MEMILIH OBAT MAAG YANG TEPAT

menulis topik ini saya harus riset kecil dan baca empat buku (niat banget ya).

rekan saya bercerita tentang penyakit maag yang tak sembuh meski telah berobat mahal. setelah konsultasi dengan saya terus sembuh. ini bukan obat ajaib tapi tepat milihnya. mana mungkin duodenal ulcer diobati dgn gastric ulcer.

sakit maag dibagi tiga yaitu Esophageal ulcer (esophagus), Gastric ulcer (stomach), Duodenal ulcer (duodenum). untuk jelasnya saya akan bahas di postingan selanjutnya (lagi pake opera mini :-o).

cara mudah membedakan, Esophagus ulcer jika ada rasa terbakar di leher, sakit/nyeri didada waktu menelan. Gastric ulcer15 menit setelah makan semua bagian perut perih, rasa terbakar. Duodenal ulcer rasa nyeri agak lambat sekitar 1-4 jam setelah makan, hanya satu titik yang sakit, bisa ditunjuk letaknya. jika perut diisi makanan tidak perih. jadi udah tau kan bedanya? saya tergolong kena duodenal ulcer :)

penggolongan obat ada 8 yaitu antasida, penghambat sekresi asam lambung, mucosaprotectiva, antibiotik, penguat motilitas, penenang, pembantu dan anti emetika. saya jelasin dua terbanyak.

1. ANTASIDA
guna menetralkan asam lambung, tidak mengurangi volume asam tapi meningkatkan pH akan penurunan aktifitas pepsin. pH tadinya 2 bisa langsung naik 3-4.
obat nya seperti mylanta, polycrol, acitral, promag. isinya
antasid adalah kombinasi aluminium hidroksida, magnesium stearat, simethicone. biasanya antasid lebih banyak digunakan untuk penderita gastric ulcer. diminum sebelum makan karena pH lambung perlu di netralisir dan setelah makan karena dalam proses pencernaan ada kecenderungan asam lambung meningkat.

2. PENGHAMBAT SEKRESI ASAM LAMBUNG
dibagi dua bagian, yaitu:
A. H2 BLOKER obatnya simetidin, ranitidin, famotidin.
B. PROTON PUMP INHIBITOR obatnya omeprazol, lansoprazol, pantoprazol

Proton pump inh harus dalam bentuk enteric coated sehingga tahan menghadapi asam lambung dan pecah di usus halus lalu masuk melalui sel parietal dan mengikat enzim KHATPase. jadi kalo dapat resep ome, lanso, panto jangan digerus/ dijadiin puyer karna khasiatnya hilang.

untuk H2 BLOKER menempati sekektif di permukaan sel parietal sehingga sekresi asam dan pepsin dikurangi.

pemilihan obat yg palimg mudah diberi simetidin atau ranitidin seperti Rantin®, jika belum sembuh diberi famotidin seperti
Promag double strenght karna famotidin 3 kali lebih kuat dari Ranitidin. jika ingin yang lebih murah pake generik saja karna khasiat sama n sudah BABE approved

About these ads

142 thoughts on “MEMILIH OBAT MAAG YANG TEPAT

  1. salam
    Hmm saya suka kopi, tapi aneh sekarang kalau minum kop,i 2 jam kemudian sakit perut, apa itu tanda2 maag ya. trims, info yang sangat bermanfaat

  2. @ nenyok

    itu bukan tanda sakit maag kok. btw, asam lambung secara kontinue terus di produksi di lambung. saran saya jangan pernah minum kopi dalam keadaan perut kosong. pokoknya semua makanan/ minuman yang dapat meningkatkan sekresi asam lambung. tks

  3. @ Bri

    Serius ga tau? ……
    Faktanya hanya obat OTC (Over The Counter alias obat bebas) yang boleh di Iklanin *ngelus dada*.
    Bri, jadi sampai kapan pun Obat kaya Ranitidin, Famotidin, Lansoprazole (buat nyembuhin duodenal ulcer) ga akan penrnah nongol di Tivi.

    @ Chic

    syukurlah :) *sambil bawa batu*

  4. Mertuaku magh akut udah muntah hitam sering n dirmhskt cocokny obatny apa ya tiap masuk makanan beberapa menit muntah

    ====================================

    coba berobat ke dokter spesialis penyakit dalam. Tidak mudah menentukan obat yang tepat harus dilakukan test laboratorium dulu untuk tahu penyebabnya.
    Mungkin masalahnya bukan sekedar masalah pencernaan, mungkin ada pengaruh yang lain.
    Saya berharap semoga cepat sembuh.

  5. kalau sering sendawa itu, kejala maag juga ya? adakah obatnya yang tepat?

    ==========================

    Bukan, utuk namanya kembung hehehe
    Biasanya karena mengkonsumsi makanan tertentu atau pencernaannya banyak gas.
    coba aja beli obat, namanya tablet Simetikon :D
    obat ini untuk mengurangi gas dalam pencernaan. thanks

  6. tolong saya…
    perut saya awalnya suka berbunyi kruk…kruk…. trus sendawa atw buang angin kalo perut ngga diisi suka perih, sekarang makin parah lambung saya ada yang luka…
    mohon bantuan mengenai pengobatannya….. trims

    ==========================================

    Oke, disiapkan saja fee nya hehehe
    begini, sebaiknya sekarang pergi ke Apotek beli obat yang namanya Inpepsa (bukan promosi obat).
    Inpepsa, kandungannya Sucralfate yang bekerja sebagai mucosa protecta, pelindung dinding lambung yang sedang luka.
    Dimunum setiap setengah jam sebelum makan.

    selain itu coba deh, beli obat maag golongan proton pump inhibitor, namanya Lanzoprazole. Bentuknya enteric coated (tablet salut).
    Minumnya langsung ditelan, jangan dikunyah apalagi digerus.
    obat ini akan pecah usus halus dan akan membuat sel parietal terlindungi dan mengikat enzim KHATPase. kok ribert ya…

    terus untuk mengurangi gas dilambung yang berlebih disarankan mengkonsumsi tablet Simethicone, di apotek tersedia.
    btw, kalo ke apotek langsung ketemu dengan ibu/ bapak Apotekernya ya biar bisa diberikan dengan penjelasan yang cukup.

    Semoga cepat sembuh dan obat diminum sesuai anjuran. terimakasih.

    • Perut saya sering bunyi kruk kruk, trus sendawa terus, lambung gak perih si, cuma kadang sesak naafas (apa itu efek asam lambung?) , trus saya dikasih pantozol sama enzyplex dan vometa , uda 3 hari blom sembuh , gmna ya ?

  7. kalo mau beli inpepsa dimana ya kan obat itu harus dengan resep dokter?

    —————————————-

    Tidak perlu, kamu cukup ke Apotek dan beli Inpepsanya.
    Yang perlu pake resep dokter hanya obat keras. Cepet sembuh dan sehat selalu.

    • sy pernah pakai inpepsa ko krg cocok, knp ya … malah pakai lanzo sblm tidur dan plantacid forte sblm makan malah cocok … apa krn beda jenis maagnya ?? mhn penjelasan …

  8. Dok saya tergolong yang Esophageal ulcer (esophagus), obat apa yg cocok ya dok? Sy suka mengkonsumsi prosogan 30mg.. Tp kurang berpengaruh…trmksh

    ======================================

    Setahu saya, Prosogan memiliki kandungan Lanzoprazole. Tablet golongan proton pump inhibitor, yang menurunkan produksi asam lambung, sementara sakitmu ada di Esofagus. makanya ga sembuh.

    Coba dech ke Apotek Beli Ranitidin tablet (obat generik), golongan H2 antagonis/ bloker. Diminum 2 kali sehari setengah jam sebelum makan.,
    Lihat apakah ada perbedaan.

    Jika kamu sedang berpuasa, ada baiknya agar tetap terlindung, mengkonsumsi Inpepsa suspensi (beli Di Apotek). Diminum sebelum berbuka dan saat sahur.
    semoga membantu :D

    • kalo diminum sebelum berbuka, batal terus dong puasanya?

      ================================================

      Minumnya setelah berbuka puasa dan sebelum imsak :D
      jadi ga batal puasanya.

  9. wah bgs nihh.. ada dok lambung
    klo saya sakit maag biasanya tembus sampai di belakang
    jenis penyakit maag apa ini yach?
    apakah berbahaya? thx.

    ======================

    Dear Elkana,

    Terimakasih tetapi saya bukan dokter, saya Farmasis/ Apoteker.
    Mohon lebih diperjelas makasudnya “tembus sampai belakang”?

    Berdiskusi tentang maag itu luas sekali, dan banyak jenisnya.
    Mohon lebih spesifik bertanya.

    Pada dasarnya tidak ada penyakit yang berbahaya, jika sejak dini diketahui gejala dan dilakuakn pengobatan maka bisa segera diatasi.
    Yang membuatnya berbahaya adlah sakit didiamkan dan kalo sudah parah baru ke dokter.
    Demikian untuk dapat disampaikan. Terimakasih

    • Saya tergolong agak sering merasakan hal ini. Sakit ulu hati sampai ke tulang belakang. Akhirnya selalu saya ketergantungan, apabila sdh parah sampai2 obat maag tdk ada yg ampuh, saya hrs ke rs utk minta disuntikkan obat “ranitidin dan buskopan” dan hrs 2 obat itu spy manjur, krn pernah kejadian saya hanya disuntikkan 1 obat diantara itu, alhasil tdk ada perubahan.
      Semoga hal ini dapat membantu.

      ====================================

      Terimakasi untuk Sharingnya.
      Pemberian obat dengan injeksi seperti golongan Proton pump inhibitor memang lebih mempercepat kerja karena langsung disuntikan ke sasarannya.

      Saran saya jangan bergantung dengan obat tersebut tetapi ubahalah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat. makan secukupnya, kurangi asam dan pedas. Olah raga teratur dan jangan kecapekan/ kurang istirahat. TErimakasih

  10. mau tanya,,,ketika qta kena maag…kapan kita mesti pake ranitidin,kapan mesti pake antasida ato kapan mesti pake omeprazole????
    maksudnya berdasarkan atas gejala yang dirasain aja,,,
    bukan berdasar diagnosis dari dokter,,,

    thx

    ——————————————

    Thanks pertanyaannya. Memang sih agak panjang jawabannya. Bahasa mudahnya begini.

    Kalo lambungmu perih karena tingkat pH keasamannya tinggi sebaiknya gunakan antasida. Kerjanya cepat dan langsung mentralkan pH lambung. Spt Promag atau Mylanta

    Ranitidin, famotidine, tidine yang lain adalah golongan Beta Bloker. Kalo kamu sakit dan bisa menunjukkan letak sakitnya dgn jari maka itu disebut duodenum ulcer. Beta bloker baik sekali bekarja.

    Kalo omeprazole, lanzoprazole, esomeprozole, pantoprazole dan prazole lainnya adalah golonagn PPi, proton pump inhibitor. Obat ini biasanya enteric coated, artinya obat tidak akan pecah dilambung. Obat dilindungi (coated) sampai terlepas ditempat yang ditentukan. Obat ini manjur banget buat orang yang udah kena maag tahunan atau yang ga mempan pake golongan antaside. Ikuti aturan pakai yang tepat ya.

    Kalo masih mau tanya lagi silahkab :D

    • Maaf sebelumnya, saya mau tanya ranitidin itu obat apa ya?

      Soalnya ibu saya dulu berobat ke dokter keluhannya sih mual tp di kasih ranitidin sekarang sdh jarang mual.

      Dan sekarang saya itu punya sakit maag jg, rasanya sih setiap kali telat makan atau makan apa itu mual2, terus sama ibu disuruh coba ranitidin itu td?

