkan utk periksa dahak , dia di diagnosis, terkena paru2 kering, ,kemudian d beri obat dan d anjurkan untuk memakan makana berprotein tinggi, , setelah beberapa bulan batuk mulai mereda, , , tp belakangan ini , batuk nya kambuh lagi, , setelah check up termyata hasil nya negatif, ,namun terus saja batuk , , ,
    tolong saran nya ya mbak , , ,
    bisa d bls lewat email M_bayyuajie@rocketmail.com

  22. ini batuk bikin stress. perut sampai terasa sakit. gak sembuh2. udah ke dokter 3 kali. cape deh…

    ========================================

    semoga sekarang lebih sehat :D

  23. Slamat malam Bu
    Saya juga sdang mnderita batuk. Awalnya pilek disertai pusing lemas dan dmam. Saya kasih becom c. Pilek smbuh dan berganti dgn batuk. Lalu sya ke puskesmas, dikasi amoxilin, pengeluar dhak dan vitmin untuk 7 hari. Lwat tujuh hari kok ga sembuh2. Pengobatan saya lnjutkan sndri dgn cefadroxil mucohexin plus vitamin hingga 10 hari dan blum smbuh jga. Saat btuk memang sya keluar kota trus, jdi mungkn kcapekan. Skrg malah flu lgi. Sya kasi intunal, .ga. Sya mw coba pake ambroxol plus antibiotik. Gmna pndapat ibu. Skrg jga sudah byk istirahattidak keluar kota lagi. Trimakasih.

    ==============================================================

    Saya merekomendasikan David untuk minta Cuti tiga hari dan tidak bekerja dinas keluar kota dalam 2 bulan kedepan.
    Terlalu banyak minum obat malah tidak baik. Sekarang ke dokter lagi untuk berobat dan minta surat dokter kao David sakit dan buth istirahat.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  24. mba rini ysh,
    saya mau tanya: saya tidak mengalami batuk,tidak /bukan perokok,tapi tenggorokan saya selalu dipenuhi riak atau dahak,,sudah lama aku cari obat dan beberapa kali ke dokter tapi sampai sekarang belum adda perubahan.
    saya sangat terganggu dengan dahak ditenggorokan dan sering kekamar mandi baik dirumah atau dikantor,,mohon penjelasannya mbak dan apa obatnya

    =======================================================

    Mungkin saja ini pengaruh alergi dan daya tahan tubuh yang rendah.
    Coba perhatikan, kapan tidak batuk? atau kalo batuk setiap pagi saja? atau sore? apakah kalo lagi capek? atau makan makanan tertentu?
    Coba perhatikan dengan lebih seksama lagi.

    Memang ada juga yang batuk tetapi tidak sakit batuk, hanya sewaktu-waktu tetapi sering. Pelajari diri sendiri, seperti observasi dan kasih tahu saya hasilnya. Nanti kita bahas lebih lanjut. Terimakasih

    • klo batuk sepertinya tidak pernah,tapi klo makanan saya senang mengkonsumsi mie instan dan pedas,,juga suka minum air putih dingin dari kulkas.
      apakah semua itu berpengaruh terhadap penyakit saya ini?

  25. tolongin sya, btuk sya sudh 2 minggu gak sembuih, btuk sya batuk kering, sudh 1001 macam obat yg di munum, ttap gak sembuh2, tolong ksih saran dong

    =========================================

    Boleh disebutkan 1001 macam cara apa saja? mohon informasinya.
    Saya yakin kamu sudah berobat tapi apakah tepat? Saran saya berobatlah ke dokter spesialis yang benar ahli untuk hal tersebut.

    Obat yang dapat digunakan untuk pereda batuk kering adalah obat yang dapat menekan rangsang batuk seperti zat seperti Zat pereda (Kodein, noskapin, dektrometorfan HBr), Anti histamin (prometazin, difenhidarmin maleate, klorfeniramin). Berobat lagi ke dokter ya dan minat diresepkan obat tersebut. Terimakasih

  26. mba, boleh tanya? kalau obat batuk kering yang aman untuk penderita hipertensi & ada gangguan jantung apa yah? Makasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s