      Jadi mohon penjelasannya tentang obat ranitidin tsb, terima kasih.

    • dok, awalnya saya pusing karena anemia trus setelah konsumsi sangobion tekanan darah saya jadi normal, tapi pusing saya gak hilang setelah kedokter ternyata saya ada masaalah dengan lambung.kira2 saya katagori yang mana ya klo perut perih n pusing2.timksh sebelumnya

  11. Klw untuk perut kembung terasa penuh seperti ingin meletus/pecah , obatnya apa ya ??? Thx

    ==================================================

    Jika perut kembung coba deh, beli obat yang ada kandungan Simethicone. Ada beberapa merek pilihan.
    tetapi jika ga ada, coba cari apotek kimia farma, tablet Bekarbon.
    kandungannya Activated Charcoal 250mg.

    Obatnya diminum sesuai aturan pakai 1-2 tablet perhari.
    Semoga cepat sembuh :D

  12. gak begitu paham bunda, tolong resepnya ajah. gejala aku perut kembung terutama kalau malam, semalaman penuh, susah kentut, terasa kembung di ulu hati, biasa “eo” lancar jadi keras, tolong dong bunda……………

    ==========================================

    Sebaiknya Asep mengkonsumsi Yogurt setiap hari.
    Tambah lagi enzim-enzim pencernaan biar pupny alncar dan tidak keras.

    Banyak merek dipasaran (Vitazym, Cotazyme, Enzyplex) tinggal pilih mau yang mana.
    Semoga membantu dan lancar BAB :D

  13. bun, saya pengen tanya, kalo proris ibuprofen 200 mg obat untuk sakit apa? oleh dikter internist saya dikasih obat lansoprazole dan proris ibuprofen 200 mg, amankah jika dikonsumsi bersamaan? dan apakah ulkus peptic itu? terima kasih atas infonya

    ============================================

    Sebaiknya setengah jam sebelum makan, minum obat Lanzoprazole tablet. Gunaya biar lambungnya/ bagian dalam tubuh lterlindungi.
    kalo sudah setengah ja, boleh makan pagi.

    Setelah setengah jam sesuadah makan dan ngason hehehe Ade minum ibuprofen tablet. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati nyeri dan ga enak badan. seperti sakit dan cenut-cenut. Terimakasih

  14. Hallo mbak…boleh y sy bertanya ya?. Kemrn sy ke dokter spesialis gastro yng menurut sy bereputasi terbaik…keluhan sy slm ini adlh jika perut tertekan mis menggunakan sabuk yng sngt press, maka perut sebelah kanan dan kiri menjadi tegang dan kadang melilit jadi cenderung spt kolik bgt, terutama perut bagian kiri. Bbrp dokter bilang itu adl asam lambung yng tertekan kmdn membalik ke atas sm spt balon yng ditekan di tengahnya, dokter yng satu inipun jg sama. Btw bnr dmk gak y, krn diluar kan ada isitilah bowel syndrome dan divertikulitas?…n bgmn sih spy bener2 gastro bebas gas spt ini….o iya obat yng diberi standar “prosogan” dan “librax”….

  15. mbak bs tolong disimpuln,,klu eso ulcer obatnya H2blok ya,klu gastrik ulcer obatnya antasida ya,klu duodenal ulcer obatnya PPI ya?klu salah tolng dikasi tau ya,,,terima kasih

    ===========================================

    betul betul betul

    kalo di lambung pake antasida = seperti mylanta, promag biasa
    kalo di usus 12 jari (duodenum) pake Proton pump inhibitor = sperti Lanzoprazole, Omeprazole, Pantoprazole
    Kalo di esofagus/ nyeri disatu titik bisa pake H2 bloker = seperti ranitidine, famotidine.

    just info aja.
    semua golongan obat PPI bisanya dicoated (disalut) agar tidak pecah di asam lambung melainkan baru akan pecah obatnya diusus halus.
    begitu loh.

  16. Dear Bu Rina,
    Saya mngalami sakit maag sudah 3bulan lebih, hamper tiap hari nyeri atau tdk enak di ulu hati, kalo nyeri dilambung tidak selalu. Bolak balk kedokter dikasi pantozol,vosedon,,neciblok,mozuku kadang dikasi socid omeprazole,motilium. Saya mau tanya,
    1. Obat apa yg cocok utk jenis maag saya?
    2. Pd saat nyeri sekali, obat apa yg bs lgsg meringankan?
    3. Apakah tdk apa2 obat2 tsp sy konsumsi jangka panjang (sudah 3bulan & masih terus sy lanjutkan)
    4. Obat alami tepung tapioka, singkong rebus,lidah buaya,kunyit,kunir,jelly gamat,jus noni apakah bisa menyembuhkan/memperparah?
    Terimakasih banyak atas kebaikan ibu, tq

    =================================

    Terimakasih Pertanyaannya, wah saya jadi ingin membuat postingan “Belajar Mengobati sakit Maag”.
    Saya jawab semua disana ya… biar lebih banyak yang mengerti.

    Jika sakitnya hanya diulu hati saja dan bisa ditunjukkan letaknya dimana maka yang diperlukan adalah H2 Bloker.
    Beli di Apotek tablet Famotidine. diminum 2-3 X sehari. Semoga cepet sembuh.

    update: 10/2/2011
    Saya sudah membuat postingan untukmu disini http://tukangobatbersahaja.com/2011/02/10/belajar-mengobati-sakit-maag-bag-ii/

  17. Kalo buat org yg nggak sakit maag tp dikasih minum inpepsa sucralfate pengaruhnya apa?
    Org ini baru slesai oprasi ambeien baru 2-3 hari gitu…
    Kok dikasih obat maag sih???
    Thanx :)

    ————————————————

    Dear Mel,

    Sampaikan salam saya untuk teman/keluarga yang baru selesai operasi ambeien, semoga cepat sembuh dan berkativitas kembali.

    Saya juga akan berpikir sebagai orang awam tetapi sebagai farmasis saya harus berpikir luas. Ada kuliah namanya Farmaklologi dan Farmakoterapi dalam obat. Biar tidak terlalu ribut kaya kuliahan saya jelasin pake bahasa mudah.

    Biasanya setelah operasi dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit. ada Analgesik kuat, antinflamatory dan golongan lainnya. Ambil contoh jika obat yang diberikan adalah Ketoprofen. Obat ini cukup baik diberikan memiliki efek samping mengiritasi lambung.

    Untuk itu maka sebelum minum obat ketoprofen, biasanya dikasih obat untuk melindung dinding lambung biar tidak teriritasi dan perih. Sucralfate salah satunya.

    Jadi sekarang tidak perlu khawatir lagi. Sucralfate diminum 2-3 X sehari, 20menit sebelum makan. Setalah selesai makan, tunggu 20 menit kemudian minum obat analgesik/ penghilang rasa sakitnya.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  18. saya pndrita maag akut, tp sy mnum polysylane n promag malah tmbh parah skrg malah kena gastritis n gerd…trus dpt resep mucosta, lansoprazole, n nystatin + mnum kunyit n temulawak pake madu, smpet smbuh tp bgtu dah 1bln kumat lg gmn nih tlg bantuannya…thx

    ===========================================

    Maag akut itu artinya sakit maag yang terjadi secara tiba-tiba. Kalo menurut saya, yang kamu derita sakit maag kronis karena sudah terjadi beberapa kali bahkan sudah menahun.

    Kalo dilihat pengobatannya sepertinya sudah masuk sakit maag yang kompleks.
    Sebaiknya kamu harus merubah pola hidup dan pola makanmu. Ini sangat tidak sehat.
    Kamu mau kan hidup sehat dan bahagia?

    Mualai sekarang kurangi asupan makanan yang merangsang kerja lambung, seperti makanan asam, pedas, panas, berlemak, gorengan. Selain itu Aby haru s bebas stress dan istirahat cukup. keseimbangan makanan, olahraga dan istirahat membuat semua akan baik. Jika kamu tidak melakukannya pengobatan dari dokter akan percuma. PERCUMA. Kamu harus berubah.

    Sebenarnya obat yang diresepkan sudah benar dan tepat. Lanzoprazole (PPinh) bekerja menstop produksi asam lambung, Mucosta (Rebamipide) melindungi dinding mucosa dan mengurnagi nyeri lambung, Nystatin (golongan antibiotik) mencegah terjadinya infeksi dan peradanga lambung. Obat herbal kunyit temulawak madu memang sangat baik untuk kesehatan.

    Yang salah bukan obatnya tetapi kamu sendiri, kalo sudah sembuh kembali kepada kebiasaan lama, Kalo sakit baru cari dokter.
    Berubahlah untuk sehat.

    Jika sekarang kena GERD, terapi golongan H2 antagonis (Famotidine 2 X sehari) bisa membantu menyurangi nyeri diulu hati tetapi sekali lagi perlu effort dari Aby sendiri untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  19. Bu, kalau makanan yang baik buat penderita penyakit maag apa ya?

    Mis: menu makan pagi apa?
    Menu makan siang apa?
    Menu makan malam apa?
    Buah2an yang harus di konsumsi?

    Terima kasih atas bantuan informasinya. Salam

  20. suami saya mengalami sakit maag sudah menahun.kadang mulut terasa sangat asam (apalagi bangun tidur), kadang perut perih.terkadang tdak ada nyeri di lambung tetapi seperti orang tidak ada tenaga/badan serasa lemas banget.akhir2 ini muncul sakit kepala dibagian belakang sperti mau pingsan.
    hari ini kami melakukan tes endoskopi dan hasil nya terdapat sariawan di lambung.
    dokter kasi obat lansoprazol 30mg, apakah itu tepat? mohon saran nya. terima kasih

    ==========================================

    Coab perbaiki pola makannya. Konsumsi air putih cukup, mengkonsumsi oaker oat setiap pagi, berolah raga teratur, tidak makan makanan yang terlalu asam, pedas, pahit, berlemak, jeroan.

    Obat yang diberikan sudah benar, mungkin perlu ditambahkan obat lainnya tetapi saya mempersilakan dokter untuk menentukannya.
    Minum sucralfate setiap pagi (Inpepsa ) boleh kok untuk menjaga lambung sehat. Terimakasih

  21. saya sakit tukak lambung, sekarang sdg kumat.. yang saya rasakan nafas kurang lega (pernah sesak nafas), di sela2 tulang rusuk dan belikat terasa pegal atau nyeri, ulu hati terkadang panas, gas sampai naik ke atas. setelah sendawa aga lebih enak.. sekarang saya konsumsi omeprazole dan inpepsa sedikit lebih enak, tolong sarannya bu biar saya cepat sembuh.. terima kasih..

    • Bu rina,saya terkena asam lambung tinggi..sudah beberapa bln ni, rasa’a sngat mengganggu. klo lg kumat saya sesak nafas, trkadang nyeri di dada, perut terasa penuh/kembung.kadang bdan terasa pegal smua.saya sudah di ksh obat omeprazole, ranitidine, magtral cair, vitazym tapi kdang msh ska kumat. Mohon sarannya. Tks

      ==========================================

      Sebenarnya obat yang diberikan sudah benar dan tepat. Kalo masih kumat artinya pernah sembuh dong? mungkin saja terjadi kambuh karena Andiens hanya mengikuti saran dokter kalo lagi sakit saja, nanti kalo sembuh balik lagi ke kebiasaan lama.

      Saya berharap ketika Andiens sudah sehat sebaiknya tetap menjaga pola hidup sehat. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan menciptakan suasana hati yang damai, jauh stress, kecapekan dan cukup istirahat. Kalo hal itu terjadi akan cenderung mempercepat produksi asam lambung berlebih sehingga kumat lagi.

      Selain itu karena faktor makarna seperti makan makanan yang pedas, asam, bersantan. Mulai sekarang dikurangi ya. Makan yang mudah dicerna dan dalam porsi yang kecil. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  22. mbk rina,,,
    sy mau tanya nie,,sekarang saya lagi kena skt gejala tipes,sblmnya memang sy pny sakit maag,,,
    dan sekarang bibir terasa agak panas dan kering,trs lidah terasa trecep-trecep,,apa itu karena panas dalam atau memang pengaruh dari skt tipesnya ea mbk??soalnya jd tidak nyaman,,
    solusine saya harus minum apa mbk??soalnya identik pns dlm kan minum vitamin C,,sedangkan orang yg punya sakit maag dan org yang lagi sakit tipes kan tidak boleh minum vitamin C,,
    misalnya saya minum larutan cap kaki 3 ada efek ke lambung apa tdk mbk???nek ada trs mending saya hrz bagaimana???tqyu y mb,…

    =====================================================

    Saran saya sebiaknya ke dokter untuk berobat, obat warung tidak bisa secara tuntas mngobati Tipes disertai maag.
    Yang terpenting menjaga pola makan yang bersih, sehat, jauhi asam, pedas, berlemak, gorengan. Menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Terimakasih

  23. Mbak, mau nanya nih,

    Sekitar 2bulan yg lalu, saya kena gatritis, ke dokter dikasih ranitidine, magtral dan obat untuk mual, saya konsumsi hampir seminggu, namun tidak ada perubahan. Saya ke dokter spesialis penyakit dalam, katanya saya kena GERD, dikasih Omaprozale 20 Mg (2kali sehari), acpulsif 5 (3kali sehari), neurobion untuk 2 minggu, sudah membaik namun perut saya masih suka kembung dan suka bikin sesek nafas. Saya ke dokter lagi,dikasih lanzoprazole 30mg, vometa, mucosta, polycrol, disflatyl untuk seminggu. Lambung udah gak suka perih lagi. Kembungnya masih menggangu, sering sendawa dan sering buang angin. Obat apa yah yg bs mengurangi kembung dgn aman? apakah enzyplex? dan obat ppi itu aman yah untuk jangka panjang? soalnya untuk pengobatan GERD setau saya minimum 1-2bulan.

    Saya juga minim propolis mbak, kira2 ada pengaruhnya gak untuk masalah pencernaan ini?

    Terima kasih yah mbak :)

  24. Sudah 4 bulan saya sakit magh kta dokter asam lambung tinggi maka perlu endoskopi tp sya gak ada biaya obat apa ya yg cocok u saya krn kyaknya udah parah nafas selalu sesak abis malkan kembung sakit dibagian dada tmbus kebelakang dokter cuma kasih sya lansoprazole mhon infonuya

  25. Mbak Rina, saya lagi hamll 6 minggu , sejak tahu hamil 4 minggu perut saya panas seperti terbakar, terus sama dokter diberi obat maag plantacid, baik cair maupun kunyah.. Karena tidak mempan dan sering nyeri plus rasa terbakar di sisi kiri saya ke dokter interna diberi ipepsa 500mg. Tapi saya baca untuk ibu hamil diberikan jika hanya sangat diperlukan. Bagaimana ya???? Katanya tidak ada obat maag yang 100% aman untuk bumil
    Thanks mbak Rina

    =======================================================

    Betul, semua obat memang memiiki dampaknya masing-masing tetapi sepanjang obat itu berdampak pada kesehatan dan penyembuhan ada baiknya tetap digunakan sesuai aturan pakai dan takaran obat. Terimakasih

  26. dear mbak Rina. Saya lagi hamil 6 minggu., Sejak tau saya hamil 4 minggu perut atas saya terasa sperti terbakar. Lalu di beri obat maag Plantacyd. tapi tidak mempan, makin hari makin sakit dan di perut kiri lbh terasa terbakar dan ada nyerinya. Terus saya ke interna diberi ipepsa, tapi ada tulisan “Penggunaan Inpepsa selama kehamilan hanya dilakukan jika benar-benar diperlukan”

    apakah obat saya cocok ya? tolong ya mbak Rina.
    Terimakasih ya

    ===============================================

    Dear Mbak Lily,

    Terimakasih untuk pertanyaannya dan semoga masa kehamilannya berjalan tenang dan lancar.
    Jika sekarang menderita gangguan pencernaan dan sudah minum Antasida masih belum sembuh memang ada beberapa piihan terapi salah satunya Sucralfate ( yang terkandung dalam Inpepsa).

    Sucralfate sendiri masuk kategori B ( sumber MIMS). Yaitu:
    Category B: Either animal-reproduction studies have not demonstrated a foetal risk but there are no controlled studies in pregnant women or animal-reproduction studies have shown an adverse effect (other than a decrease in fertility) that was not confirmed in controlled studies in women in the 1st trimester (and there is no evidence of a risk in later trimesters).

    Kalo yang disebutkan “Penggunaan Inpepsa selama kehamilan hanya dilakukan jika benar-benar diperlukan”, berarti termasuk golongan C.
    Saran saya sebaiknya diminum sesuai aturan pakai karena mbak Lily memang sekarang sedang benar-benar membutuhkannya.

    Asam lambung yang tinggi dan perih bisa juga disebabkan dari pengaruh psikis seperti kecemasan, khawatir dan fisik (capek). Sebaiknaya menjaga jangan kecapekan dan selalu berpikir positif. Terimakasih

  27. Saya menderita sakit di perut,sudah hampir 6 bulan, awalnya perut sering bunyi, hampir pernah, BAB keluar darah, ( tp sekarang sudah tidak lagi), tp yg saat ini yg menggangu habis makan terasa kembung, mual, susah nelan, tenggorokan tidak enak, malah terkadang suka meriang dan kepala pusing,.kira2 tau tidak untuk obat yang tepat untuk penyakit saya ini..terimakasih..

  28. sekarang asam lambung saya kumat…. apa yg harus saya lakukan? nafas saa jadi sesak…..obat yg ada lansoprazole dan ranitidin..tetapi sdh saya minum jam 6 sore td..dan sekarang sdh jam 11 malam. apa boleh saya minum obat itu lagi?

    =============================================

    Lansoprazole diminum 1 X sehari sebelum makan di pagi hari
    Ranitidine diminum 2 X sehari sebelum makan dipagi dan sore hari

  29. mbak, saya mau tanya, sebaiknya setelah minum lansoprazol, boleh minum vitazym? makasih :)

    ===========================================

    Memang sakitnya apa? apakah itu obat dari resep dari dokter? atau cuma kata teman?
    Mohon penjelasannya. Terimakasih

  30. mba, saya mau tanya teman saya punya maag, kalo perut sih udah pasti sakit yah, tapi kenapa sakit nya sampai ke sakit dada ? emang kalo punya maag sampai bisa sakit dada gitu ? obat apa yang harus dibeli,

    mohon pertolongan nya, Terima kasih banyak.

    =================================================

    Sakit maag memang bisa meyebabkan sesak nafas dan nyeri di dada/ uluh hati. Untuk itu perlu pengobatan proton pump inhibitor dan pelindung mocosa.
    Ke apotek aja, beli Lansoprazole dan Inpepsa. Cara pakainya:
    1. Lansoprazole 1 X sehari, pagi hari, diminum 1 jam sebelum makan (perut kosong),
    2. Sucralfate 2 x sehari, pagi dan sore, diminum 1 jam sebelum makan atau saat perut kosong.

    Obatnya diminum selama 2 minggu. Perhatikan pola makan, hindari pedas, asam, panas, berminyak, jauhi stress, istirahat cukup. Semoga cepat sembuh.
    Terimakasih

  31. bbrp hr ini, dr.ahli anak di rmh sakit tempat saya bekerja sering meresepkan puyer omeprazole yg setau saya tdk boleh d gerus.. Mohon penjelasannya, mgkn ada penelitian lanjut ttg pggunaan omeprazole pada bayi dan anak yg terlewatkan oleh saya.. Saya butuh referensi yg jelas sebelum mengkonsultasikan ke dokter bersangkutan..terimakasih

    ============================================

    Semua obat golongan proton pump inhibitor memang dalam bentuk tablet enteric artinya obatnya baru akan pecah nanti setelah melewati lambung karena memang enteric digunkan untuk hal itu. Lansoprazole, omeprazole, esopmeprazole, pantoprazole merupakan golongan Proton pump inhibitor. Saya tidak punya pustaka untuk penggunaan PPInh untuk bayi menurut saya jika terjadi gangguan pencernaan pada bayi dan anak-anak bisa menggunakan antasida ( aluminium , magnesium, simethicone) dan H2 antagonis seperti Ranitidine, famotidine sehingga tabletnya bisa digerus.

    Saya jadi bertanya-tanya, kanapa bayi minum Omeprazole enteric coated? memang antasida dan H2 antagonis tidak cukup mampu menyembuhkan?? Coba perbaiki pola makanna saja. Itu jauh lebih efektif. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  32. Mbak, Saya Sakit Maag Sudah 2th knp gak sembuh2 ya? padahal Non Bakteri HP, sampe sekarang masih minum obat dr Dokter Sp Pd. KGEH, dari awalnya saya minum solacap, campuran vometa dan frixitas, terus Pumpitor dan campuran tadi, trus, pernah minum Damaben di campur frixitas, dan terakhir Becantex campur frixitas, masih tetep perut ga enak sampe sekarang, krn terlalu lama saya pindah dokter yg lain Prof DR dr XXX SpPD KGEH, direwsepka, Aludona D, Ulpraz, dan Dogmatil, sejak minum obat itu kepala saya terasa pusing terus , apa itu efek samping obat ya?? setelah saya bilang sama dokternya, krn obat sudah habis, saya di resepkan Gastridin, Dogmatil dan Aludona D untuk 7 hari
    A-pakah ada obat yg lebih manjur dr obat tersebut? apa memang pengobatan maag butuh waktu lama

    terima kasih atas jawabannya

  33. Saya sama seperti bapak Putra, Saya juga sudah tahunan konsumsi obat maag, terakhir saya di resepkan Dogmatil, Aludona D dan Ranitidin, Apakah sudah tepat ( saya sering mual dan kepala sempoyongan ) saya sudah ke dr THT katanya lobang hidung yg sebelah kiri mampet di beri tetes hidung, ILIADIN dan Tablet Clarinase, oya ada tambahan Obat celebrax untuk nyeri Sendi, celebrax tidak saya minum ( krn saya alergi dgn obat2 NSID/aspirin dan lain2nya

    Apakah CELEBRAX termasuk Golongan Aspirin, ibiprofen, asamafenamat,?? apakah sudah benar obat saya untuk Grastisis? (maksudnya Gastritis)

    terima kasih

  34. mba saya menebus sebuah R/
    pantozol 20mg tab
    viometa tab 10 mg
    bacantex 100mg tab
    metronidazol 250 mg
    sistenol tab
    semuanya diiminum 3 kali sehari dan yg meminum obat itu nenek saya yg umurnya 78 tahun dan hanya menderita maag,
    apa tidak kebanyakan mba?
    saya ingin tau fungsi masing2 obat itu apa aja?
    ada yang interaksi ga mba antara masing2 obat itu?
    kemudian apa resep di atas itu termasuk yang sering dibilang polifarmasi?

    trimakasih mba sebelumnya….

  35. Mbak saya mau tanya,saya sudah sakit mag sekitar 2 minggu.perut rasanya penuh,klo dipencet sakit,nafas jadi sesak,keluar keringat dingin.saya sudah mengkonsumsi ranitidin sama lansoprazole trus pola makan saya sudah teratur tetapi ko masih sering kambuh?
    Mohon bantuannya….

  36. Mbak saya mau tanya,saya sudah sakit mag sekitar 2 minggu.perut rasanya penuh,klo dipencet sakit,nafas jadi sesak,keluar keringat dingin,kadang2 tenggokan terasa sakit.saya sudah mengkonsumsi ranitidin sama lansoprazole trus pola makan saya sudah teratur tetapi ko masih sering kambuh?
    Mohon bantuannya….

    =======================================================

    Apa sudah ke dokter?
    Mohon jangan diobati sendiri. Dokter lebih tahu dari kita.
    Sebaiknya bila ada sakit lanjutan sebaiknya konsultasikan ke dokter. Semoga cepat sembuh.
    Terimakasih

  37. Mbak, Saya Sakit Maag Sudah 2th knp gak sembuh2 ya? padahal Non Bakteri HP, sampe sekarang masih minum obat dr Dokter Sp Pd. KGEH, dari awalnya saya minum solacap, campuran vometa dan frixitas, terus Pumpitor dan campuran tadi, trus, pernah minum Damaben di campur frixitas, dan terakhir Becantex campur frixitas, masih tetep perut ga enak sampe sekarang, krn terlalu lama saya pindah dokter yg lain Prof DR dr XXX SpPD KGEH, direwsepka, Aludona D, Ulpraz, dan Dogmatil, sejak minum obat itu kepala saya terasa pusing terus , apa itu efek samping obat ya?? setelah saya bilang sama dokternya, krn obat sudah habis, saya di resepkan Gastridin, Dogmatil dan Aludona D untuk 7 hari
    A-pakah ada obat yg lebih manjur dr obat tersebut? apa memang pengobatan maag butuh waktu lama

    terima kasih atas jawabannya
    Reply

  38. setiap pagi saya selalu ga selera makan dan selalu mual, apalagi ketika mandi pagi2 sering muntah dan mengeluarkan asam……
    dan terkadang ga bisa makan banyak, namun sering juga lapar…
    apa masalahnya itu Bozz???

    ========================================

    Hal itu karena asam lambung terlalu tinggi. Coba setiap pagi sebelum makan minum Sucralfate ( beli diapotek Inpepsa) dan diminum 3 x sehari 30 menit sebelum makan. Makannya ga boleh banyak-banyak. Cukup porsi kecil tetapi dikonsumsi 4-5 x sehari. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  39. dear mbak Rina,
    Saya sering mengalami sakit maag yang tiba2 kambuh, rasa sebah di ulu hati dan nyeri di perut bawah sebelah kiri. Sudah jaga makanan, tapi masih sering stress. Pengobatan yang pernah diberikan antasid, lanzoprasole, ranitidine, dan inpepsa. Kalo sedang jauh dari dokter, apakah keempat obat diatas dapat saya konsumsi sekaligus?? Bagaimana urutan cara minumnya?
    Thanks.
    Regards.

  40. bu, saya di reepkan nexium dan aludonna D, tapi kok kepala saya mash slalu pusing ya? apakah obatnya terlalu keras atau saya tidak cocok dengan obatnya?

    ============================================

    Jika Satria merasakan efek samping karena pemakaian obat sebaiknya tanyakan dengan dokter yang waktu itu memeriksa.
    Apakah pengobatan harus dihentikan atau diganti dengan obat lain.
    Terimakasih

  41. bu, ayah saya baru menderita mag sekitar satu bulan. ayah saya mengatakan cuma sakit di bagian kiri di bawah tulang rusuk terakhir dan udah ke dokter dikasih resep omeprazol 20 mg, m**a (rebamipide 100mg), dan str**n P (400mg Polymigel), tapi ga sembuh juga untuk kedua kalinya ke dokter. dokter bilang tidak ada masalah sampai cek USG abdomen lengkap. dari hasil pemeriksaan hasilnya bagus karena ayah saya bilang ga bisa tidur karena sakit dikasih obat anti sakit (saya lupa namanya tp saya cek di internet katanya obat golongan narkotik). yng terakhir dikasih obat rebamipide 100mg dan P**t (sodium rabeprazole 10 mg). semua obat yang dibeli mahal karena buatan jepang, apalagi obat yang terakhir sampai ratusan ribu. mohon bantuannya bu..

  42. Bu mau tanya saya wanita usia 30 sebulan lalu saya baru gastocopy hasil nya agak merah dan byk gas….keluhan nya sering kembung,perut suka bunyi2,mual…dan ada nyeri….dulu dikiri skrg di kanan….saya di beri lanzoprazol sempat enakan tp krn sempat flu saya konsumsi obat flu juga…skrg mulai lg….apa efek dr obat flu n batuk ato obat maag yg saya konsumsi salah ya?
    Mohon pencerahannya…Thx

  43. sy suka minum kopi sampe 3 kali sehari,akhir2 ini rasa nyeri sebelah kiri ulu hati..apa sih obatnya kalau boleh langsung merek obatnya..???

    ====================================================

    Sebaiknya periksakan diri ke dokter. Nanti akan didiagnosa apa penyakitnya dan akan diberikan pengobatan dan resep obat yang tepat.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  44. Malam bun,saya bila strees banyak pikiran suka terasa nonjok di ulu hati,bahkan terasa seperti kebakar Dan sakitnya bukan main.mohon petunjuk obat yang tepat Dan pertolongan pertama untuk menanggulanginya.terimaksih

  45. Makanan apaa aja yg bsa mnaikan asam lambung berlebih? Saya sudah mngkonsumsi lansoprazole slama 3 x sachet..30 kapsul n ranitidin 3 x sachet 30 tablet + inpepsa.. Tp kdang masi ada panas d leher dan nyeri d dada..memang sih yg saya pakai obat generic..mohon dibantu obat apa yg bsa mghilangkan asam lambung+gejala2 sperti dada nyeri n panas tnggrokan.. Trims

    • setahu saya makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung adalah yang sifatnya merangsang seperti pedas, asam, juga santan,
      untuk obat2 yg digunakan, coba sebutkan cara minumnya seperti apa? ada kemungkinan cara mengkonsumsi obatnya belum benar, mungkin mba apoteker bisa menambahkan :D
      tq

  46. mbak mau tanya, mohon dijawab ya mbak…saya selama ini tidak merasa nyeri berlebihan di perut, hanya merasa kembung dan tiap pagi muntah (mungkin karena dorongan gas di perut)…sudah diberi sucralfat oleh dokter tetapi masih merasa kembung…saya seharusnya minum obat apa ya mbak agar cepat merasa sembuh dan enak kembali klo makan?

  47. mbak ..sy menderita magh, hasil endoskopi ada lecet di lambung. sdh dua bulan ini makan obat, librax, lancid dan propepsa. kalo propepsa diminum sblm makan? gimana lancid dan librax, sebelum atau sesudah makan? Apakah ada pengaruh ke ginjal kalo makan obat terlalu lama. Krn katanya librax termasuk obat keras? Thanks

  48. mbak, 2 bulan yg lalu pernah msk rs, krn jantung agak bengkak dan tekanan darah tinggi, tp setelah minum obat dr rs, sampe pulang, maag sy gak enak, sendawa terus, perut bunyi kruk2 terus, tenggorokan rasa ada yg mengganjal klu buat menelan. Kata dokter, itu efek dr obat yg saya minum, cpg, obat pengencer darah. saat ini sy minum obat simvastatin, farnormin, neulin ps, cpg. sedang untuk obat maag polycrol, lanzoprasol. tapi sampe skrg masih gak enak perutnya, terutama di tenggorokan, dan masih suka sendawa. kmrn sama dokter diberi librax, tp perut tambah terasa penuh. jadi sy berhenti minum librax. Ada teman yg menyarankan minum pantozol dan vitazym. Mohon peunjuknya. terima kasih sebelumnya.

  49. Hallo mba, saya mau tanya dunks… smalam saya merasakan sakit dibagian dada, kalau sakitnya datang, di dada rasanya nyeri sekali. trus saya ke klinik 24 jam, oleh dokternya diberikan obat Inpepsa & Lansoprazole. Kira2 saya sakit apa ya… karena saya lupa dokter bilang saya sakit apa gitu deh… mohon penjelasannya, terima kasih

  50. hallo,,,,
    saya berusia 36 thn,,sudah 3 minggu ini saya mengalami susah tidur,,dikarenakan terasa dingin dari inggul hingga tenkuk,,serta dada,,,perut terasa perih,,dan terasa penuh hingga ke ulu hati,,apakah ini sakit lambung yg kronis???
    jujur,,baru kali ini saya ngalami hal seperti ini, dan sangat membuat saya gelisah dan stress,,,apalagi kambuhnya saat lagi tidur lelap,,,awalnya saya coba diet,,,akhirnya terkena seperti ini,,,kalau pagi hari terasa perut sesak hingga ke bagian rusuk iga,,gak ada nafsu makan juga,,kalau sudah begitu kadang nyeri dibagian perut,,,kalaupun paksa makan paling dikit,,tapi itupun selalu bersendawa,,kalau gak sendawa pasti perut terasa sesak,,,,
    pertanyaan:
    1. apakah itu akibat dari infeksi pada lambung
    2. bagaimana mengatasinya.
    3. setelah konsumsi mylanta agak mendingan,,apakah saya hrs tergantung pada mylanta?
    apakah mylanta punya efek samping?

    makasih untuk jawabannya.

  51. saya dikasih obat gastridin itu dimakan nya sesudah akan atau sebelum makan soalnya ko lambung saya makin sakit soalnya keterangannya sesudah makan …yg betul sesudah atau sebelum makannya dik … mohon penjelasannya makasih ….

    ======================================================

    Gastridin mengandung bahan aktif Ranitidin. Ranitidin dapat diminum sebelum atau sesudah makan (May be taken with or without food).
    Saran saya sebaiknya diminum 30 menit sebelum makan. Terimakasih

  52. kalo bedanya simetidin dengan ranitidin apa ya mba? kedua obat itu kan sama-sama golongan H2 blocker.. :)

    ======================================================

    Kamu bisa googling sih.
    Meskipun sama-sama golongan H2 antagonis tapi potensi atau kekuatannya berbeda.
    Ranitdin jauh lebih kuat dibanding Cimetidine. Terimakasih

  53. Mba tolong saya, apa berbedaan khasiat omeprazole tablet dengan omeprazole injeksi?
    saya kerja di asuransi dan dibuku panduan obat yang saya punya ada catatan omeprazole injeksi hanya boleh diberikan untuk orang yang pernah punya RIWAYAT PERDARAHAN PADA SALURAN PENCERNAAN sedangkan pada omeprazole tablet tidak ada.

    Saya sering ditanya oleh orang apotik apa alasan medis kalau saya tidak melegalisasi omeprazol injeksi sedangkan dokter meresepkan obat tersebut tetapi pasiennya tidak pernah punya RIWAYAT PERDARAHAN PADA SALURAN PENCERNAAN?
    Mohon penjelasannya mba….thank u.

    ====================================================

    Keduanya sama-sama memiliki bahan aktif dan fungsi yang sama sebagai obat maag golongan proton pump inhibitor. Kalo rute pemberian obatnya tentu saja berbeda. Jelasnya akan saya buatkan postingan. Terimakasih

  54. minum susu kambing broo.. itu bagus utk sakit maag dan asam lambung.. 20 menit lgs diserap tubuh.. higoatnetwork.com

    =========================================================

    seperti iklan berbaris hehehe

  55. Halo miss TOB alias Tukang Obat Bersahaja, saya memang punya penyakit maag ni ud dr taun jebot deh, yg kyknya ud parah ni, kl ud kumat bisa dr mlm sampe pagi baru hilang ( skitar 8-9 jam), ulu hati yg sakit bgt, ga bs nafas, sampe kluar keringat dingin jg, sakitnya sampe nusuk2 ke punggung, aduh pokoknya tersiksa banget dech kyk pengen mati gtu ^^.. ud berobat ke dokter tp blm coba yg spesialis ( ngeri sama hasilnya ), jd skrg2 yg saya minum kl mau kumat2 gtu baru omeprazole, tp jg lama2 ga ngefek deh,tapi nanti saya mau coba ke pantoprazole kali ya mungkin bs lebih cepat hilangin rasa2 sakit di ulu hatinya, selain itu yang ingin saya tanyakan, apakah merokok juga menyebabkan produksi asam lambung meningkat ? ( krn saya perokok + pmnm kopi ) Thx miss TOB

  56. haloo…

    mohon sarannya. usia saya 31 tahun. bulan maret 2012 lalu setelah tes darah sy positif h pylori. kemudian di endoscopy terlihat lambung saya radang. setelah perawatan triple, bakteri negatif sesuai hasil tes nafas urea. namun sampai sekarang sy merasa keadaan nya gk membaik. malah perut kiri sering sakit.

    asam lambung sering naik. sesak hingga jantung debar2. yg terbaru sy sulit menelan dan setelah makan perut terasa penuh sesak. ditenggorokan pun terasa panas. nexium, pariet dan prosogan sudah sy coba minum. bersama acitral, mucosta, mozuku, inpepsa. utk mual regit, lalu ondancentron.

    sebaiknya sy minum golongan apa yah. kok rasa nya ke 3 macam maag diatas sy alami.
    mohon info nya…terima kasih

    =============================================

    Terimakasih pertanyaannya,
    nanti akan saya coba ulas dalam postingan. Terimakasih

  57. Halo Mbak Rina,

    Saya ingin menanyakan perbedaan dari Omeprazole, Lansoprazole, Pantoprazole dan keluarga zole yg lain, apakah obat-obat tersebut mempunyai fungsi utk masalah pencernaan yg sama dan hanya sebatas dosis atau untuk penanganan yg berbeda. Terimakasih.

    Salam

  58. Obat kandungan domperidone menurut miss tob sebaiknya diminum sebelum apa sesudah makan ? Thanks

    ======================================================

    Domperidone pengunaannya saat perut kosong ( sebelum makan).
    Should be taken on an empty stomach. (Take 15-30 min before meals.)
    Terimakasih

  59. Ibu, saya mau tanya saya menderita sakit maag sudah lama (kronis), dan gejalanya terutama adalah jantung berdebar dan berat didada, kadang dada sampai panas dan dan saya berobat ke dokter diberikan ranitidin, tetapi masih sering kambuh terutama kalau malam hari sangat nggak enak. mohon sarannya.

  60. sis mw nanya,kalau siap makan rasanya berat gitu, suka sendawa Dan kentut Dan suka bab stelah, itu kena maag apa ? tapi kalo udah Di kasih ranitidin enak perut rasanya, tapi efek ranitidin abis, ngulah lagi

  61. sis mw nanya,
    aku suka rasa penuh setelah makan,gak enak badan Dan lemas, kdang siap makan suka sendawa kentut . siap makan rasanya kayak ingin buang air besar, tapi kadang keluar kadang enggak, bab bs 1-2 Kali sehari stelah makan,
    tapi kalo minum ranitidin rasa penuh,gk enak badan,rasa bab hilang, tapi kalo efek obat abis atau udh g minum obat LG, rasa itu mncul LG, gmana ngatasinya ya ??

  62. hendris..
    hi.. saya mo nanya istri saya sedang hamil sekitar jalan 11-12 minggu, maag nya suka nyeri dan di kasih nexium (mahal yah:D), dan di beri pengganti omeprazole 20 mg amankah?? bagaimana dengan actiral?? thx

  63. salam………..
    saya mau tanya
    sudah 2 minggu ini saya ada masalah dengan pencernaan
    kadang perut mual habis makan. tapi tidak setiap makan terus mual cuma kadang-kadang saja.
    kalau pagi hari juga kadang mual.
    di perut bawah dada kadang perih tp tidak sakit sekali. kira-kira saya sakit apa ya. dan apa obatnya. terimakasih. GBU.

    =======================================================

    Menurut saya Mas Iwan ini kecapekan dan telat makan ditambah kurang istirahat.
    Saran saya sebaiknya istiraht yang cukup dan perbaiki pola makan menjadi lebih sehat.

    Tidak semua penyakit harus minum obat. Cukupi makanan sehat dan pola hidup terjaga. Terimakasih

  64. Kalo yang bagus buat bumil apa ya???

    ===================================

    Untuk dosis yang tepat silakan konsultasikan dengan dokter.
    Jangan sembarangan minum obat saat hamil. Terimakasih

  65. saya obesitas trus sy diberi kapsul Xenical,
    tapi perut saya malah mules setelah minum xenical,
    apa sy harus stop minum xenical ato sy harus nambah minum obat maag??
    mhn jawaban dari dokter…

    =======================================

    Siapa yang menyruh minum Xenical? Penggunaan Xenical hanya boleh diberikan dalam pengawasan dokter.
    Kenapa tanya saya? apakah membelinya tanpa resep dokter? itu hal yang salah.

    Hentikan pemakaiannya sekarang. Tidak boleh sembarangan minum obat ini. Lakukan perubahan pola hidup.
    Cara termudah untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan makanan, berolah raga teratur dan hindari stress. Be Happy with youself.
    Terimakasih

  66. apakah benar kalau sakit maag itu memang tidak bisa benar-benar sembuh?
    saya sakit maag, oleh dokter diberi omeprazole 20mg, librax, dan polycrol forte… setelah obat habis, masih terasa sakit (saya berusaha keras untuk tidak telat makan dan tidak mengkonsumsi asam, pedas), saya pernah mencoba untuk sehari tidak minum omeprazole, tp rasanya malah mual2 terus.. Kemudian saya direkomendasikan untuk mengkonsumsi ranitidine… apakah boleh langsung berganti obat? (dari yang semula omeprazole menjadi ranitidine).? dan apakah obat-obat tersebut (omeprazole dan ranitidine) boleh dikonsumsi dalam waktu jangka panjang? maksimal berapa lama?
    Terima kasih info nya.
    sakit maag itu rasanya menderita sekali ya, Mba… T____T

  67. owh ya, sebenarnya saya ingin sekali untuk tidak terus-menerus mengkonsumsi obat-obatan tersebut (ini konsumsi obatnya baru jalan 3mgg). Saya takut menjadi ketergantungan terhadap obat-obatan tersebut.. Apakah bisa benar-benar melepaskan obat-obatan tersebut?
    Mohon info nya. Terima kasih.

    ===========================================

    Tentu saja, minum obat itu ada takaran dosis dan bukan untuk diminum setiap hari seperti supplemen.
    Diminum saat sakit dan harus sesuai dosisnya. Jangan salah minum obat dengan terus menerus.

    Ubdahlah pola makan menjadi lebih sehat. Terimakasih

  68. Mbak, ranitidine boleh dikonsumsi sama ibu hamil gak?
    Trims

    =======================================

    Boleh dikonsumsi tetapi harus dengan resep dokter.
    Penggunaanna juga harus tetap diawasi oleh tenaga medis. Terimakasih

  69. Saya baru saja menjalani operasi laparatomy karna ada luka di usus dan rahim. Perut saya bagian bawah terasa sakit dan nyeri, dan kadang2 kembung. Oleh dokter kandungan, saya diberi lansoprazole, gastridin, anfix (antibiotik). Ketiga obat tersebut diminum secara bersamaan 2x sehari sesudah makan. Apakah memang begitu cara minum obatnya?
    Trims atas jawabannya.

  70. met siang…saya sepertinya sudah lama sakit maagh,tpy bru x ni sya muntah darah kehitam2an…dokter meresepkan obat namanya nexium,itu obat untuk apa ya??n mnt pnjelasannya dung mngenai pnyakit saya….trmksih….

  71. boleh ndak ranitidin ato vometa diberikan bareng sama omeprazole?

    ==========================================

    Itu tergantung sakitnya apa.
    Kalo Ranitidin untuk H2 antagonis untuk sakit perih dilambung.
    Omeprazole golongan PPi untuk sakit nyeri ulu hati
    Vometa untuk mengurangi mual dan sebah

    Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan yang tepat sesuai dengan sakit maag mu.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  72. Sy sakit maag sdh 2 bln dan sdh berobat ke. Dr sp PD gastroenterology msh jg blm sembuh.sakit yg sy rasakan perih dibagian ulu hati yg amat sangat meskipun diisi makan. Terkdg hilang sebentar, dan kmdian perih lg. perut rasanya kembung dan susah BAB. Sdh diberi obat acpulsif 3×1, pankreoflat 3×1 ,pantoZol 40 mg 1x, stablon 2×1 dan magard fa 1x. Tp gejala tdk jg berkurang. Apakah obat yg tepat utk sakit saya ini? Tolong saya.

  73. Mbak mau nanya,dulu saya pernah tiba2 badan lemas dan ulu hati sampai terbakar dan demam tapi hanya semalam dan sejak itu asam lambung naik bahkan sampai (maaf)pup agak hitam,dapat omeprazol sama amoxicilin sama inpepsa,lalu agak mendingan tapi ulu hati yg g enak terus dan disebelah pusar 1 titik sakit. Setelah baca2 apa masi perlu famatidin? Soalnya obat mau habis,
    Lalu yg saya tanyakan omeprazol dkk mengapa dilepas di usus jika yg sakit lambungnya mbak?
    Feedbacknya thanks

  74. Malam mba, saya mau tanya donk… Anak saya 3thn, sekarang dia sakit, muntah2 terus, setiap makan muntah, susu muntah…. Dl dia pernah punya riwayat infeksi pencernaan atau maag sepertinya, sempat di opname sminggu di rs… Skarang terulang hal yg sama seperti dl, seperti nya kali ini penyebabnya adalah saya telah memberikan dia vitamin c dalam keadaan perut kosong, apa mungkin maag nya kena atau apa??? Kata teman saya yg apoteker juga , anak saya harus dipuasakan makan n susu dl, jd di ksh air gula saja sama biscuit regal di lembekin… Hr ini saya coba dan berhasil anak saya tidak muntah… Dokter ada ksh obt anti mual racikan…. Tp kemarin habis saya ksh obtnya anak saya tetep muntah pd saat di ksh susu… Makanya hr ini saya puasakan… Pertanyaan saya, apakah obt anti mual itu sama saja dengan obt maag??? Dan apakah dengan hanya pemberian anti mual itu dan dipuasakan makan n susu lambung anak saya bs kembali pulih?? Mohon info nya yah mba, saya sudah sangat bingung n sedih dengan keadaan anak saya sekarang , thx …..

  75. apa bedanya ANTASIDA DAN MYLANTA : saya sudah 2 hari sabtu/minggu ini perut terasa sakit dan diare pada hari senin ini perut masih posisi yang sama kadang sakit kadang sembuh saat ini di sertai tulang leher dan tulang persendian pada sakit …

  76. saya sakit luka lambung, dan didiagnosa dokter gastritis antrum dan bile refluks, saya udah minum obat lanzoprazole 2 x 1,hampir sebulan, kenapa rasa menyesak masih ada? apa luka lambung masih ada

  77. saya sakit di uluhati
    dada dan napas kadang-kadang sesak
    ada hawa dingin keluar dari kerongkongan
    saya dikasih lanparazole 30 mg dan alculsif 5 mg oleh dokter
    tetapi masih ada nyeri d uluhati
    gmana dok

    ========================

    Kalo masih sakit sebaiknya periksakan dri lagi ke dokter.
    Selain itu biasakanlah makan dalam porsi kecil, berhenti makan makanan pedas, asam, bersantan.
    Satu lagi, selalu ceria, dan tertawa. Be Positive thinking. Terimakasih

    • Sist …saya bumil 4 bln, lg punya problem mag kronis …dari lambung sampai tenggorokan rasanya terbakar …sy sdh dari dokter ksndungan dikasih magtral tp msh blum ada prubahan ….sy hrs gimana donk soalnya lg hamil takutnya mnm obat nanti brmsalah sm bayinya ….tolong donk sist ….obat apa yg tepat u sy ..??

      ===================================================

      Saran saya Ibu periksakan diri ke dokter kandngan lagi dan katakan bahwa penggunaan obat tersebut (obat golongan antasida) belum dapat meredakan sakit maag saya. Nanti dokter yang akan memberikan pengobatan yang lebih baik. Memang pilihan terapi pengobatan jadi sangat terbatas karena ibu masih dalam kondisi hamil.

      Untuk memperceoat kesembuhan, saran saya ibu sebaiknya lebih banyak beristirahat, jangan banyak pikiran, kurangi aktivitas, makan dalam porsi kecil tapi sering. Kalo ibu banyak pokiran/ emosi yang fluktuatif maka akan merangsang kerja asam lambung untuk mengeluarkan cairan asam lambung sehingga terapi sakit dan perih sampai ke ulu hati dan tenggorokan. Minta dielus-elus punggungnya dengan suami agar ibu merasa nyman dan tidak sendiri. Terimakasih

  78. Pagi BU, saya suseni (42 th) Saya mengalami masalah lambung/ maag kambuhan dan sudah cukup lama. Kira kira 2 th lalu saya sakit maag cukup parah dan berobat di Dps, waktu itu saya diberikan Tidifar 400, spasminal. Saya pulih waktu itu. Nah… Sekarang setiap kali datang maag saya minum polisilane sebelum makan dan minum Tidifar , spasminal sesudah makan. Utk selanjutnya saya berusaha menjaga pola makan.

    bbrp hari lalu, saya terkena flu dan minum obat flu yg kemudian balik menyerang lambung. saya coba kembali minum obat yg sama tetapi tdk ada efeknya. Mohon penjelasan dari ibu dan terimakasih sebelumnya, GBU.

    =====================================================

    Boleh tahu obat flu apa yang diminum?
    Obat yang disebutkan sebaiknya diminum dalam perut kosong (sebelum makan). Kalo belum sembuh mungkin karena istirahtnya kurang dan kondisi mas/mbak yang lagi drop sehingga akan merangsang asam labung bekerja lebih banyak keluar. So, istirahat, setelah minum obat flu segera istirahat. Jaga kondisi badan mengingat musim hujan masih panjang. Terimakasih

    • Makasi penjelasannya mbak. Obat flu nya alpara dan antibiotika bimoxyl. Ada teman yg memberikan saya obat tablet lansprasol15 berlabel bukan obat generik, bertanda dlm lingkaran merah K , Apakah bisa saya mencoba minum obat tersebut. Mohon penjelasannya dan terimakasih banyak. GBU.

  79. dok
    setelah minum lansoparazole 30 mg dengan teratur selama 4 minggu
    keluhan seperti sakit perut sebelah kiri dan punggung serta pusing sudah hilang
    hanya dibagian uluhati agak sebah/penuh dan makan juga sudah stabil dan nafas sudah lega/sdh ga sesak,, tetapi yang saya tanyakan kenapa kadang-kadang hawa dingin dari mulut masih keluar ya dok…

  80. Siang Dok,
    Saya mengalami sakit lambung yg sudah berbulan-bulan tidak sembuh dan sudah di berikan obat dokter berbagai macam obat seperti Lancid, becantex, Rantin dll (terakhir Nexium belum di komsumsi), bahkan sudah beli sendiri obat bebas seperti Aztrin, jelly gamat luxor & stopmach care tp sama saja tidak ada hasil.

    Berikut saya ceritakan singkat sakitnya :
    Setelah kurang lebih 1 / 2 minggu setelah lebaran 2012 saya sering ke dok ugd dgn diaognasa ISPA dan setelah itu saya merasa belum sembuh dan mulai mual dan sakit bahkan sudah sampai saya rasakan ke kuping lalu saya lanjut ke dok specialis penyakit dalam dgn diagnosa GERD dan di anjurkan untuk endoskopi dan hasil diagnosa endoskopinya ESOFAGITIS grA (LA Classification). Bahkan sudah saya cek juga ke dokte THT dan sudah di endoskopi juga dan di anjurkan dr dok THT untuk fisioterapi (tp blm saya lakukan). Sampai saat ini belum ada perubahan dan mohon saran dari dokter.

    =============================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya. Saya seorang Farmasis/ Apoteker dan bukan dokter :D

    Kalo sudah berbulan-bulan sakit tidak sembuh berarti ada yang tidak balance dalam pola makan Norman.
    Saran saya mulailah untuk hidup dengan pola makan yang sehat. Makan dalam porsi kecil tetapi kering. Hentikan mengkonsumsi makanan pedas dan asam karena akan merangsang sekresi asam lambung menjadi naik dan terjadi refluk (naiknya cairan lambungke esofagus).

    Tidurlah yang cukup. Kurangi aktivitas sehari-hari dan banyak tertawa hehehehe. Itu sangat membantu untuk cepat sembuh. Obat yang diberikan sudah benar : Lansoprazole (lancid), Rebamipide (Becantex), Ranitidin. Obatnya diminum sebelum makan (saat perut kosong).

    Jaga emosi dan kondisi psikis. Be happy dan smile. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  81. Slmt sore,Ass..salam sehat,salam sejahtera..
    bbrp bln ini sy ada kluhan d perut (lambung)sy mba.perut rasanya penuh,kembung…bahkan suka terasa sesak napas klo makan rada banyak sedikit.dada kadang terasa sakit sampe tembus ke belakang.pkoknya rasa di perut betul2 tidak nyaman…sy blm berobat k dokter,tp berinisiatif untuk membeli obat bebas k apotek.sy jelaskan keluhan sy di apotek dan sy disarankan untuk mencoba obat vitazym.pertanyaan sy apakah obat itu bs menghilangkan keluhan sy ato paling tdk mengurangi…ato klo misal hrs ada tambhan obat lagi kira2 apa ya nama obatnya….sy tunggu infonya,trimaksih sebelumnya…..salam..

  82. Siang
    Apa boleh bertanya,
    Saya menderita penyakit maag, mungkin bisa saya ceritakan kondisinya :
    1. Nyeri di perut tidak selalu muncul, malah jarang
    2. Sakit terutama datang di Ulu Hati yang terasa nyeri, badan lemas, keluar keringat dingin, susah bernafas, terutama di tenggorokan yang terasa susah dibuat menelan
    3. Kalau sudah bisa bersendawa, sedikit terasa enak.
    4. Kadang2 sakit terasa di jantung atau paru-paru

    Apa ada hubungannya dengan kondisi mulut yang sering terasa asam, kecut ? Saya sementara sudah berhenti merokok, minum kopi dan teh dan mencoba memperbanyak makan walaupun sedikit.

    Apa boleh tau obat yang Cocok buat saya? terima kasih

  83. mba sy pny pnykit asam lambung sering kembung & sesak nafas trz sy udh minum obat apa saja seperti promag,myllanta,kunyit sampe obat tolak angin .. Sy cm mnt saran ajj obt apa yg bagus & aman bwt asam lambung & maag .. Mksh sblm’a

  84. Selamat malam .. aq nay mau tanya obat magh yg sudah akut apa y ? Sakitnya sesekali suka kambuh dan jika sedang kambuh saya sampai tidak bisa bangun .bahkan sampe2 saya sering masuk rumah sakit karna saya sampe kehilangan kesadaran atau pingsan ..
    Kira2 apa obatnya ya . Omeprazol tidak mempan untuk mengurangi rasa nyerinya ..
    Mohon bantuannya ya . Terima kasih

  85. Hallo mbak, saya sering sendawar, sakit dada, sesak nafas, dada terasa penuh dan seperti ada yang menjanggal di kerongkongan kalau mau menelan juga sering pusing dan leher bagian belakang terasa tegang, kata dokter asam lambung naik. sudah dikasih ranitidin 1 bln sempat sembuh tp kambuh lagi dikasih lansoprasol, 1×1 mucosa 3×1 tp blm sembuh juga, apa dosis sama obatnya sudah benar atau harus ditambah lagi dosis sama obatnya… ? thx atas bantuannya

    =======================================================

    Obat yang diberikan dokter sudah benar kok.
    Ranitidin 1-2 x sehari sbeleum makan (perut kosong)
    Lansoprazole 1 x sehari (dipagi hari sebelum makan)
    Mucosa diminum 3 x sehari sebelum makan.

    Selama masa penyembuhan, buatlah diri nyaman seperti makan dalam porsi kecil tetapi sering. Hindari makanan pedas dan asam. Penting dan harus dicatat ya, pedas dan asam stop.

    Kemudian harus ceria dan ga boleh kecapekan apalagi kurang istirahat karena kana mengingkatkan produksi asam lambung berlebih. Mengkonsumsi obat tersebut selama sebulan penuh. Konsultasikan ke dokter ketika obatnya sudah habis untuk terapi lanjutan bial belum tuntas. Terimakasih

  86. nama saya Asmy berumur 38 tahun menederita gejala typus awalnya pola makan, tidur dan bekerja berlebihan apalagi yang namanya makanan yang pedas …awalnya badan panas disertai menggigil yang luar biasa…. panasnya gak turun..akhirny dokter mengatakan gejala typus….sekarang keadaanku sudah membaik tapi kenapa ko dilambung tidak mengenal waktu kok melilit gak enak…cuma sebentar padahal saya gak punya maag…..mohon pendapatnya…dan obat apa yang cocok trims

    ==================================================

    Ini bukan mencari obat apa yang cocok, lebih tepatnya agar tidak terjadi gejala sakit maag sebaiknya Asmy mulai merubah pola hidup dan pola makan jadi lebih sehat dan teratur.

    Sakit tidak harus selalu dobati dengan obat tetapi menurut saya kalo pola hidupmu sudah sehat pasti tidak akan sakit maag. Mohon kurangi makan pedasnya. Badanmu mengatakan kalo kamu butuh istirahat. Untuk itu mulai sekarang istirahatlah yang cukup.

    Makan dalam porsi kecil tetapi sering, cukup istirahat, mendengarkan musik dan tertawalah. Hidup ini akan lebih sehat. Terimakasih

  87. Selamat siang mbak, nama saya Gunawan, saya punya sakit maag, tapi maag saya ini kelebihan asam lambung, sehingga perut terasa sesak / penuh, sakit didada, kepala pusing, dan susah bernafas, tadi saya ke dokter spesialis penyakit dalam, dan diberikan obat :
    CEFSPAN 1OO, ACFULSIF 5, FREGO 5, MOTILIUM 1 mg, apakah obat ini benar untuk mengobati sakit maag karena kelebihan asam lambung ?
    mohon jawabannya, terima kasih.

    =============================================

    Saya jelaskan obat apa yang diminum :
    1. Cefspan 100mg. Isinya Antibiotik Cefixime untuk mengobati infeksi yang terjadi.
    2. Acfulsif 5. Isinya Cisapride untuk mengobati GI motility disorders especially gastroparesis & reflux esophagitis.
    3. Frego. Isinya Flunarizine untuk mengobati Migraine prophylaxis; treatment of cerebral & peripheral vestibular disturbances.
    4. Motilium. Isinya Domperidone untuk mengobati Dyspeptic complaints combined w/ slow GI evacuation or an esophageal reflux as in epigastric abdominal heaviness or flatulence after meals.

    Secara umum obat yang diberikan oleh dokter sudah benar. Antibiotiknya untuk mengobati infeksi yang terjadi. Cisapridenya untuk mengurangi nyeri dan sakit di dada. Sementara Flunarizine untuk sakit kepala dan pusingnya. Untuk membuat nyaman dilambung memang bisa saja dberikan Domperidone mencegah reflux naik.

    Selama masa pemulihan ini, mohon menjaga pola makan. Stop makan pedas, asam, santan. Makanlah dalam porsis yang kecil tetapi sering. Teruslah tersenyum dan jangan banyak pikiran. Be Happy ya :D

    Istirahatnya harus lebih banyak dari yang sekarang. Minum obat teratur sesuai yang diberikan dokter, lihat aturan pakainya sebelum atau sesudah makannya. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  88. Sore mba, mau tanya.
    1. Saya semenjak Desember 2012 didiagnosis menderita GERD (sudah endoskopi), oleh dokter dikasih Laz 30 MG (3×1) dan Mucosta (1×3),
    2. Dua minggu kemudian (bulan Januari 2013) saya ke dokter yang lain karena pada saat itu saya mual dan muntah sekaligus demam, sehingga dokter tersebut memberikan saya pariet 20 MG (2×1) dan Motilium 10 MG (3×1). Obat ini cocok sehingga apabila pariet habis, saya beli sendiri untuk dikonsumsi sesuai dosis (2×1).
    3. Bulan April 2013 saya mencoba ke dokter lambung yang lain dan oleh dokter tersebut pariet disuruh berhenti dan diganti dengan Lansoprazole 30 MG (1×1), Ranitidine (2×1) dan Inpepsa. Sampai dengan saat ini saya masih rutin minum lansoprazole 30 MG (1×1) dan Ranitidine 150 MG (2×1). Namun
    4. Dua minggu belakangan ini saya minum Lansoprazole 30 MG (3×1) dan Ranitidine 150 MG (3×1).

    Pertanyaan saya, untuk GERD mana yang lebih cocok, poin 1, poin 2, poin 3 atau poin 4 ?kemudian, apakah pariet + ranitidine bisa juga untuk GERD ? Ditunggu jawabannya ya mba, Terima Kasih.

    =============================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Satu hal yang harus digarisbawahi disini adalah : Alfink bukan seorang dokter. Inat ya, Alfink bukan dokter jadi tidak boleh sembarangan menambah, mengganti, merubah, melakukan modifikasi dalam pengobatan. Semua itu haru atas resep dan pengawasan dari dokter.

    Minum obat untuk dokonsumsi sendiri tanpa ada pengawasan jga bukan hal yang benar. Obat diminum bukan untuk jaga-jaga biar tidak sakit. Obat adalah untuk mnyembhuhkan penyakit sehigga kalo sudah sembuh tidak perlu minum obat dalam jangaka waktu yang lama. Semua itu ada aturan mainnya.

    Saran saya sebaiknya Alfink periksa ke dokter yang sudah terbukti berhasil. Jangan pindah-pindah dokter terus. Dokter itu dimana-mana sama. Yang terpenting adalah pola makanmu harus diperaiki agar tidak ada serangan refluk (naiknya asam lambung) yang membuat perih.

    Satu lagi, jenis obat proton pump inhibitor itu banyak sekali nama mereknya ataupun golongannya. Seperti Omeprazole, Esomeprazole, Lansoprazole, Pantoprazole bahkan sampai Rabeprazole. Pariet mengandung bahan aktif Rabeprazole. PErtanyaannya, kalo Lansoprazole sudah bisa menyembuhkan kenapa haru sdikasih Rabeprazole?

    Minumlah obat sesuai aturan pakai bukan sesuai keinginan hati. Terimakasih

    • Terima kasih reply dan masukan-nya mba. Betul mba, namun masalahnya GERD-nya ini masih selalu kambuh, sehingga saya masih konsumsi terus.

      Btw, semenjak minum lansoprazole, heartburn lebih sering muncul dibandingkan dulu saya konsumsi pariet (rabeprazole), saya berencana untuk kembali minum pariet, yang ingin saya tanyakan adalah apakah saya boleh minum pariet + ranitidine atau hanya pariet saja ? Atau sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ?

      ================================================

      Konsultasikan ke dokter dan perbaiki pola makan dan pola hidupmu menjadi lebih sehat
      Terimakasih

  89. saya sudah lama mengidap maag…dalam setahun terakhir intens berobat ke internist sampai terakhir ke spesialis saluran cerna dan direkomendasikan utk endoskopi. tapi blm saya lakukan. saya hampir tdk pernah merasakan mual,mulas,perih dan sejenisnya. tapi rasanya ada yg mendesak dar bawah ke dada sehingga kadang menyebabkan berdebar2…sdh 3x EKG hasilnya normal. Semua jenis obat spt anda uraikan sdh diresepkan, tapi hasilnya kurang maksimal. terakhir ini saya mencoba tenang dan mengkonsumsi nutrisi her####fe…satu dua bulan ini agak mendingan hanya hari ini serangan di uluhati sakit sekali. saya minum mylanta saja…trnyt mendingan. yg jelas sampe skrg kalo perut kiri bawah ditekan terasa sakit, sampai garis menuju ulu hati. kalo tdk ditekan gak apa2.masih tersa deg2an dan kalo dibawa makan ilang. jadi sy sdh jarang merasakan sakit perut karena lapar. kalo deg2an ya saya makan. bagaimana ya bu….?

  90. saya sering kembung,,terus kepala agak pusing…saya kasih atmacid dan famotiden..apa itu udah cukup?..selain itu pula perut saya sering terasa penuh…?

  91. Mba,,aku mau tanya,,
    aku menderita maag kronis, kalau kambuh pasti ulu hati serasa nonjok dan sakit yg luar biasa sampai tembus ke tulang belakang. terus kalo makan+minum terasa sakit di tenggorokan-dada sampe lambung, kadang sampe ga bisa masuk minum sama sekali,, sudah ke dokter tapi di kasih resep’na amoxilin, vitazym, omeprazole + lexacrol. sembuh siih,tapi cuma sesaat. bbrapa jam kambuh lagi, aku harus minum obat apa ya supaya gak kambuh lagi,,
    mohon bantuannya.. trimakasiih :D

  92. Sya mau Tanya boleh kan ???

    Saya dah 6. Bulan ini mengalami sakit saluran cerna bagian atas (GERD) uluhati saya selalu gx nyaman !serasa tersumbat gtu,,Dan sering sendawa2 trus.apalagi ketika sendawa makanan sering berbAlik ke kerongkongan,,Dan sekarang ini leher sAya seperti ada yg Ngeganjal gtu…tp nelan makanan sih gx apa2,,,

    Apakah obat yg cocok buAt saya???
    Mohon penjelasan’a bagi yang tau obat’A yaaa
    -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶.

  93. Sakit perut sejak 2006,selalu diberi Pantozol,metronidazol,sucralfat & obat2an Mag lainnya,juga pernah USG & Endoskopi (Di Jogja RS Murangan biayanya Murah),hasilnya simpang siur(tidak ada apa2),tapi jika berobat selalu obat2 seperti itu yg diberi,sakit bertambah dengan diberi olehNya sakit cemas (jika kambuh berlipat2 sakitnya),Rutin 3 bulan berobat ke SMG diberi Lanzoprazole,enziplex,vitamin (saya lupa namanya),juga Alganax (utk cemasnya) Alhamdulillah diberiNya sembuh,tetapi sekarang diberi sakit lagi sudah berjalan hampir 2 tahun,Jika berobat sekarang (Jogja) diberi Lanzoprazole,Ranitidin (kadang disuntik),enziplex,Gitas,(berbagai pengurang nyeri lainnya),Alprazolam utk kecemasan akutnya,tapi masih setiap saat sakit perut (panas,perih,kembung) menyeluruh.terakhir diberi Librax,sucralfat,Alprazolam,tapi masih sakit,hanya jika minum Librax agak diberi ringan sakitnya Bi idznillah.kira2 saya sakit Mag atau apa ya,saya takutnya radang usus akut atau yg lebih parah lagi (Dokternya saja terus terusan memberi obat sakit Mag)

  94. Salam..
    Help me, please…
    Saya sedang mengalami sakit d bagian tengah perut yg atas, rasanya perih banget dan panas. Apakah itu maag? Krn saya br merasakannya pertama kali ini. Udah semingguan. Berawal dr setiap kali selesai makan, bagian itu (yg saya sebut d atas) langsung perih sekali, trus produksi air luar jd banyak, dan rasa mual luar biasa, lalu selang 10-15menit langsung makanan keluar semua. Sudah coba ke dokter, dan d beri obat becantex, nafros, dan digezym. Tp belon sembuh juga. Dan sekarang perih dan rasa mual terasa sepanjang hari. Saya ga berani minum obat sembarangan, krn saya sedang menyusui. Sebenernya saya ini sakit apa? Dan apa obat yg cocok untuk saya?
    Terimakasih.

  95. nama saya mina umur saya 23 th, saya lagi hamil 7/8 minggu, saya mengalami kembung. perih perut bagian kiri dan terasa terbakar, saya sudah pergi k dokter kandungan udah di kasih obat y lansoprozole1x1, buscopan 3×1, & polysilane 3×1, tapi perut masih terasa kembung, 4 bulan yang lalu juga saya mengalami hal yang sama seperti ini tapi dulu saya pergi ke dokter umum di kasih y vitazym, terus perut ga kembung jd sembuh, gimana y mbk apoteker, apakah saya boleh minum vitazym setelah minum lanzoprozole, soalnya takut kalau minum obat sembarangan, makasih y mbk, tolong di blz,,,,,

    ================================================

    Vitazym adalah obat bebas terbatas. Jadi boleh diminum atas saran dokter juga.
    Memang sih relatif aman namun Sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan. Telpon saja dokternya untuk cek langsung. Terimakasih

  96. untuk pemberian proton pump inhibitor, kapan harus diberikan lansoprazol, kapan harus diberikan omeprazole ataupun pantoprazole. karena kadang beda2 obat yang diberikan dokter untuk gejala yang sama. mohon informasinya?

    ===================================================

    Tentu saja pengobatnya berbeda, bahkan untuk gejala yang sama tetapi pasiennya berbeda obatnya juga bisa berbeda. Usia, riwayat penyakit, kondisi tubuh,kehamilan dll sangat mempengaruhi dalam tindakan dokter dalam memutuskan jenis obatnya. Saya menyerahkan keputusan tersebut ditangan dokter. Kita tidak bisa mendikte dokter saya maunya pake obat ini atau itu. Hal itu adalah wewenang dokter kapan dia akan memutuskan menmberikan obat tersebut.

    Lagipula tergantung dari penderitanya juga. Misalnya kalo sudah sakit sekali, bisa saja diberikan injeksi Pantoprazol dan bukan tablet Pantoprazole. Dan masih banyak lagi lainnya. Tidak bisa digeneralisasi sepihak. Terimakasih

  97. dok. sy punya mslh lambung dimana perut terasa kembung n asam lambung byk ngocok perut tp ga sakit atau nyeri. klo kumat jantung berdebar,keliyengan kyk mau pingsan,agak sesak,rasa cemas,mual pengen muntatp biasa cm muntah angin.lemes bgt. jari2 tangan n kaki dingin.pokoknya tersiksa bgt.uda bolak balik internis. pengobatan apa yg cocok bt sy ya?mohon dibalas ya.thx

  98. Saya uda 2bln perut kiri saya ga enak,, kata dokter asam lambung saya tinggi.. Tp perut saya ga perih, cm terasa begah/penuh..kdg klo lg kambuh rasanya seperti sesak napas.. Obat yg sy konsumsi omeprazol 20mg, strocain tablet dan librax..
    Cm yg anehnya adalah, knp yaa dr di diagnosa gas lambung tinggi, dr kerongkongan/tenggorokan itu berasa ada hawa dingin,, apa emank bnr itu gr2 gas lambung?? Dan obat yg ak konsumsi diatas sudah bnr?

  99. hay …ak kn punya skit maag,,dan tiap kmbuh pasti mual mual .. tp skrng tiap mual aku ksh obt promaag gk mempan..masih tetep mual,,muntah muntah.. ..trus gmn ya biar smbuh dr mual mual ini??mksh :)

  100. mba..saya mau tanya ni..
    saya sering sendawa, dan napas agak sesak,tidak sampai sulit bernapas sih..saya sudah minum obat omeprazole dan inpepsa, tapi sendawa gak juga hilang.lalu sama dokter saya dikasih lagi obat digezym,tapi tetap sendawa..
    bagaimana yah menghilangkan sendawanya?
    saya tidak suka pedas,asam,kopi,teh dan soda..tapi saya suka gorengan..apakah gorengan berlebih juga dapat menyebabkan asam lambung naik?
    terima kasih…

    ==============================================

    Makanan yang merangsang kerja asam lambung : makanan yang asam, pedas, berminyak, bersantan. Kalo gorengan mengandung banyak minyak kan? sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan ya. satu gorengan sehari cukup.
    Untuk sendawa biar hilang ya mengkonsumsi makanan yang tidak menimbulkan gas berlebih seperti makan dalam porsi kecil, mengunyah saat makan dengan benar (jangan cepat-cepat makannya).

    Untuk itu kurangi konsumsi :
    1. Makanan mengandung gula fruktosa seperti kubis, kol, brokoli
    2. Buah Mengandung gula sorbitol seperti Apel, pear
    3. mengandung tepung seperti roti, sereal
    4. Mengandung susu seperti keju, yogurt
    5. kacang-kacangan
    6. Minuman bersoda dan soft drink.

    • ada tambahan mba,
      saya mau tanya sebenarnya sendawa dan napas agak sesak itu maaq atau kekurangan enzim yah?karena saya tidak merasakan sakit ulu hati, mual atau muntah..mohon sarannya..terima kasih

      ===========================================

      Sendawa terjadi karena banyaknya gas-gas berlebih dilambung.
      Sementara untuk sesak nafas bisa terjadi karena beberapa hal seperti asma, reaksi alergi, asam lambung yang naik, gejala jantung.

      Produksi enzim pencernaan didapat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, mengunyah yang benar, tidak makan terlalu cepat, makan dalam porsi kecil, kurangi makanan yang menghasilkan gas berlebih seperti kubis, kol, dll. Jadi belum tentu karena kurang enzim. Terimakasih

  101. Hallo Mbak mohon bantuannya ya,

    Saya saat ini sedang hamil usia 8 minggu, Maag saya kambuh lagi nie sejak hamil katanya sih itu biasa buat yang hamil muda dan punya penyakit maag akan kambuh disaat trisemester pertama. Sakitnya sangat mengganggu, bagian ulu hati saya sering sakit dan hampir seharian saya rasakan, lalu mulut saya pahit dan memproduksi ludah cukup banyak. Saya sudah minum mylanta namun tidak mempan lalu saya minum ranitidine, kemudian masih sakit juga Ulu hati saya. Akhirnya saya minum inpepsa, dan berhasil rasa sakit di ulu hati hilang dan saya bisa makan dengan nyaman. Namun kata dokter tidak baik utk dikonsumsi terlalu lama akhirnya saya hentikan dan rasa sakit itu kembali hadir. Lalu atas saran teman saat ini saya minum polycrol forte katanya aman untuk Ibu Hamil. Namun saya belum merasakan pengaruhnya, sakit di ulu hati tidak hilang-hilang dan mulut saya terasa sepet dan pahit juga produksi ludah saya yg berlebih gak hilang-hilang. Saya hampir mendekati stres nie, karena sakitnya tidak usai-usai dan saya bingung memilih obat yang tepat karena saya sedang hamil muda takut membahayakan janin. Yang saya ingin tanyakan, obat maag apa saja yang perlu saya minum agar sakit di ulu hati ini tidak terasa lagi, sebenernya minum inpepsa hilang, tapi klo berhenti minum, sakitnya kambuh lagi. Mohon bantuannya ya mbak….terima kasih sebelumnya.

  102. malam bu dokter

    saya kena penyakit gatal-gatal setiap saya minum obat dari dokter dada terasa panas,sendawa, cegukan kadang sampai muntah untuk nelan makanan dada terasa sakit sekali, apa ini karena lambung saya tdk kuat? untuk mengatasinya saya harus bagaimana? terima kasih

    • tambahan

      saat berobat ke dokter disarankan minum obat sesaat sebelum makan dokter bilang efek smping obat gatal katanya ke lambung, sudah saya lakukan sesuai petunjuk dokter tetapi masih saja panas, cegukan seperti kemaren-kemaren

  103. permisi mba..
    sy mau tanya kl sy suka sakit di lambung jika kena kipas angin (sperti masuk angin) tapi efeknya lgsng ke lambung…dan itu jika udh sakit bgt pasti muntah2 sampe ada cairan kuning..
    apa itu parah atau gimana??

  104. saya mau tanya… penggunaan obat ranitidine bersamaan dengan antacid aman ga sih??

    ===================================

    Aman, mohon resepnya dari dokter bukan dari referensi teman.
    Diminum sesuai aturan pakai. Terimakasih.

  105. gini, ibu saya pny maag parah. tra dikasih tidifar sma dokter bebarengan dg licobion, voltadex dan lapibal. tiap abis minum itu kt nya ada rasa kecut2nya. setelahnya maag bkn nya sembuh malah kumat tambah parah. itu sebabnya krn obatnya? kalau iya obat yg mana? terimakasih. tlg di jwb yaa.

  106. Malam bu. Saya kena maag 2 bulan terakhir ini sampai 3x dibawa ke ugd. Terakhir saya diberi obat omeprazole 20 mg 2x sehari. Propepsa 3x sehari, enziplex. 3x sehari. Yang saya rasakan setelah 2hari mkn obat rersebut malah bertambah parah, perut kram dan mulut terasa asam sekali. Ulu hati sakit. Mohon dijawab ya bu. Sebagai informasi saya juga mencova obat tradisiinal kunyit, remulawak, gabir yg ada bikannya tambah enak malah tambah sakit. Saya sudah di usg hasilnya lambung terlihat bengkak dan banyak gas begitu juga empedu bengkak tapi tidak ada batu empedu

  107. Salam,
    Numpang tanya, perut saya itu sering kembuung, sampai2 kalo saya duduk, maka harus melonggarkan ikat pinggang. Disamping perut sering kembung, saya juga sering buang gas.
    Saya sudah dikasih dokter obat Vitazym, lalu Norit, namun efek penyembuhannya hanya sementara.
    Terakhir saya mencoba obat tablet kunyah yang merk nya “Disflatyl”, Dimetilpolisiloksan 40 mg. Apa sebenarnya fungsi obat tsb yaa ?

    Dan bagaimana saya bisa menghilangkan kembung di perut saya ini secara permanen.?

    Terima kasih

    ET

  108. Mau tny.. Sy udh lama kna maag dan kyknya smakin parah.. Klô kumat perut melilit dr ulu hati smpé ke perut sblah kiri dan sllu disertai diare krn g tahan skit bnget sy sllu minta disuntik.. Slama ini sy sllu dibri obat ômeprazôle cefixme inamid sm scopamin plus.. Maag sllu sja kambuh.. Pdhal sy sdh tdk makan pedas asam atw kopi dan minuman bersôda.. Kira2 obat yg côcok untuk sy apa agar pnykit sy bs sembuh tôtal.. Krn sngat menyiksa sekali.. Trima ksih..

  109. Kalo yang esophagus ulcer, obatnya apa ya? Aku kalo asam lambung lagi kambuh, sampe berasa ada yang ganjel gitu di bagian leher

  110. Mohon bertanya. Maag sy sdh 2 bln terakh ini sakit gk sembuh2. Sy sdh prh ke dok, diksh nexium, inpepsa dan voltron, hy sembuh sesaat. Gk lama kambuh lagi, dan tiap datang serangan maagnya rasanya mau pingsan . Kmd sy ke dok lg, diksh propepsa, tilidon, omz dan antibiotik. Skg semua obat sdh habis tp maag sy msh sk kambuh. Skg maag saya kembali kambuh, sy diksh obt sm mama sy, dexanta dan ranitidin, apakah boleh dimnm bersamaan? Tx.

    • kalo saya dulu dikasi pantozol, obatnya habis magnya kambuh lagi, truz dikasih lagi omz (omeprazole), obatnya habis..mag kambuh juga. Terakhir saya coba yang orang bilang … air jeruk nipis yang matang.. nyeri lambung langsung hilang, dan sekarang saya sdh bisa minum kopi, makan yg pedas, pokoknya tdk ada pantangan selain telat makan. saya juga pernah baca artikel dari “tukangobatbersahaja” tentang jeruk nipis-maag

  111. Pingback: Obat Sakit Kepala Generik | Obat Herbal Untuk?

  112. Alhamdulillah ini tempat yg tepat untuk saya bertanya..
    Mbak, saya umur 24 tahun.. 1bulan yg lalu saya kena maag tepatnya dini hari.. Lalu saya ke dokter dgn keluhan kepala pusing bgt ,rasanya melayang2 juga, berkeringat dingin, lemes, leher terasa berat jg dan panas lalu kepala jd sakit sesakit-sakitnya, mual juga tapi gak muntah..pusing kyak mau pingsan tp gak pingsan.. Jantung berdebar2 , Rasa kembung iya.. Stelah diperiksa dokter bilang kena maag akut,trus dokter jg ada tekan tepatnya di ulu hati kerasa sakit..
    Obat yg diksh ini : obat sblm mkan itu racikan jd gak pake merk, trus plantasid (tp gak cocok mencret) diganti magard fa , redacid sm neurosanbe plus.. Dokter yg lain ksh Lancid, vometa sm unalium5.. Tp sakit maag saya blm sembuh2..
    Lalu obat apa yg cocok untuk sya konsumsi utk type maag saya mbak?? Termasuk type yg mana sya mb??
    Terima kasih sebelumnya mbak.. Mohon pencerahan dan bantuannya mbak. .

  113. Alhamdulillah ini tempat yg tepat untuk saya bertanya..
    Mbak, saya umur 24 tahun.. 1bulan yg lalu saya kena maag tepatnya dini hari.. Lalu saya ke dokter dgn keluhan kepala pusing bgt ,rasanya melayang2 juga, berkeringat dingin, lemes, leher terasa berat jg dan panas lalu kepala jd sakit sesakit-sakitnya, mual juga tapi gak muntah..pusing kyak mau pingsan tp gak pingsan.. Jantung berdebar2 , Rasa kembung iya.. Stelah diperiksa dokter bilang kena maag akut,trus dokter jg ada tekan tepatnya di ulu hati kerasa sakit..
    Obat yg diksh ini : obat sblm mkan itu racikan jd gak pake merk, trus plantasid (tp gak cocok mencret) diganti magard fa , redacid sm neurosanbe plus.. Dokter yg lain ksh Lancid(kand.lansoprazole), vometa sm unalium5.. Tp sakit maag saya blm sembuh2.. Sampe turun bb jg..
    Lalu obat apa yg cocok untuk sya konsumsi utk type maag saya mbak?? Termasuk type yg mana sya mb??
    Terima kasih sebelumnya mbak.. Mohon pencerahan dan bantuannya mbak. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s